Pelatihan Instalasi Sistem Operasi di Yayasan Yatim Piatu Ibnu Sabil

Salah satu bentuk pengaplikasian Tridharma perguruan tinggi yaitu dengan adanya pelaksanaan pengabdian kepada masyarkat. Beberapa dosen dari fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang yakni Romi Andrianto, Maulana Muhamad Sulaiman, Muhamad Arief Yulianto, Iwan Giri Waluyo, dan Sahlan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan instalasi sistem operasi dan software kepada anak-anak asuh di Yayasan Yatim Piatu Ibnu Sabil pada hari Minggu 21 Juni 2020. Yayasan Yatim Piatu Ibnu Sabil berlokasi di Gg. Ibnu Sabil 2, RT.003/RW.003, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang. Yayasan tersebut memiliki anak-anak asuh mulai dari jenjang pendidikan tingkat dasar sampai tingkat menengah. Namun dalam pelatihan yang dilakukan hanya melibatkan anak-anak asuh dengan jenjang pendidikan tingkat menengah.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat hampir semua lapisan masyarakat mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti derasnya arus perkembangan teknologi jika tidak ingin tertinggal di makan zaman. Laptop ataupun komputer merupakan salah satu bentuk teknologi yang sangat sering digunakan dalam menunjang semua bidang kegiatan baik itu pendidikan, pemerintahan maupun bidang usaha.
Mengingat sangatlah vital fungsi dari sistem operasi sebagai jembatan antara user dengan aplikasi (software) yang akan digunakan, maka kemampuan dalam menginstall sistem operasi sangatlah dibutuhkan, karena jika tidak mampu menginstal sistem operasi maka komputer tidak dapat digunakan. Namun ada pernyataan yang muncul bahwa masih banyak kok jasa yang bisa melakukan proses instalasi pada laptop komputer, tepat sekali pernyataannya, namun jasa tersebut tidaklah murah, karena kita harus merogoh kocek antar 100.000 – 200.000 rupiah. Jumlah nominal tersebut tidaklah sedikit bagi anak-anak asuh di Yayasan yatim piatu Ibnu Sabil, maka dengan adanya pembekalan pelatihan instalasi sistem operasi anak-anak di asrama diharapkan dapat mengatasi masalah pada laptopnya yang muncul, syukur-syukur bisa dijadikan sebagai keahlian jasa instalasi sistem operasi komputer untuk menambah uang jajan.

Pada saat pelaksanaan pelatihan para peserta tentunya telah mematuhi protokol kesehatan sesuai anjurnan pemerintah di masa new normal, mereka diajarkan terlebih dahulu mengenai teoritis dan hal-hal apa saja yang harus dibutuhkan pada saat melakukan proses instalasi. Proses instalasi sistem operasi dilakukan dengan menggunakan aplikasi virtualisasi yaitu virtual box. Meskipun menggunakan vritual box tidak mengurangi essensi dari proses instalasi itu sendiri, mengingat proses yang dijalankan sama baik antara menggunakan virtual box mapun langsung menggunakan komputer. Dalam proses ini para peserta diajarkan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan virtual box mulai dari membuat mesin pc virtual sampai dengan memasukkan file iso sistem operasinya. Proses instalasi dilakukan mulai dari proses pemilihan zona waktu, pengaturan partisi hardisk sampai dengan proses instalasi berhasil dilakukan. Dalam proses partisi hardisk, para peserta juga sedikit diajarkan mengenai konversi satuan data dari Gigabyte ke Megabyte ataupun sebaliknya.

Menurut Pak Herman selaku pengurus Yayasan Yatim Piatu Ibnu Sabil mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangatlah bermanfaat bagi anak-anak asuhnya. Mengingat IT sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Meskipun dalam praktinknya tidak semua peserta yang ikut pelatihan semuanya paham 100 % namun jika dilatih terus menerus maka akan bisa. Harapannya pelatihan ini bisa dilakukan secara berulang kali dalam kurun waktu tertentu supaya anak-anak asuh yang ada dalam asrama itupun mampu mendapatkan ilmu dalam bidang IT secara berkesinambungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *