KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pelatihan dan Bantuan Dalam Program Pemberdayaan Ekonomi Pada Masa Pandemic COVID-19 di RT 003/RW 006, Desa Kabasiran, Kecamatan Parung Panjang – Bogor

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih menunjukkan tanda-tanda penyebaran yang massif, setiap hari kita dihadapkan pada kenyataan bahwa terus menerus terjadi penambahan kasus positif covid- 19 dan kasus kematian pun semakin membuat merinding. walaupun sudah banyak pakar dan ahli optimis pandemic ini akan cepat mereda melalui analisis dan prediksi, asalkan semua pihak kooperatif, bersinergi dan bekerja sama untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran. Perguruan tinggi termasuk salah satu yang wajib memberikan peran aktif dalam penangan wabah ini.

Sebetulnya peran perguruan tinggi sudah sangat baik dalam penanganan Covid-19 hingga saat ini. Namun, kontribusinya dinilai masih bisa dioptimalkan lagi dengan dukungan dari semua pihak termasuk semangat para ahli dari berbagai disiplin ilmu serta kebijakan pemerintahyang lebih inovatif, partisipatif, dan komprehensif. Peran pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tiga ranah peran pendidikan tinggi selain aspek pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran; riset dan inovasi yang sangat penting untuk diwujudkan secara optimal. supaya berperan optimal dalam penanganan Covid-19. Sosialisasi yang dilakukan secara terus-menerus berkaitan dengan upaya efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tindakan pencegahan yang dilakukan secara mandiri dan atas kesadaran kolektif sehingga gerakan jaga kesehatan mandiri yaitu mencuci tangan, memakai masker wajah, jaga jarak dan diam di rumah masih tetap dan terus dilakukan dengan upaya dan kesadaran penuh oleh masyarakat

Pemberlakuan karantina wilayah dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menekankan semua hal dilakukan dari rumah, memberikan dampak luar biasa terhadap menurunnya kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat tidak adanya akses ke sumber-sumber pendapatan terutama untuk para pekerja harian yang hanya bisa menghasilkan sesuatu ketika berada di luar rumah. Kondisi ini dialami oleh warga desa kabasiran RT 003/ RW 006, parung panjang Kabupaten Bogor. Salah satu solusi untuk meminimalisir hal- hal yang tidak diharapkan pada saat krisis seperti ini adalah memberikan bantuan bahan-bahan pokok yang diperlukan oleh mereka supaya warga tetap bisa bertahan hidup serta pemberian pengetahuan pentingnya pengelolaan keuangan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini membantu mereka untuk melakukan kegiatan kemitraan melalui pendistribusian sembako kepada para warga desa Kabasiran yang tidak mendapatkan penghasilan tersebut serta mendapat pengetahuan baru berupa pelatihan pengelolaan keuangan bagi warga desa. Kami selaku Dosen Manajemen memiliki target dalam kegiatan ini untuk membantu kemitraan Warga Desa Kabasiran RT 003 RW 006, Parung Panjang meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan di daerahnya, khususnya bagi masing- masing rumah tangga, terlebih lagi yang memiliki UKM sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan dan mencukupi kebutuhannya serta mampu mengelola keuangan sebaik mungkin supaya tujuan usaha bisa tercapai dengan efektif dan efisien.

Melalui pengabdian kepada masyarakat, perguruan tinggi dapat berperan langsung dan dekat dengan masyarakat. Usaha memberikan  bantuan secara fisik dan support mental melalui kegiatan sosialisasi yang berhubungan dengan upaya memutus mata rantai penyebaram virus serta memberikan solusi atas permasalahan yang ditimbulkan akibat pandemic dan dampak penerapan kebijakan baru. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi banyak orang.

 

Kumpulan Foto- foto Penyerahan Bantuan Sembako Kepada warga desa Kabasiran

 

Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang yang dilakukan oleh dosen-dosen program studi Manajemen berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari tempat pelaksanaan kegiatan ini tepatnya di desa Kabasiran Parung Panjang.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis *Citra Eliyani, SPd., MPd. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)