PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang “Kiat Mempertahankan Eksitensi UMKM di masa Pandemi COVID-19”

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak pada penurunan ekonomi dan daya beli masyarakat saat ini, UMKM menjadi salah satu unit usaha yang terkena imbasnya. Kondisi yang tidak menentu pada saat ini membuat tingkat produksi menurun akibat rendahnya daya beli masyarakat sehingga secara langsung menyebabkan penurunan omzet. Physical Distancing, membuat aktivitas masyarakat di luar ruangan berkurang membuat UMKM sebaiknya segera beralih ke platform penjualan digital agar mampu bertahan dan membangkitkan usahanya, tetapi masalahnya tidak sedikit keterampilan pelaku UMKM secara umum masih rendah soal digital, tidak hanya persoalan migrasi penjualan dengan menggunakan digital saja tetapi juga dalam pencacatan keuangan yang belum dilakukan secara baik dan teratur.

Situasi yang seperti sekarang membuat para akademisi khususnya para dosen Prodi Sarjana Akuntansi, Universitas Pamulang peduli dengan situasi yang dihadapi oleh para UMKM melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan literasi digital untuk membantu para UMKM Go Digital serta melek dengan pencatatan keuangan sehingga dapat mengambil langkah strategis untuk pengembangan usaha nantinya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berlangsung dari tanggal 30 Oktober 2020 hingga kurang lebih 3 bulan kedepan baik secara tatap muka, video conference,chattingserta tatap muka apabila diperlukan. Dosen Prodi Sarjana Akuntansi; I Gede Adi Indrawan, Andri Sjahputra, Suharna, R. Ai Lutfi Hidayat dan Juitania memberikan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan SAK EMKM dan pemanfaat digital marketing pada marketplace. Kegiatan tersebut diimplementasikan secara langsung dengan pendampingan pembuatan akun pada aplikasi penjualan digital, mendampingi dalam mempersiapkan foto produk yang akan diunggah, cara pengoperasian platform digital, menginformasikan tips dan trick penjualan pada platform digital hingga siap go online dan menerima pesanan dari para pelanggan. Kami mendorong pelaku UMKM untuk dapat beradaptasi dengan cepat dalam budaya penjualan online. UMKM tidak hanya melek digital saja tetapi juga dibekali dengan pemahaman akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah yang disampaikan dengan bahasa sehari-hari agar mudah dipahami dan langsung dapat dipraktekkan oleh para pelaku UMKM.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan dapat bisa membantu membangkitkan para pelaku UMKM agar bisa secara langsung berpartisipasi dalam membangun perekonomian. Mari kita dukung si kecil yang berperan besar, dan merupakan penopang kelancaran dan stabilitas perekonomian nasional dengan selalu berpartisipasi aktif dalam meningkatkan pengetahuan para UMKM terkait kemudahan berusaha dan mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan scale up pemasarannya menuju pasar global.

Penulis: Juitania, S.Pd., M.Pd

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id