KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PRESS RELEASE Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM Dosen) “Sharing Sukses Bisnis Di Tengah Pandemi”

Terhitung kurang lebih 1 bulan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dosen-dosen prodi S1 Akuntansi di UMKM scale-up di Tangerang Selatan, khususnya UMKM Aurins Sambal Balado yang menjadi objek pendampingan dalam PKM ini, Proses pengabdian masyarakat dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian program pendampingan. Kegiatan dimulai pada tanggal 30 Oktober 2020 dengan melakukan webinar dengen tema “Sharing Sukses Bisnis Di Tengah Pandemi” yang dilanjutkan dengan proses pendampingan usaha.

Hari pertama dilakukan pendampingan usaha pada tanggal 31 Oktober 2020, mengingat masih masa pendemi, maka pendampingan dilakukan secara daring dengan aplikasi zoom. Pada tahap ini dilakukan perkenalan lebih mendalam antara dosen-dosen yang melakukan PKM dengan mitra guna mendapatkan pemahaman bersama terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, terutama yang berhubungan dengan manajemen pemasaran pada masa pandemi. Selanjutnya pemateri yang disampaikan oleh Ibu Yenni Cahyani, S.E., M.M. , Syamsul Mu`Arif, S.E., M.M. dan Suciati Muanifah, S.E., M.M. memberikan paparannya terkait dengan Implementasi Prinsip 7P Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Omzet UKM pada Masa Pandemi Covid 19. Pembahasan berlangsung dalam suasana yang kondusif dimana para peserta antusias didalam menyimak apa yang disampaikan, lalu acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara pemateri dengan mitra, dari diskusi ini didapatkan hal pokok utama yang menjadi masalah yang dihadapi mitra terutama pada masa pandemi ini.

Guna mendapatkan pemecahan permasalahan yang dihadapi mitra pendampingan akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya dengan memberikan solusi atas permasalahan mitra, selama proses pendampingan berbagai media dimaksimalkan penggunaannya, salah satu media tersebut yaitu menggunakan aplikasi Whatsapp group untuk berkomunikasi secara berkelanjutan sampai pada solusi yang diberikan oleh dosen-dosen yang melakukan PKM dapat menyelesaikan masalah mitra.

Pendampingan berikutnya berlangsung pada tanggal 28 November 2020, dimana pada acara ini para dosen memberikan solusi atas permasalahan utama yang dihapai oleh mitra pada masa pendemi ini khususnya dibidang pemasaran dalam hal promisi secara daring. Salah satu solusi yang diberikan oleh para dosen PKM adalah dengan membantu mitra membuat vidio iklan singkat yang kreatif dan inovatif agar nantinya vidio ini dapat disebarkan oleh mitra diberbagai media yang dapat diakses oleh mitra, misalnya dalam status whatsapp, forum diskusi antar pengusaha UMKM scale-up, selain vidio diberikan juga foto-foto hasil jepretan kamera profesional yang disusun secara menarik yang menggambarkan kenikmatan sambal balado dan juga bahan-bahan pilihan yang digunakan dalam pembuatan produk UMKM Aurins Sambal Balado.

s1

Dengan selesainya permasalahan mitra dengan solusi yang diberikan oleh para dosen pelaksana PKM maka proses pendampingan usaha UMKM scale-up ini berakhir, dan kedepan harapannya akan terus terjalin kerjasama yang baik guna menumbuhkan simbiosis mutualisme antara pihak akademisi dengan para pelaku usaha.

Penulis: Yulianto, S.E., M.M.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id