PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen “Pelatihan Manajemen Bagi Pengurus Posyandu Bunga Tanjung 1 di Wilayah RW 10 Permata Mansion, Kota Depok”

Depok, 29 Oktober 2020. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kembali dilaksanakan dosen dan mahasiswa program studi sarjana manajemen universitas pamulang pada 26 – 28 Oktober 2020. Salah satu kegiatan di masyarakat terkait dengan kegiatan kesehatan di masyarakat adalah kegiatan di Posyandu. Salah satunya adalah Posyandu Tanjung 1 yang merupakan sebuah pos pelayanan kesehatan terpadu bagi ibu dan anak di wilayah Kota Depok khususnya di lingkungan RW 10 Permata Mansion, Kota Depok. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Fungsi Posyandu adalah untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar guna mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Kegiatan ini ditujukan kepada pengurus Posyandu Bunga Tanjung RW 10 Permata Mansion ini dilakukan oleh Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Pamulang, dan materi yang diberikan adalah penyuluhan manajemen dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga pengurus memahami cara mengelola Posyandu secara optimal. Bapak I Nyoman Marayasa menuturkan “Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara Daring dikarenakan kita dalam kondisi pandemi, diharapkan semua tujuan kegiatan ini dapat tercapai”

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tentunya dapat memberikan solusi kepada mitra PKM. Dengan adanya sebuah edukasi terkait manajemen posyandu maka diharapkan pengelola posyandu dapat memiliki pemahaman terkait dengan pengelolaan posyandu yang baik sehingga kinerja pengelola akan semakin baik.Untuk menambah pengetahuan tentang pengelolaan posyandu, maka langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah: (1) Pelatihan posyandu secara kontinu dilakukan sehingga pengelola memahami cara mengelola posyandu dengan baik. (2) Perlu adanya kerjasama yang baik antara semua pengelola posyandu sehingga manajemen posyandu” Ibu Endang menambahkan.

Sumber : manajemen.unpam.ac.id