PKM 2020

DOSEN TEKNIK INFORMATIKA UNPAM GELAR PKM FROM HOME DENGAN KARANG TARUNA RT. 04/12 KELURAHAN PAMULANG BARAT KOTA TANGERANG SELATAN

Visione, Tangsel – Meskipun dimasa pendemi covid 19 Dosen Teknik Informatika UNPAM tetap terus menjalankan kewajiban tri dharma perguruan tinggi yaitu salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Adapun PKM yang telah sukses dilakukan oleh Dosen Teknik Informatika UNPAM yaitu PKM From Home yang diselenggarakan bersama anggota karang taruna RT. 04/12 Kelurahan Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan dengan tema “Sosialisasi Penggunaan Microsoft Word Untuk Penunjang Kegiatan Karang Taruna” pada Hari Minggu, 21 Juni 2020.

Kegiatan PKM From Home ini diketuai oleh Kecitaan Harefa, S.Kom.,M.Kom, kemudian Ayni Suwarni Hery, S.H.,M.Kn, Joko Priambodo, S.Kom., M.M., M.Kom., Perani Rosyani, S.Kom.,M.Kom., dan Rinna Rachmatika, S.Kom.,M.Kom., sebagai anggota. Kegiatan PKM From Home yang dilakukan dari rumah masing-masing ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anggota Karang Taruna dalam berorganisasi seperti penggunaan Microsoft Word yang selalu digunakan dalam hal surat menyurat.

ketua RT 4 Kelurahan Pamulang Barat, S. Joko Prastowo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih bahwa dalam masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini Universitas Pamulang khususnya tim Dosen Prodi Teknik Informatika masih bersedia mengadakan kegiatan yang sangat positif seperti ini.

“kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat positif, walaupun sedang pandemi, karang taruna atau remaja masjid bisa tetap aktif dan beliau pun mengucapkan terimakasih kepada Universitas Pamulang khususnya kepada Tim Dosen dari Prodi Teknik Informatika yang bersedia mengadakan kegiatan seperti ini.” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kecitaan Harefa, S.Kom.,M.Kom Selaku ketua PKM From Home ini mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, Semoga kedepannya bisa terus mengadakan kerjasama yang baik dengan Karang Taruna dan Remaja Masjid

“pada kesempatan yang baik ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, Semoga kedepannya kami bisa terus mengadakan kerjasama yang baik dengan Karang Taruna dan Remaja Masjid.”, imbuhnya.

Dalam kegiatan PKM ini pemaparan materi dipandu oleh Moderator yaitu Joko Priambodo, S.Kom., M.M., M.Kom. Narasumber pertama yaitu Perani Rosyani, S.Kom.,M.Kom., mengedukasi para peserta dengan memberikan pengertian apa itu Microsoft Word dan kegunaannya seperti apa saja, seperti membuat Kop Surat Resmi dan menggunakan media Drive selain harus menggunakan Flashdisk. Jadi zaman sekarang sudah tidak ada alasan lagi jika file hilang.

Kemudian narasumber kedua yaitu Rinna Rachmatika, S.Kom.,M.Kom., memberikan edukasi awal pengenalan fitur-fitur dari microsoft word dan praktik secara langsung bagaimana cara membuat kop surat resmi secara otomatis dan membuat surat yang baik dan benar, kemudian diberikan wawasan tambahan untuk membiasakan menggunakan fasilitas SkyDrive untuk menyimpan data selain menggunakan flashdisk.

Acara PKM ini berjalan dengan lancar dan di ikuti oleh anggota Karang Taruna RT 4 RW 12, Kelurahan Pamulang Barat. Suksesnya acara ini pun tidak luput juga darisemua peran panitia dosen dan warga RT 4 RW 12 yang terlibat. Seperti diketahui bahwa Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas tentang ilmu yang meliputi berbagai kehidupan untuk mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, demi kemajuan masyarakat.

Sumber : visione.co.id