KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Aspek Kesadaran Hukum Dalam Pengembangan Geowisata Ciletuh Pelabuhanratu Unesco Global Geopark

 

 

Pada hari Senin tanggal 24 Agustus 2020 bertempat di kecamatan Cisolok sukabumi telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) LPPM oleh dosen prodi S1 Fakultas Hukum Universitas Pamulang yang diketuai oleh Hendrik Fasco Siregar berangggotakan Siti Nurwullan, Dina Novita, Frieda Fania, dan 2 (dua) Mahasiswi Fakultas Hukum yakni Ayu dan Nur. Penyelenggarakan acara ini juga dibantu dan mendapat dukungan oleh Dwi Kusumowardhani beserta Turnya dan Tim selaku rekan media dari CNN Indonesia yang datang untuk meliput acara. Tema acara PKM ini adalah “Aspek Kesadaran Hukum dalam Pengembangan Geowisata Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark” di Kecamatan Cisolok Palabuhanratu. Namun selain membahas tentang aspek kesadaran hukum, Tim LPPM PKM Unpam juga melengkapi tema acara dengan pembahasan tentang ekonomi kreatif yang sadar hukum guna menambah wawasan bagi para peserta yang hadir.

Acara ini diselenggarakan di balai pertemuan kecamatan Cisolok, dihadiri oleh peserta dari 13 Desa di kecamatan Cisolok dengan per masing-masing desa diwakili oleh Sekretaris Desa (Sekdes) dan Ketua BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) serta dihadiri oleh pihak Tim dari Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark.

Acara mendapat sambutan dan dibuka langsung oleh bapak Drs. H. Iyos Somantri, M.Si selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi sekaligus sebagai Ketua Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Bapak Sekda memberikan arahan bahwa aspek kesadaran hukum adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan dan dijaga dalam pengembangan geowisata Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark.

Selanjutnya acara dibuat dalam bentuk diskusi panel dengan bentuk materi disampaikan dalam 2 sesi dan dimoderatori oleh Frieda Fania, S.H. M.H. Untuk sesi pertama diisi oleh narasumber dari Tim PKM LPPM Unpam dosen fakultas hukum prodi S1 Fakultas Hukum yakni oleh bapak Hendrik Fasco Siregar, S.S., S.H. M.H dan ibu Dina Novita, S.E., M.M yang membahas seputar tema yakni mengenai ekonomi kreatif yang sadar hukum dalam pengembangan geopark. Kemudian materi sesi kedua diisi oleh bapak Asep Hidayat Mustofa, S.Pd.I selaku perwakilan Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark sekaligus sebagai founder dari Desa Wisata Hanjeli Waluran Mandiri Sukabumi dengan materi seputar Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark dan ekonomi kreatif bagi desa wisata.

Pemaparan materi mendapat apresiasi luar biasa bagi peserta yang hadir. Setelah dua sesi pertama selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta dan narasumber hingga dengan waktu acara selesai. Pada akhir acara, bapak Asep Rusli Rusmawijaya, M.MPd selaku Sekretaris Camat Cisolok menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Tim PKM LPPM Unpam atas terselenggaranya acara tersebut karena dirasa memberi banyak manfaat kepada kecamatan Cisolok pada umumnya dan 13 desa yang ada di cisolok dan optimis bahwa kecamatan Cisolok akan dapat berkembang optimal ke depannya sebagai bagian dari geopark itu sendiri. Serta setelah selesai acara beberapa peserta perwakilan dari desa ternyata ada yang membawa produk unggulan contoh dari desanya masing-masing untuk ditanyakan seputar HaKI dan pendaftaran logo geopark pada kemasannya kepada Narasumber. Hal ini merupakan sesuatu yang dirasa sangat positif dan seluruh peserta merasakan manfaat dari adanya PKM ini.

Berita lainnya: reportase.tv