KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Membangun Karakteristik Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 yang Dilandasi dengan Imtaq, pada YPMS Darussalam Kedaung, Ciputat, Tangerang Selatan

Di era industri 4.0 perkembangan teknologi sangat masif dan cepat sampai tidak bisa diprediksi dampaknya. Dampak yang diakibatkan di era industri 4.0 berpengaruh terhadap dunia kerja dan pendidikan, pendidikan tidak bisa tinggal diam begitu saja dalam menyikapi bentuk perubahan yang begitu cepat dan mengglobal.

Dalam sistem pembelajarannya, seorang guru harus bisa memahami kebutuhan peserta didik, tidak hanya membekali dengan kekayaan teknologi, melainkan juga membekali dalam hal spiritualitas dan membentuk karakter para peserta didik. Nilai-nilai spiritualitas sangat penting untuk membentengi peserta didik dari dampak teknologi yang begitu masif perkembangannya.

Dengan demikian, peran guru di lembaga sekolah sangat penting untuk memberikan materi yang tepat tehadap peserta didik. Agar peserta didik tidak hanya memiliki kecakapan dalam bidang ilmu teknologi, tetapi juga memiliki nilai-nilai karakter yang berlandaskan pada etika, moral, dan akhlak. Karena pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pendidikan nasional.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di YPMS Darussalam Kedaung, Ciputat, Tangerang Selatan yang kami laksanakan pada tanggal 18-20 Juni 2020 ini merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta didik di YPMS Darussalam agar dapat meningkatkan motivasi dan karakteristik di era Revolusi Industri 4.0 serta dilandasi IMTAQ. Sedangkan manfaat kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi yayasan adalah dapat membantu lembaga/yayasan dalam mengembangkan karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang dilandasi IMTAQ.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan serta sosialisasi dalam rangka membangun pola pikir dan semangat peserta didik dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang dilandasi IMTAQ serta memberikan motivasi kepada peserta didik agar belajar yang giat agar dapat sukses di masa depan.

Pelatihan ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif kepada para peserta didik agar semakin termotivasi dalam mencapai cita-cita yang diharapkan. Berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan baik dan terukur, sehingga pesan yang disampaikan dapat tersalurkan kepada para peserta didik, sehingga kedepannya diharapkan peserta didik dapat menerapkan hal-hal yang telah disampaikan dalam pengabdian kepada masyarakat ini. Dan ini merupakan salah satu cara yang efektif di samping mereka telah mendapatkan pelatihan yang diadakan oleh yayasan. Kami berharap dapat tetap menjalin silaturahmi dan komunikasi, sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan menjadi manfaat bagi orang banyak.