KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pelatihan E-Commerce melalui Sosial Media di Era Pandemi Covid-19 dan Motivasi SDM dalam Meningkatkan Perekonomian Warga di Masa Pandemi Covid-19

Tangerang Selatan (UNPAM) – Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang bersama mahasiswa bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Benda Baru melaksanakan  Pengabdian kepada masyarakat di Balai Warga 15 Benda Baru pada tanggal 25 Oktober 2020. Dalam kegiatan ini para dosen dan mahasiswa berupaya memberikan Pelatihan E-commerce melalui sosial media diera pandemi covid 19, guna membantu UMKM khususnya warga Rw 14 dan 15 Benda Baru Tangerang Selatan dalam mempromosikan produknya.

 

 

Kegiatan ini disambut hangat oleh warga RW 14 dan RW 15 serta didukung oleh LPM Benda Baru Pamulang Tangerang Selatan yaitu Bapak Sukendro Widiatmoko, S.AP. Acara ini berlangsung dari pagi hingga sore hari dan diketuai oleh Novia Susanti, S.E., M.M. selaku Dosen Universitas Pamulang dengan Narasumber Dr. Juhaeri, S.Kom., M.M. dan Syarifah Ida Farida, S.E., M.M. dengan moderator Endang Puji Astutik, S.E, M.A Ed dan dibantu oleh Aprilia Astuti, S.E., M.M dan mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang.

Awal kegiatan disambut oleh Ketua LPM Benda Baru dan Ketua RW 15 Benda Baru dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Quran dan doa oleh mahasiswa UNPAM. Target peserta sesuai dengan protokol kesehatan hanya sekitar 20 peserta, tetapi karena sangat antusias warga di sana yang datang lebih dari 30 peserta dan kami tetap mengikuti protokol kesehatan dan 3 M dan didukung ruangan yang terbuka sehingga sirkulasi udara aman dan menggunakan Masker.

Kami melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dikarenakan permintaan dari Ketua LPM Benda Baru untuk membantu warganya yang ada di Benda Baru yang mengalami kesulitan ekonomi di masa Pandemi Covid-19. Banyak warga yang di PHK, UMKM nya semakin menurun dikarenakan masih menggunakan cara konvensional. Sehingga menjadi keresahan dan kesulitan dalam mencukup kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan LPM Benda Baru melalui Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Pamulang Program Studi Manajemen dengan Nomer 041033/IA/2020/1063, tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Melalui PKS tersebut kami melakukan Foru Group Discussion untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada warga RW 14 dan 15 Benda Baru. Setelah itu diputuskan untuk memberikan Pelatihan E-Commerce melalui Sosial Media di Era Pandemi Covid-19 dan Motivasi SDM dalam Meningkatkan Perekonomian Warga di Masa Pandemi Covid-19.

Para peserta pelatihan diberikan surat undangan oleh Ketua LPM Benda Baru untuk menghadiri dari perwakilan warga yang sudah memiliki usaha tetapi masih konvensional dan yang ingin bertambah ilmunya serta meningkatkan ekonomi keluarga di masa Pandemi Covid-19. Pelatihan pertama dengan narasumber Dr. Juhaeri, S.Kom., MM tentang Pelatihan E-Commerce melalui Sosial Media di Era Pandemi Covid-19. Pelatihan yang diberikan cara membuat promosi melalui digital marketing diantaranya Instagram, dan membuat profil yang menarik, menampilkan foto yang menarik dan waktu yang terbaik untuk meng upload foto promosi.

 

Warga langsung mengaplikasikannya melalui Handphone masing-masing dan diberikan bimbingan oleh para mahasiswa yang membantu pelaksanaan PKM ini. Setelah memahami pelatihan pertama, selanjutnya para peserta mengikuti Pelatihan dan Penyuluhan dengan judul Motivasi SDM dalam Meningkatkan Perekonomian Warga di Masa Pandemi Covid-19 dengan Narasumber Syarifah Ida Farida, S.E., M.M.

 

 

Materi kedua ini sangat diminati oleh para warga yang membutuhkan bimbingan rohani mengenai bagaimana cara bersyukur dan meningkatkan perkonomian dengan cara mengetahui bahwa dalam melakukan bisnis yang paling utama adalah Relationship bukan Profit sehingga bisa terus mengalir rejekinya dengan cara yang halal dan thoyib. Selain itu, Syarifah Ida Farida, S.E., M.M. selaku Ketua Koperasi PKM dengan anggota terdiri dari Dosen Tetap Universitas Pamulang memberikan pengarahan kepada Ketua LPM dan warga Benda Baru untuk mendirikan Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Riba sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan Warga dan Permodalan dalam membuka usaha dengan saling membantu dan menabung melalui Koperasi Warga.

Setelah acara selesai, ketua LPM Benda Baru dan Warga ingin terus diadakan acara seperti ini dan dibimbing untuk pembukaan Koperasi Warga sehingga bisa meningkatkan relationship dan ekonomi warga tanpa riba. Insya Allah kami akan lanjutkan acaa PKM ini dengan memberikan yang terbaik untuk seluruh warga Indonesia khususnya di daerah Pamulang Tangerang Selatan.