KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Kiat Mempertahankan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Di Tengah Pandemic Covid-19

Depok- Ahad, (14/06/2020) Tim dosen S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengunjungi Yayasan Al-Kamilah yang berlokasi di Serua, Bojong Sari, Depok. Kunjungan ini merupakan salah satu yang diupayakan dalam memberikan wawasan dalam mengelola bisnis di tengah wabah Covid-19, yang memberikan dampak signifikan terhadap merosotnya perekonomian di Indonesia.

Siti Hailatul Fikriyah, S.IKom., M. M., selaku ketua PKM, memberikan sapaan kepada seluruh santri Yayasan Al-Kamilah sekaligus memberikan motivasi bahwa meskipun dalam masa karantina kesempatan untuk mempertahankan maupun membuka bisnis baru masih dapat dilakukan dengan melihat peluang dan memunculkan kreativitas. Salah satu contoh peluang yang dapat dilakukan oleh para santri Al-Kamilah adalah membuat masker yang saat ini urgensinya sangat diwajibkan oleh pemerintah demi mencegah penularan wabah Covid-19. Selain itu bahan dan cara membuatnya sangatlah mudah sehingga cepat dapat diproduksi dan dijual.

Tim dosen lainnya yang terdiri dari 4 orang, yaitu: Nelly Budiyarti, S. Pd., M.Pd., Fithrah Kamaliyah, S.Pd., M.E.Sy., Moh. Yuddy Yudawirawan, S.E., M.M., dan Antania Shinta Yuwono, S.E., M.M. secara bergantian memberikan materi yang bertemakan “Kiat Mempertahankan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah di Tengah Pandemic Covid-19”. Pemberian materi diselingi juga dengan tanya jawab dari para santri yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PKM ini. Sejatinya para santri merupakan bibit unggul yang dapat dibina sehingga menjadi pelopor bisnis kreatif. Para santri dengan usia yang tergolong dalam usia produktif sangat diharapkan semangat dan kretivitasnya untuk memunculkan ide-ide baru dalam membuka peluang usaha walau dalam situasi yang sulit.

Pimpinan Yayasan Al-Kamilah, yaitu Ustadz Badruddin, S. Ag., M. M. dan Bapak Haryono, M. M, M. H, sangat senang dan memberikan kesempatan yang luas kepada Tim Dosen S1 Universitas Pamulang dalam mengadakan kegiatan PKM di Yayasan yang dikelolanya. Hal ini merupakan pembelajaran dan interaksi santri di luar kegiatan belajar formal yang dilakukan di dalam kelas. Kegiatan ini disarankan harus dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan adanya kerjasama antara Universitas Pamulang dengan Yayasan Al-Kamilah.

Sumber: akuntansi.unpam.ac.id
Penulis: Fithrah Kamaliyah, S.Pd., M.E.Sy