KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PENGEMBANGAN SDM RUMAH SAKIT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA RS. MEDIKA BSD

Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam sekejap. Tidak pernah ada dalam sejarah manusia modern suatu pandemi berlangsung dan menjalar secara cepat seperti Covid-19. Karena itu, setiap peristiwa, respons, dan reaksi seringkali juga bersifat unprecedented . Baik itu pada level individual, komunitas yang paling kecil, sampai dengan negara bangsa. Organisasi dan korporasi juga dipaksa untuk dapat beradaptasi dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi. Pandemi telah memaksa kita semua untuk bersiasat secara cepat, tetapi sekaligus akurat. Pemerintah telah menunjukkan kecepatan bersikap yang ditandai dengan realokasi anggaran APBN untuk difokuskan pada penanganan dampak yang ditimbulkan dari pandemi, baik secara sosial maupun ekonomi. Anggaran sebesar kurang lebih Rp405 triliun digeser untuk keperluan tersebut. Perubahan cara dan pola kerja yang berfokus pada physical distancing telah memaksa sebagian besar aktivitas di ruang publik dan perkantoran menjadi berkurang signifikan. Kegiatan bisnis dan pemerintahan bergeser dari yang bersifat centric di kantong-kantong bisnis dan pemerintahan menjadi menyebar di rumah-rumah warga.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan oleh pemerintah dan dijalankan sejumlah pemerintah daerah di kota-kota besar dan menengah di Indonesia membuat aktivitas bisnis ikut berubah. Pertanyaannya, apakah pola kerja yang berubah tersebut telah menurunkan secara signifikan tingkat produktivitas para karyawan di setiap korporasi dan organisasi pemerintahan? Bagaimana pula pola kerja karyawan yang selama pandemi berubah dari yang sifatnya time based menjadi output based karena mereka harus bekerja jauh dari kantor?

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di RS. MEDIKA BSD, Tangerang Selatan yang kami laksanakan pada tanggal 07-09 Oktober 2020 ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan kepada karyawan RS Medika BSD mengenai strategi pengembangan SDM dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan Memotivasi karyawan RS Medika BSD agar menjadi SDM yang maju dan kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi serta role play dalam konteks mensosialisasikan strategi pengembangan SDM dan memotivasi karyawan RS Medika BSD agar menjadi SDM kreatif dalam menghadapi pandemi covid-19.

Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Dan pada akhirnya, ilmu tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh peserta sendiri dan lingkungan di sekitarnya, khususnya lingkungan RS Medika BSD Tangerang Selatan.