KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Sosialisasi dan Penyuluhan Pentingnya Menabung Bagi Generasi Muda Khususnya Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Mathlaul Anwar Pamulang

Saat ini tabungan tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpanan uang, lebih jauh lagi menabung membuat seseorang memiliki akses kepada perbankan digital dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan digital. Menabung tidak lagi disetor secara manual ke teller pada cabang bank tertentu, tetapi sudah bisa dilakukan secara otomatis di mesin – mesin ATM setor-tarik, juga dapat dilakukan pada mitra bank UKM disekitar rumah. Menabung merupakan bagian dari gaya hidup, dengan menabung siswa – siswi dapat memanfaatkan digital banking seperti  pembelian pulsa, kuota internet dan lainnya. Mereka dapat membantu orang tua mereka dengan digital banking, diantaranya bisa melakukan pembayaran BPJS, cicilan motor, cicilan pinjaman, pembelian token listrik.  Bahkan membeli makanan dan minuman akan lebih hemat jika menggunakan uang elektronik yang tentunya dapat di topup dengan mudah jika memiliki rekening di bank.

Tabungan atau simpanan merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dengar, tabungan adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati sedangkan menabung adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam rangka menyimpan atau menyisihkan uang. Menabung merupakan kegiatan yang baik untuk dipupuk sejak dini, karena dengan melatih diri untuk menabung dapat memberikan dampak positif untuk kehidupan mendatang.

Atas dasar itulah maka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memberikan penyuluhan berupa materi  pentingnya menabung bagi siswa – siswi kelas 7 Madrasah Tsanawiyah Mathlaul Anwar yang beralamat di Jalan H. Rean No.111, RT.03/RW.01, Benda Baru, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan aktivitas rutin yang harus di laksanakan sebagai bentuk pengaplikasian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini di adakan saat masa pandemi sehingga Tim Pengabdian Kepada Mayarakat memilih menggunakan aplikasi zoom meet. Beberapa dosen dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang yang mengikuti kegiatan ini yaitu Bapak Wawan Supriyatna sebagai Ketua, Bapak Zakaria dan Ibu Sri Mardiana sebagai Narasumber di hari pertama dengan moderator Ibu Ratna Dumilah dan Ibu Intan Sari Budhiarjo sebagai Host. Penyuluhan berlangsung selama 2 hari berturut-turut dengan durasi 90 menit dimana posisi dosen bergantian sebagai Narasumber.

Saat pelaksanaan pemaparan materi berupa presentasi, Zakaria, S. Kom., M.M  mengatakan bahwa menabung merupakan hal yang bisa diterapkan sekaligus dimengerti oleh remaja di mulai dengan menyisihkan uang jajan yang di berikan oleh orang tua, dan harus menyiapkan celengan yang disukai bentuknya sebagai persiapan menabung. Orang yang sukses adalah orang yang gemar menabung, bekerja dan berdoa. Presentasi di selingi dengan tanya jawab untuk mengetahui seberapa jauh peserta mengerti dengan materi yang di sampaikan atau sekedar mendengarkan cerita peserta selama sekolah dari rumah, apakah mereka di berikan uang jajan harian seperti masa sekolah normal. Dan mayoritas peserta mengakui bahwa mereka tidak di berikan uang jajan selama masa pandemi.

Foto Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Zoom Meet

Dengan adanya pemberian materi sangat membantu siswa – siswi dalam memahami bahwa uang  yang mereka miliki tidak hanya digunakan untuk membelikan suatu barang tapi juga dapat membantu kehidupan orang lain. Di akhir kegiatan tim Pengabdian Kepada Mayarakat memberikan sovenir berupa celengan, alat kesehatan juga sedikit uang sebagai pengganti pulsa mereka.

Harapan kami dengan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat memberikan  ilmu yang bermanfaat  bagi siswa-siswi dalam hal pengenalan budaya menabung sejak dini dan dapat menjadi pemahaman mereka dalam  membedakan mana barang “kebutuhan” dan mana barang “keinginan”.

Penulis: Sri Mardiana, S.E., M.M(Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)
Sumber: manajemen.unpam.ac.id