KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pendampingan dan Penyuluhan Hukum Terhadap Debitur Dalam Penyelesaian Sengketa Perjanjian Kredit Di Wilayah Kelurahan Duren Mekar, Bojongsari, Depok, Jawa Barat

Dalam kondisi New Normal pandemi Corona yang ramai dikenal dengan Covid 19, perlahan masyarakat bergerak menata kembali kehidupannya. Demikian pula kami civitas akademi Universitas Pamulang mengejawantahkan program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang merupakan salah satu kewajiban bagi Dosen yang diamanatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kampung Parung Poncol Kelurahan Duren Mekar, Bojongsari Depok Jawa Barat, adalah menjadi perhatian Team PKM kami PRODI ILMU HUKUM yang kali ini yang di Ketuai Ibu Nurhayati, S.H.,M.H dengan beranggotakan, Ibu Hj.Sri Siti Munalar, S.H.,M.H, Bapak Aria Dimas,S.H.,M.H, Bapak Ibrohim, S.H.,M.H , Bapak Sutan Mahmud Syaukat,S.H.,M.H dan mengikutsertakan Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Universitas Pamulang.

Berdasarkan pengamatan kami bahwa Kredit sebagai cara pemenuhan kebutuhan masyarakat di lingkungan tersebut marak dan membudaya. Segala sesuatu sebab akan diikuti akibat. Demikian pula aktifitas yang dilakukan mereka pun tidak luput dari akibat-akibat yang menyertainya. Pada umumnya masyarakat awam tidak mau repit membaca, mempelajari terlebih dahulu perjanjian dan atau sistem Kredit yang ditaqarkan pihak atau lembaga penyedia keuangan. Sehingga dengan demikian timbul persoalan-persoalan yang mau tidak mau harus dihadapinya. Di satu sisi masyarakat membutuhkan pemenuhan kebutuhan, di sisi yang lain ketiadaan anggaran dan keterbatasan kemampuan keuangan mereka. Maka lumrah mekanisme kredit menjadi pilihan.

Untuk membantu dan mengenalkan hukum serta pendampingan dalam perkara-perkara yang mungkin akan timbul, maka team kami terjun ditengah-tengah mereka.

Antusias mereka terlihat dari semangat kehadirannya sebelum acara dimulai dan mengikuti acara dengan tertib.

Penunggakan cicilan satu diantara masalah yang ada. Terlebih dimasa terjangkitnya Virus Corona yang memberikan dampak.yang begitu terasa,.
Sejumlah pertanyaan mereka terhambat oleh durasi waktu yang wajib kami perhitungkan, mengingat keadaan yang belum betul-betul normal dari pandemi ini. Pertimbangan kesehatan masyarakat yang tidak kalah penting maka kami niatkan program pendampingan dan penyuluhan hukum terhadap debitur dalam penyelesaian sengketa perjanjian kredit di wilayah Keluruhan Duren Mekar, Bojongsari, Depok Provinsi Jawa Barat yang dihadiri oleh ibu RT dan Ibu RW mewakili bapak Rukun Warga setempat yaitu Bapak Akib Aman, akan kami lanjutkan di PKM mendatang.

Selalu berharap kepada Allah SWT, Tuhan Yang Esa agar menganugerahi kami kesehatan, affiat, insha Allah pengabdian ini menjadi bagian dari agenda kehidupan civitas akademi almamater Universitas Pamulang. (ssm).

Dokumentasi: