PKM 2020

Universitas Pamulang Tangsel Adakan Kegiatan PKM di Tegal

Reportase.tv, Tegal – Bertempat di Desa Pedeslohor Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, berlangsung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang Tangerang Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pedeslohor, Jum’at (30/10/2020).

Kegiatan dibuka oleh Dr. Bambang Santoso, SH.,MH selaku koordinator rombongan dari Universitas Pamulang. Hadir dalam acara tersebut antara lain :
1. Dr. Bachtiar, S.H., M.H.
2. Dr. Yoyon M. Darusman, S.H., M.M.
3. Dr. Bambang Wiyono, S.H., M.H.
4. Dr. Susanto, S.H., M.M. M.H.
5. Dr. Belly Isnaeni, S.H., M.H
6. Dr. Bambang Santoso, S.E., S.H., M.H.’

7. Dr. Eka Martiana Wulansari, S.H., M.H.
8. Heru M. Kurniawan
9. Tutik Norhidayati, S.H., M.H.
10. Dian Andriani, S.H., M.H.
11.Basuki, S.H., M.M.
12.Suwadi, S.H.
13.Fifit Nofiati, S.H.
14.Mochamad Subroto, S.H.
15.Turnya, S.H.
16.H. Irwan Suhartono, S.Sos., M.M.
17.Nurul Fitrah Wahyuni, S.H.
18.Siti Aisah, S.H.
19.Rahmad P Siregar, S.H.
20.Anugerah Dachi, S.E., S.H., M.M.
21.Bun Joi Phiau, S.T.
22.Indra Wesley, S.H.
23.Sri Sugiarti, S.M., M.M.
24.Eli Nasoka, S.H., M.Kn
25.Crew Production House
26.Piqih (Mahasiswa FKIP UNPAM)

Dalam kesempatan itu, para peserta yang terdiri dari komponen Pemerintah Desa, BPD, Karang Taruna, dan PKK mendapatkan penyuluhan hukum dari para ahli dibidangnya. Ada 4 materi yang dipaparkan oleh narasumber diantaranya Menangkal Narkoba di Kalangan Generasi Muda, Bantuan Hukum Bagi Kaum Rentan, Menggunakan Media Sosial Ramah Hukum, serta Kiat Membentuk Peraturan Desa Yang Baik.

Menurut Dr. Bahtiar SH.,MH, kegiatan penyuluhan hukum tersebut dilakukan sebagai upaya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya ilmu hukum.

“Masyarakat cenderung ketakutan apabila bersentuhan dengan hukum, itu karena pemahaman mereka yang minim” ujar Dr. Bahtiar.

Sementara Dr. Bambang Santoso, SH.,MH dalam keterangannya menjelaskan bahwa kampus harus mempunyai sensitivitas terhadap desa serta menjadi bagian dalam rangka membangun SDM masyarakat desa, karena otonomi daerah yang sebenarnya adalah di desa.

“Peran kampus memberi stimulasi kepada desa dengan target menjadikan desa sebagai mitra, kedepan bagaimana narasi yang disampaian dapat menjadi bermanfaat bagi masyarakat” jelas Dr. Bambang.

Ditempat yang sama Kepala Desa Pedeslohor, Sunardi, SH menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kehadiran rombongan dari Universitas Pamulang. “Saya selaku kepala desa menyambut baik kehadiran para pakar-pakar dibidang hukum dan kami berterima kasih karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami” ungkap Sunardi.

Kegiatan diakhiri dengan penanda-tanganan perjanjian kerjasama bina desa antara Desa Pedeslohor dengan Program Studi Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Pamulang.*

Sumber : reportase.tv