PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Buah Menjadi Pupuk Cair Organik Untuk Memenuhi Kebutuhan Petani Buah Palawija Dan Sayuran Di Desa Karang Dadap Kecamatan Kalibagor, Banyumas – Jawa Tengah

Sampah merupakan masalah yang tak akan ada habisnya, karena selama kehidupan ini masih ada maka sampah pasti akan selalu diproduksi. Sampah adalah bagian yang tidak terpakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan konsumsi dan produksi manusia. Walaupun sampah memiliki dampak negatif yaitu sudah tidak mempunyai nilai ekonomis. Tetapi dengan adanya pengolahan sampah maka sampah yang tadinya kehilangan nilai ekonomis menjadi sampah yang mempunyai nilai ekonomis. Atas dasar itulah tim pengabdian kepada masyarakat ingin memberikan sedikit materi yang diharapkan dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman untuk selanjutnya dapat diterapkan oleh warga dalam kegiatan usaha.

Tempat pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Karang Dadap, Kecamatan Kalibagor Banyumas – Jawa Tengah. Dimana kegiatan pengabdian ini dikhususkan pada para petani buah dan sayuran. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 11 – 13 Juni 2020 dengan dihadiri 20 (dua puluh) petani buah dan sayuran melalui aplikasi zoom meet.

Pelaksaan pemaparan materi berupa seminar yang disampaikan oleh 4 (empat) pemateri atau narasumber. Empat narasumber berasal dari tim dosen PKM UNPAM. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ibu Pusporini Palupi Jamaludin, S.S.T., M.M., dimana menyampaikan kata sambutan sekaligus pembukaan acara PKM yang diadakan pada aplikasi zoom meeting kepada beberapa warga di Desa Karang Dadap, Kecamatan Kalibagor Banyumas – Jawa Tengah. Selanjutnya pemaparan materi inti disampaikan oleh empat orang dosen dari tim PKM UNPAM. Pertama Ibu Iriana Kusuma Dewi, S.E., M.M., menyampaikan materi bagaimana cara memaksimalkan limbah buah menjadi hasil akhir yang menguntungkan. Kedua Ibu Elizabeth Tika Kristina H, S.E., M.M., menyampaikan materi tentang bagaimana cara memasarkan produk sehingga bisa sampai ke pelanggan, ketiga Ibu Ana Septia Rahman S.Pd.I., M.M., membuat konten promosi yang mudah di ingat oleh pelanggan dan keempat materi disampaikan oleh Ibu Yeni Septiani, S.E., M.M., yang memberikan rangkuman kesimpulan terhadap pemaparan materi-materi yang telah disampaikan.

Gambar 2 : Foto Peserta PKM via Zoom Meet

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang yang dilakukan oleh dosen-dosen program studi Manajemen berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari tempat pelaksanaan kegiatan ini di Desa Karang Dadap, Kecamatan Kalibagor Banyumas – Jawa Tengah.

Harapan kami dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat berkembang lebih luas lagi khususnya dalam bidang pemasaran sehingga pemanfaatan pupuk cair organik limbah buah ini bisa dirasakan juga manfaatnya oleh banyak petani selain di Desa Karang Dadap Kecamatan Kalibagor.

Penulis: IRIANA KUSUMA DEWI, S.E., M.M./01729 (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)