KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 Unpam dengan Tema “SIMPOSIUM TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN TINGKAT TINGGI UNTUK MENINGKATKAN KAPABILITAS DIRI DALAM DUNIA USAHA PADA SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-MANAR CIBEUTEUNG UDIK, KECAMATAN CISEENG, KABUPATEN BOGOR”

Salah satu tugas mulia dosen yang tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti :  Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat.

WhatsApp Image 2020-11-13 at 10.05.45

Gambar 2: Penyampaian Materi Oleh Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M.

Tepat pada tanggal 12-14 Oktober 2020 Tim PKM dan mahasiswa Prodi Manajemen melakukan PKM di Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor dengan mengusung tema PKM “Simposium Tentang Pentingnya Pendidikan Tingkat Tinggi Untuk Meningkatkan Kapabilitas Diri Dalam Dunia Usaha Pada Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor”. Acara PKM ini diketuai Oleh Bapak Suryadi Marthadinata, S.Kom., M.M., Bapak Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (sebagai narasumber I), Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M. (sebagai Narasumber II), Nurmin Arianto, S.E., M.M. (sebagai Narasumber III), dan Bapak Nahoras Bona Simarmata, S.S., M.Hum. (sebagai Moderator), dan juga dihadiri oleh mahasiswa Nurhadi dan Muhammad Ridwan Kahfi.

WhatsApp Image 2020-11-13 at 10.05.45 (1)

Gambar 3: Suasana Saat PKM Berlangsung

Diharapkan kepada Pondok Pesantren Al-Manar untuk terus menciptakan generasi penerus bangsa yang dapat membangun pondasi Indonesia untuk menjadi negara maju. Karena apabila gagal, maka Indonesia akan terperangkap dalam posisi middle income atau sering disebut middle income trap. Maka dari itu  Peranan pendidikan tinggi yang berkualitas dan mampu mencetak manusia yang terdidik dan terpelajar, memiliki intelegensia dan keterampilan yang mampu menciptakan kemajuan di segala bidang dengan profesional dan integritas adalah ada ditangan guru Pondok Pesantren Al-Manar, sehingga alumni Al-Manar mampu bersaing. Artinya jika saat sekolah siswa belum mampu menjelaskan mau ngapai setelah lulus, maka alternative terbaik adalah melanjutkan pendidikan tinggi sepert D3 dan S1. Karena bisa saja selama kuliah dan menjadi mahasiswa nanti sedikit memahami tentang siapa diri yang sebenarnya. Dengan adanya berbagai ilmu dan pemahaman yang didapatkan dari dosen dan rekan mahasiswa nya, sehingga akan muncul ide bahwa akan memulai menata diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak membebani orang tua.

WhatsApp Image 2020-11-13 at 10.04.26 (1)

Gambar 4: Praktek Kewirausahaan

Setelah lulus kuliah nanti minimal sudah memahami mau ngapain? Apa yang harus dilakukan? Dan akan menjadi apa? Tentunya itu sudah menjadi pilihan yang mudah. Salah satunya adalah menjadi wirausaha. Untuk menjadi wirausaha yang berhasil seseorang harus memiliki bekal pengatahuan kewirausahaan dan bekal keterampilan kewirausahaan. Bekal pengetahuan yang terpenting adalah bekal pengetahuan bidang usaha yang dimasuki dan lingkungan usaha, pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab, pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri, pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis. Sedangkan bekal keterampilan yang perlu dimiliki meliputi keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan risiko, keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah, keterampilan dalam memimpin dan mengelola, keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi, serta keterampilan teknis bidang usaha ( Soedarsono Wijandi (1988:29).

WhatsApp Image 2020-11-13 at 10.04.26

Gambar 5: Penyerahan Plakat Dari Tim PKM ke Pengurus Pondok Pesantren Al-Manar

Akhirnya PKM disambut baik oleh pihak Pondok Pesantren Al-Manar, mereka berharap kegiatan ini akan terus dijalankan, mengingat ini akan menjadi suasana baru bagi siswa Al-Manar dan juga bisa terus mendapatkan ilmu baru selain dari Guru nya.

Penulis : Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id