KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Mempersiapkan SDM Yang Berkualitas Kepada Anak-Anak Panti di Pondok Pesentren Nurul Ihsan Tangerang Selatan Banten Tentang Bagaimana Menyusun Laporan Keuangan Sesuai Dengan Standar Yang Telah Ditetapkan dan Taat Hukum

Kampung Momongor RT.001/01 Desa Keranggan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan, Desa yang indah dan masih asri, Kelurahan ini juga merupakan desa terluas ketiga di kecamatan Setu setelah Kelurahan Muncul dan Kelurahan Setu.

Pada hari Minggu, tanggal 14 Juni 2020, Sejumlah Dosen yang terdiri dari  Bapak Muhamad Sopiyana, S.Pd.I , M.Pd., Ibu Sri Agustini SE, M. Si.Ibu Widiyanti Rahayu Budi Astuti, S.H , M.H.,Ibu Dra Eny Suryani,M.Pd. dengan Ketua Ibu Siarwi, SE.,M.M. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang di dukung oleh Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang yang mana di dalamnya ada kerjasama antara  dosen dan mahasiswa di Lingkungan Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi serta didukung Oleh LPPM Universitas Pamulang.

Kegiatan PKM ini di laksanakan di Pondok Pesantren Nurul Ihsan, yang mana kami memfokuskan diri untuk mewujudkan totalitas belajar tentang Ketaqwaan, Ketrampilan dan pendidikan, yang merupakan harapan umat islam Indonesia dalam membangun masyarakat dan peradaban islam pada masa mendatang serta membentuk tatanan masyarakat Indonesia yang harmonis dan mempunyai integritas moral yang tinggi. Pondok Pesantren Nurul Ihsan mempunyai anak asuhan sebanyak 150 santri yang terdiri dari 50 santri putra dan 100 santriwati putri dan bersekolah di Sekolah Dasar (SD) sebanyak 10 santri, di MTs/Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 84 santri, di Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 56 santri.

Program pelatihan yang diberikan yaitu akuntansi dan perpajakan. Program tersebut dipilih karena dianggap penting dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada santri/santriwati tersebut. Sebagian santri/santriwati tersebut bersekolah di SMK jurusan Akuntansi.

Pengetahuan akuntansi dan perpajakan merupakan bekal mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk berwiraswasta atau untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan menguasai akuntansi diharapkan mereka dapat mengelola usaha dan dapat menyusun laporan keuangan akuntansi sesuai standar yang berlaku dan memperkenalkan jenis-jenis pajak serta cara menghitung pajak dan melaporkan kewajiban perpajakan.

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas kepada anak-anak panti di pondok Pesentren Nurul Ihsan Tangerang Selatan Banten tentang bagaimana menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan taat hukum.

Kembali lagi Pengabdian kepada masyarakat ini di harapkan bisa membantu masyarakat dalam proses pemberdayaan/pengembangan diri dalam rangka mencapai peri kehidupan yang lebih maju, adil, dan sejahtera. Termasuk di dalamnya adalah usaha untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat haruslah diarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang dampak dan manfaatnya dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

Sumber: akuntansi.unpam.ac.id
Penulis; SIARWI, SE.,M.M