KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Program Pembangunan, Pengembangan Serta Peningkatan Kualitas Kompetensi SDM Pada Generasi Muda Yang Unggul Dan Siap Bersaing Di Era Industri 4.0

Urgensi pembangunan  sumber daya manusia menjadi faktor kunci  dalam memenangkan persaingan global, yang membawa konsekuensi semakin ketatnya persaingan ditengah ketidakpastian, langkah strategis ini sudah selayaknya mendapatkan dukung  penuh  dari seluruh  pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, salah satu cara dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 ini adalah adanya kesadaran setiap pemuda khususnya para pelajar untuk berusaha menguasai keahlian atau skill untuk melahirkan tenaga kerja profesional sangat diperlukan guna mendapatkan keseimbangan dengan keberadaan teknologi sekarang.

Karena Pemuda memiliki peran penting dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, maka dilakukan kegiatan yang mencoba memicu kesadaran tersebut dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan judul: “Program Pembangunan, Pengembangan Serta Peningkatan Kualitas Kompetensi SDM Pada Generasi Muda Yang Unggul Dan Siap Bersaing Di Era Industri 4.0” yang melibatkan pelajar yaitu siswa kelas XII SMK Muhamadiyah Parakan dengan melaksanakan program penyuluhan mengenai tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 pada Sabtu 13 Juni 2020.

Kegiatan penyuluhan ini diharapkan mampu memberikan dampak jangka panjang, melalui pelatihan terhadap pemuda, karena pemuda memiliki peran sebagai agent of change atau pemuda adalah pilar penggerak yang diharapkan mampu menjadi penerus penggerak kemajuan bangsa. Tetapi dengan derasnya arus persaingan global dan regional, tantangan yang dihadapi oleh pemuda pun semakin beragam. Oleh karena itu kesadaran dan kesiapan pemuda harus segera diinisasi sejak dini. .

Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan di berbagai sekolah untuk menginformasikan bagaimana pentingnya memiliki kompetensi yang berkualitas agar mampu menyesuaikan diri dan bersaing di era industry 4.0. Dan Kami juga berharap kegiatan  ini tidak dilakukan hanya sekali ini saja, namun bisa secara berkala sesuai kebutuhan, agar para pemimbing dapat melakukan pemantauan perkembangan para peserta dalam mengimplementasi materi yang disampaikan.

Penulis: Nurdinni Tilova

Dokumentasi: