KEGIATAN SEMINAR

LPPM UNIVERSITAS PAMULANG SELENGGARAKAN SEMINAR SENANTIAS 2020: MEWUJUDKAN DAYA SAING DAN KEMANDIRIAN BANGSA MELALUI PENINGKATAN INOVASI, PENELITIAN, DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 6 – 7 OKTOBER 2020

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang Gelar Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SENANTIAS 2020) yang berskala Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. SENANTIAS 2020 ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Selasa, 6 Oktber  2020 s.d  hari Rabu, 7 oktober 2020. Pada hari pertama diselenggarakan Seminar Umum dengan menghadirkan 4 Narasumber diantaranya Keynote Speakers Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. Dirjen Penguatan Inovasi, Kemenristek/ BRIN,  Invited Speakers (1). Prof. Dr. Ir. Nandan Limakrisna, M.M., CQM adalah Guru Besar Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta,  Invited Speakers (2) Prof. Dr. Ratno Nuryadi, BPPT selaku Ketua Hipenindo Tangerang Selatan, sedangkan Invited Speakers (3) Syaiful Bakhri, Ph.D adalah Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang, acara seminar dimulai pukul 08.00  hingga pukul  12.30 WIB dan acara ini dipandu oleh MC Candidat Doktor Eka Margianti Sagimin, M.Pd dan Moderator Ariyawan Sunardi, S.Si, MSi. Kemudian pukul 13.00 WIB dilanjutkan sesi pararel bidang penelitian sebanyak 11 room yang diikuti oleh peneliti / dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di hari ke dua juga dilaksanakan sesi pararel bidang Pengabdian masyarakat sebanyak 11 room yang dimulai pukul  8.30 s.d 12.00 WIB

Dalam Sambutannya Dr. Ali Maddinsyah pertama mengatakan bahwa kegiatan seminar ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh LPPM dalam rangka memfasilitasi para peneli/maupun dosen untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian maupun pengabdiannya agar mendapat masukan dari berbagai pihak sehingga hasil penelitian dan pengabdian akan menjadi lebih baik. Senantias 2020 ini didukung oleh STIKES Widia Dharma dan STIKES Kharisma Persada sebagai Co-Host, dan dilaporkan bahwa Senantias 2020 ini diikuti 300 peserta pemakalah dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

 

Gambar Sambutan Ketua LPPM Unpam Dr. Ali Maddinsyah, SE, MM

 

Dr. H Dayat Hidayat selaku Rektor dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Narasumber dan para peserta Seminar & Call For Papers  Senantias 2020 dari seluruh Indonesia, berharap CFP dipolopori  oleh LPPM ini berjalan dengan lancar hingga akhir.. Dalam sambutannya juga menyampaikan, Kewajiban dosen adalah Tri Darma Perguruan Tinggi selain pengajaran adalah penelitian dan pengabdian masyarakat dituntut dengan luaran, media, buku, karya ilmiah publish jurnal.

 

Gambar Sambutan Rektor Universitas Pamulang Dr. Dayat Hidayat, M.M

 

Pemaparan materi hari pertama Keynote Speakers Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. Dirjen Penguatan Inovasi, Kemenristek/ BRIN, Program seminar dan CFP dengan tema Peningkatan Inovasi, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk tranformasi ekonomi Indonesia, dengan fungsi dan tujuan dari perguruan tinggi dan peran perguruan tinggi dengan pengembangan  melalui kerangka  pikiran pengembangan SDM Iptek dan Inovasi melalui tranformasi global melalui revolusi Industri 4.0 sebagai pemicu terjadinya tranformasi global. Sedangkan Sinergi Triple Helix dalam pengembangan  SDM, Riset dan Inovasi melalui pemerintah, perguruan tinggi dan lembaga Iptek ke Industri dan dunia usaha.

Gambar Keynote Speakers Dr. Ir. JumainAppe, M.Si

 

Invited Speakers Prof. Dr. Ir. Nandan Limakrisna, M.M., CQM Guru Besar Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta,  dalam paparannya tentang SNOW BALL Business Model Riset HSBC private Banking menyebutkan bahwa ekonomi dunia akan dikuasai oleh 3 negara pada tahun 2030 diantaranya berada di benua Asia, China dan India dalam paparannya dalam pelaksanaan, aturan main, dan implementasinya membuat sistem.

 

Gambar Invited Speakers Prof. Dr. Ir. Nandan Limakrisna, M.M., CQ

 

Invited Speakers Prof. Dr. Ratno Nuryadi,  selaku Ketua Hipenindo Tangerang Selatan, menyampaikan  dalam paparannya Program kerja Himpenindo Kota Tangerang Selatan, untuk meningkatkan penelitian  dapat melalui seminar peningkatan kompetensi bagi peneliti muda workshop membangun team work / networking. Prof menyampaikan, isu strategis dari kualitas sumber daya Manusia meskipun IPM (79,17) relatif lebih baik di bandingkan kab/kota lain di provinsi Banten, namun Angka Melek Huruf (AMH) indek kemampuan daya beli masyarakat/ Purchasing Power Parity (PPP) masih perlu ditingkatkan jika dibandingkan nasional agar daya saing meningkat. Dan Tata kelola perusahaan masih belum optimal dalam penyelengaraan pemerintahaan berikut adalah paprannya. Permasalahaan-permasalahaan pokok di Tangerang yang dapat diteliti secara sustainable. Himperindo Tangsel mengajak lembaga riset dan Universitas khususnya Dosen-dosen peneliti pemula dan dasar Unpam untuk membantu Pemkot Tangsel mengatasi masalah pembangunan Tangerang selatan, mengajak seluruh penelitian dan berbagai kalangan untuk bersama-sama berinovasi bagi Kota Tangsel.

Gambar Prof. Dr. Ratno Nuryadi

Invited speakers Syaiful Bakhri, Ph.D Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang, dalam pemaparan materi tentang pengalamanya dalam meneliti di Universitas Pamulang. Kegiatan seminar dilanjutkna sesi pararel kelas sesui bidang ilmu hingga hari kedua. (SGY-AM)