KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Berwirausaha Dengan Semangat Kolaborasi Bersama Kurir Online

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Pamulang, dengan tema pengabdian “Berwirausaha dengan semangat kolaborasi bersama Kurir Online”. Pengabdian ini dipimpin oleh bapak Mahnun Mas’adi, SE, MM., adapun anggota pengabdian terdiri dari 4 anggota yaitu bapak Aidil Amin Effendy, S.E., M.M., bapak Ahmad Nurhadi. SE, MM., bapak Widhi Wicaksono. S.E.,MM., dan bapak Heri Murtiyoko, S.Pd, MM., sebagai pemateri dalam kegiatan pegabdian serta mahasiswa Unpam membantu dalam bagian dokumentasi, konsumsi dan kelengkapan lainnya dalam menunjang proses berjalannya pengabdian ini.

Pelatihan dan penyuluhan yang dilakukan tim Pengabdian dosen dan mahasiswa Unpam bertujuan untuk memberikan akses pemasaran secara online bagi para pelaku UMKM seperti pedagang tempe, tahu, soto, ketoprak dan penjahit di sekitar wilayah Reni Pamulang Barat yang masih melakukan kegiatan usahanya secara konvensional agar mampu bertahan dan bersaing di era globalisasi dan pandemi saat ini.

Gambar 2: Foto Pemberian Materi Kepada Peserta PKM Pengusaha Soto

Hasil dari pemberian pelatihan dan penyuluhan oleh dosen Manajemen Universitas Pamulang dan motivasi yang diberikan berupa kisah Sukses beberapa orang yang sukses dalam berwirausaha secara online dan offine serta diskusi dan Tanya jawab yang dilakukan saat kegiatan berlangsung dapat berguna bagi para pengusaha tempe, tahu, soto, ketoprak dan penjahit Reni Pamulang agar dapat bertahan dalam persaingan dan meningkatkan volume penjualan melalui kolaborasi daring dengan platform online yang tersedia.

Selain pemberian materi dan motivasi, tim PKM juga mengadakan praktek dan simulasi cara dagang secara daring atau online, karena pada saat ini semua lini usaha sudah merambah ke dunia online, sehingga wirausaha konvensional harus selalu siap bersaing dengan wirausaha lainnya yang sudah menguasai pemasaran secara online.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya strategi pemasaran baik secara konvensional dan secara online, bertambahnya wawasan akan keilmuan pemasaran, dari cerita cerita sukses pengusaha pengusaha sukses yang mulai dari nol, dan dapat menjalankan usaha dengan bekal ilmu dan wawasan mengenai kewirausahaan yang diberikan, sehingga di masa pandemi Covid-19 ini para pelaku UMKM yang terdiri dari para pedagang di sekitar wilayah Pamulang Barat dapat bersaing dengan para pengusaha dan supermarket dalam memasarkan produk dan jasanya.

Kegiatan PKM oleh dosen-dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat para pedagang dalam mengikuti pemberian materi, simulasi, diskusi dan tanya jawab, sehingga para pedagang dapat langsung mempraktekkan cara memasarkan melalui media online.

Saran kami bagi para pelaku UMKM agar terus konsisten dalam mengevaluasi usaha secara berkala agar dapat berkembang dan bersaing dengan pengusaha lainnya dan diharapkan pengusaha tempe, tahu, soto, ketoprak dan penjahit Reni Jaya terus belajar dari pengalaman wirausaha yang sudah berhasil dalam berwirausaha.

Kami juga berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat di masa yang akan datang dapat lebih terprogram dan terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di sekitar wilayah Pamulang Barat.

Penulis: Aidil Amin Effendy, S.E., M.M (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)
Sumber: manajemen.unpam.ac.id