KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PKM PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG DENGAN TEMA “PELATIHAN KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS GUNA MENINGKATKAN PENGHASILAN RUMAH TANGGA”

Masyarakat Indonesia akibat pandemi COVID-19 saat ini hampir seluruh kelas rumah tangga usaha terdampak pendapatannya jika dibandingkan dengan  rumah tangga pekerja yang memperoleh penghasilan bulanan, kelas pendapatan yang paling terdampak adalah masyarakat yang berpenghasilan dibawah dari Upah Minimum.

Model dan pendekatan bisnis kewirausahaan yang dipengaruhi oleh pandemi akan berdampak pada bagaimana kewirausahaan dianggap sebagai pilihan pekerjaan di masa depan. Pandemi justru telah meningkatan kreativitas sejumlah orang dalam berbisnis, pembisnis dan perusahaan orang-orang dan perusahaan telah menyusun ide-ide baru untuk menanggapi kebutuhan yang ada atau yang pemenuhan kebutuhan yang tidak cukup ditangani oleh pemerintah dan lembaga yang berkuasa.

WhatsApp Image 2020-10-23 at 10.42.20

Gambar 2: Praktek Kterampilan Membuat Masker

Berdasarkan fenomena tersebut dan guna menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang Pengabdian Kepada masyarakat, para dosen Universitas Pamulang dari prodi Manajemen yang di prakarsai oleh Tutri Indraswari, Ayu Puspa Lestiyadi, Kartika Sari Dewi, dan Shella Puspita Sari menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pelatihan Keterampilan dan Kreativitas guna meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga”.

Kegiatan pelatihan PKM yang dilakukan oleh para staff dari Kelurahan Ciputat, Tangerang Selatan yaitu menghias masker kain dengan brukat dan berbagai hiasan payet ini dilakukan agar masker tersebut lebih memiliki nilai jual yang tinggi serta lebih menarik minat konsumen ini berlangsung dengan cukup baik dan dilaksanakan tentunya dilakukan dengan protokol kesehatan yang cukup baik.

WhatsApp Image 2020-10-23 at 10.42.21Gambar 3: Suasana Saat PKM Berlangsung

Antusias dari para peserta dalam pelatihan, dan bagaimana para dosen saling bertukar pikiran dengan peserta menghasilkan cukup pengetahuan baru yang sekiranya dapat memberikan kegiatan kewirausahaan apa yang harus dilakukan kedepannya agar dapat menambah penghasilan lain di tengah kondisi saat ini.

Kegiatan pengabdian ini ditutup dengan ucapan terimakasih dan kesan yang baik dari para dosen dan para staff  kelurahan dengan pengharapan, bahwasannya kegiatan semacam ini dapat dilakukan kembali pada periode-periode berikutnya dan memberikan manfaat yang sangat baik bagi masyararakat dan juga lingkungan sekitar.

Oleh : Tutri Indraswari, S.E., M.M (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id