KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Penyuluhan Media Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Hikam Pada Masa Pandemi Covid-19

Saat ini belajar media sosial merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh setiap orang jika tidak ingin tergerus oleh perkembangan zaman. Dalam penggunaannya memudahkan seseorang untuk membagikan idenya, karya-karyanya, pikirannya, melalui komunitas yang terbangun secara online. Sosial media mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi, dengan bantuan internet dan perangkat seperti komputer ataupun smartphone untuk mengaksesnya. bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk para santri. Pasalnya, saat ini sudah banyak lulusan pesantren yang juga mengikuti arus perkembangan teknologi dengan mempelajari digital marketing. Rasanya kurang tepat, jika Anda berpikir bahwa lulusan pesantren hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dan mengaji saja. Karena di samping itu, lulusan santri juga harus bisa mengikuti arus perkembangan teknologi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Kegiatan inilah yang dilakukan oleh sebagian dosen universitas pamulang yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penyuluhan masyarakat dalam mengelola dan memikirkan tata kelola yang efektif tentang solusi mengembangkan potensi para santri untuk memanfaat sosial media sebagai upaya pencapaian tujuan untuk membangun perekonomian untuk rumah tahsin dan tahfid al – hikam. Program yang kami usulkan adalah ” Penyuluhan Media Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Hikam  Pada Masa Pandemi Covid-19.

Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan internet marketing sosial media yang dampak positifnya bagi para santri maupun tenaga pengajar para rumah tahfids dan tahsin al-hikam untuk mampu membuka wirausaha. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan sebuah usaha dan kemampuan untuk berdagang secara online untuk perbekalan di masa yang akan datang.

 

 

Acara dibuka oleh ibu Lina Nofiana S.E., M.M kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Yayasan pondok pesantren al-hikam bapak Abdul Majid, S.T., MSi. Dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh ibu Rizka Wahyuni Amelia, S.E., M.M acara semakin meriah meski pada masa pandemic covid -19 tetap melaksanakan protocol kesehatan yang di anjurkan pemerintah dengan memakai masker dan berjaga jarak, terdapat sesi tanya jawab oleh ibu Siska Yunanti S.E., M.M kemudian ditutup dengan ice breaking oleh ibu Mitri Nelsi, S.E.,M.M serta ditutup dengan doa oleh Mada Faisal Akbar,S.E.,M.M.

Dalam kegiatan ini, narasumber berfokus kepada para santri-santriwati dan tenaga pengajar pada rumah tahsin al hikam,  pondok kacang timur, tangerang selatan. .Dimana strategi ini dipilih karena era saat ini adalah era New Media, dimana media sosial adalah cara yang murah dan effectif dalam melakukan penyebaran informasi.

Ditulis Oleh : Lina Nofiana, S.E., M.M