KEGIATAN SEMINAR

LPPM Universitas Pamulang Selenggarakan International Conference Research on Science & Technology (ICORST) and Social Science & Humanities (ICORSH) 2020, 27 – 28 Oktober 2020

Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar International Conference on Research in Science and Technology (ICoRST 2020) pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 dan International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020) pada hari Rabu, 28 Oktober 2020. Kegiatan seminar yang berlangsung pada hari Selasa s.d Rabu tanggal 27 s.d 28 Oktober 2020.

Conference Internasional ini mengahadirkan pembicara Utama Prof. Dr. Heri Hermansyah, M.Eng, selaku Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ristek BRIN serta pembicara dari internal Unpam Dr. RR. Dewi Anggraeni, M.H, selai itu menghadirkan tamu dari luar negeri di antaranya Prof. Dr. Nesimi Ertugrul dari School of Electrical and Electronic Engineering, University of Adelaide, Australia. Jae Cheon Jung, Direktur Program Technical Engineer di Kepco International Nuclear Graduate School, Korea Selatan, Prof. Dr Kirilova Galia Ildusovna dari Kazan Federal University, Rusia serta Dr Dr. Mohd Zahari Bin Ismail, Ajang ini pun menerima sekitar 308 artikel dari berbagai perguruan tinggi baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri sebagai respons antusiasme para peserta mengikuti ajang ini.

Dalam sambutannya Ibnu Sina, M.Sc selaku Chairman Conferensi mengucapkan terima kasih atas partisipasi para peserta seminar baik dari Dalam maupun Luar negeri diantaranya peserta dari Singapore, Malaysia, Vietnam, India, China, Phillipine dan Russia. Adapun luaran dari conferensi ini akan dimasukkan ke dalam prosiding internasional bereputasi yang mempunyai impak faktor tinggi.

Koordinator LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Uman Suherman dalam sambutanya mengapresiasi langkah Unpam ini sebagai satu cara untuk meningkatkan kinerja dosen serta kualitas belajar mahasiswa.

”Luaran yang paling baik bukan hanya dalam bentuk publikasi, melainkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita ampu. Mampu diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Prof. Uman pun meminta agar tiap program studi pun turut mengadakan ajang seminar seperti ini sehingga tidak hanya berperan sebagai penonton ketika acara serupa diselenggarakan oleh pihak universitas.

”Selanjutnya bisa diutamakan aktivitas yang memiliki level program studi (prodi). Ketika prodi yang mengadakan maka universitas akan terbawa. Sedangkan kalau universitas yang jalan, prodi hanya menonton. Kampus yang bagus terbentuk oleh prodi yang bagus. Kita harus menemukan sumber daya yang berkualitas. Saat ini lebih menekankan literasi humanis,” kata Prof. Uman.

Rektor Universitas Pamulang Dr. Dayat Hidayat turut berharap seminar dapat menghasilkan publikasi yang bagus serta bermanfaat.

Dr. Ali Maddinsyah selaku Ketua LPPM Unpam menegaskan bahwa dalam dua konferensi internasional ini memiliki tema masing-masing. ICORST mengusung tema “Enhancing Research and Innovations for Sustainable Development towards Society 5.0” sedangkan ICORSH mengusung tema ““Building Quality Human Resources through Research and Innovations towards Society 5.0”,”. Masing-masing konferensi internasional ini memiliki tujuan agar para akademisi, peneliti, dan praktisi dapat bersaing dalam menghadapi Society 5.0.

Selanjutnya Dr. Ali Maddinsyah menekankan bahwa seminar ICORSH ini menjadi forum ilmiah yang memfasilitasi para dosen atau peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya agar mendapat masukan dari berbagai pihak, sehingga hasil penelitiannya bisa lebih baik lagi. ”Ini juga sekaligus sebagai forum silaturahim antara peneliti maupun dosen dari berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Dengan terbangunnya silaturahim, harapan kami para dosen dapat berkalaborasi baik dalam bidang penelitian maupun publikasi jurnal,” katanya. (AM)

Dokumentasi: