OPINI OPINI 2020

Membumikan Produk dalam Negeri sebagai Upaya Menjaga Ekonomi Indonesia

Pandemi Covid-19 tengah melanda negara Indonesia tercinta dan bahkan dunia. Adanya pandemi ini telah membuat perekonomian masyarakat Indonesia menjadi terpuruk. Banyak perusahaan-perusahaan gulung tikar dan bahkan karyawan banyak yang menjadi korban PHK. Kondisi ini turut memperparah kondisi ekonomi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat dengan ekonomi kelas bawah. Mereka banyak mengalami kesulitan ekonomi sebagai dampak adanya pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhirnya. Adanya aturan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) turut menjadi pemicu sulitnya ekonomi bagi rakyat kecil di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung dan melanda Indonesia hingga saat ini merupakan salah satu faktor yang membatasi berbagai kegiatan masyarakat Indonesia termasuk kegiatan ekonomi.  Aktivitas  masyarakat di luar rumah harus dibatasi sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ini telah membuat produktivitas kerja  masyarakat menurun. Kondisi inilah yang menyebabkan terganggunya berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia dan mengancam stabilitas ekonomi Indonesia, khususnya pada masyarakat dengan Ekonomi kelas bawah.

Kondisi ini berbalik dengan kenyataan bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara dengan wilayah yang sangat luas baik daratan maupun lautan. Indonesia memiliki berbagai bahan makanan. Adanya globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi memberikan warna kepada Indonesia. Warna tersebut dapat digoreskan oleh masyarakat sehingga mampu membawa Indonesia menuju masa depan yang cerah.

Sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia yang cerah dan stabilitas perekonomian membaik, maka dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Hal ini menjadi sesuatu yang wajib dan mendesak pada masa sekarang ini sebagai upaya mengatasi kemerosotan perekonomian dan untuk menjaga stabilitas perekonomian di indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait upaya yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mendukung majunya Indonesia di masa ekonomi sulit seperti saat pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung hingga saat ini.

Namun demikian, yang perlu mendapat sorotan penting yaitu adanya kesadaran masyarakat Indonesia yang terkadang luntur dikarenakan kepentingan sesaat dan manfaat yang terasa saat itu saja. Sebagai contoh nyata dapat penulis gambarkan sebagai berikut. Pada saat kita menemukan satu produk yang esensi manfaatnya sama yang berasal dari dalam negeri sendiri dan salah sattu produk dari negara asing, maka masyarakat akan mempertimbangkan produk tersebut dengan melihat harga. Mereka akan memilih harga yang lebih murah di kantong. Bahkan, banyak masyarakat yang lebih memilih produk negara lain dengan alasan harga lebih murah dan kualitas lebih baik. Memang sekilas mata terlihat bahwa jika dilihat sesaat itu menguntungkan bagi pribadi.

Namun demikian, beda ceritanya jika masyarakat lebih memilih produk dalam negeri kita sendiri sehingga bisa meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Sebagai contoh dari gambaran sebelumnya, jika dilihat lebih jauh misalnya dengan harga lebih murah Rp.1.000,-/kg dengan kuantitas 2 Kg, maka jika masyarakat memilih untuk menggunakan produk dalam negeri sendiri maka manfaat sesaat dengan pembelian produk luar negeri ini akan kalah dengan kemanfaatan yang akan didapatkan pada jangka panjang jika selisih tesebut diniatkan untuk menyumbang kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Selisih uang yang kita berikan dengan membeli produk dari negeri sendiri tersebut akan membantu menghidupkan dan menumbuhkan pelaku ekonomi lokal dan akan berimbas pada meningkatnya perekonomian Indonesia dan secara tidak langsung akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat termasuk diri sendiri. Selain itu, peningkatan berbagai sektor ekonomi tersebut akan dapat dirasakan manfaatnya kepada generasi selanjutnya.

Upaya edukasi kepada masyarakat terkait dengan upaya membumikan produk dalam negeri di tanah air tercinta Indonesia perlu disebarluaskan kepada masyarakat sehingga manfaat yang akan kita rasakan ke depannya untuk anak cucu penerus bangsa ini pada masa yang akan datang dapat terasa. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya membumikan produk tersebut:

1. Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan Masyarakat

Upaya ini sangat penting dalam rangka untuk menyukuri nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan karunia yang diberikan kepada kita, khususnya nikmat atas pemberian sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Kita patut bersyukur bahwa negara kita tercinta memiliki banyak sumber daya alam yang bisa diolah sehingga bisa memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Semua sumber daya alam tersebut dapat dijadikan sebagai keunggulan produk dalam negeri sehingga perekonomian bangsa stabil hingga anak cucu kita nanti.

2. Meningkatkan Kesadaran Cinta Tanah Air dan Bela Negara

Sebagai upaya membumikan produk tanah air, maka harus ada di dalam diri masyarakat Indonesia untuk selalu cinta pada tanah air dan upaya untuk membela negara pada kondisi apapun dan dimanapun. Dengan rasa cinta tanah air dan bela negara ini maka akan tertanam rasa memiliki Indonesia dan pada akhirnya akan mencintai produk dalam negeri.

3. Mengedukasi Masyarakat Pentingnya Menggunakan Produk Dalam Negeri

Edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan produk dalam negeri menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Masayarakat harus membiasakan diri untuk menggunakan produk dalam negeri sehingga bisa meningkatkan perekonomian negara Indonesia. Jadi harus banyak poster-poster edukasi atau iklan edukasi terkait pentingtnya penggunaan produk dalam Negeri sebagai upaya menjaga perekonomian bangsa kita.

4. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Produk Dalam Negeri

Dalam rangka menciptakan masyarakat yang mau menggunakan dan mencintai produk dalam Negeri, tentunya pemerintah harus mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produk tersebut sehingga tidak kalah dengan produk luar Negeri. Jika hal ini sudah mampu dilakukan oleh pemerintah Indonesia, maka secara otomatis masyarakat akan cenderung memilih menggunakan produk dalam Negeri.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa membumikan produk  dalam negeri sebagai upaya menjaga ekonomi Indonesia perlu dilakukan secara bersama-sama seluruh masyarakat Indonesia. Bersatunya masyarakat Indonesia dalam pengimplementasian membeli dan bangga terhadap produk lokal akan membawa dampak yang positif dan besar. Manfaat keberpihakan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri akan meningkatkan tumbuhnya ekonomi masyarakat yang mandiri dan kuat.

*) Penulis adalah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang 

Sumber: visione.co.id