KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa SMK di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tugas Dosen. PKM ini harus terinternalisasi dalam jiwa seorang Dosen, pengabdian tersebut dapat dilaksanakan secara individu dan kelompok. dengan mewabahnya Corona Virus tidak mengurungkan niat para dosen untuk tetap mengabdi, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan. Pada Tanggal 10 Juni 2020 lalu Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang yang di ketuai oleh Bapak Sirajuddin, S.Pd., M.Pd., beranggotakan Bapak Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev.,  Bapak Dr. Thamrin, S.T., M.Pd., Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M. dan Bapak Jakariah, S.E., M.M. melakukan PKM pada Siswa SMK di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. PKM ini dengan tema “Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor”. Kegiatan PKM ini merupakan pelaksanaan Kegiatan PKM Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020.

 

Suasana Saat Dr. Thamrin, S.T., M.Pd. Memberikan Arahan

 

Kedatangan Tim PKM disambut baik oleh Kepala Sekolah Ibu Arni, S.Pd. beliau menjayatakan, bahwa kegiatan seperti ini harus terus dilakukan dalam menambah ilmu siswa SMK di Pondok Pesantren Al-Manar, mengingat pasti ada kejenuhan dari siswa dalam menerima pelajaran dengan guru yang sama. Artinya kedatangan Tim PKM ini bisa menjadi warna baru bagi siswa dalam me refresh keilmuan baru.

 

Bapak Jamaludin, S.E.I., M.Ec. Dev. sedang Memberikan Materi

 

Pada kesempatan ini masing-masing anggota memberikan sedikit pemahaman terkait tema yang diangkat. Seperti Bapak Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev.  menyatakan minat berwirausaha memang harus dibentuk sejak dini, sehingga nantinya setelah lulus dari SMK, paling tidak ide usaha sudah mulai dikembangkan dan tidak menganggur begitu saja jika tidak melanjutkan studi. Selanjutnya.

 

Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M. sedang Memberikan Materi

 

Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M. memberikan beberapa contoh tokoh/ pengusaha sukses yang berhasil di dunia usaha seperti Chairul Tanjung, Siapa sangka, bahwa tokoh wirausaha sekelas Chairul Tanjung itu pernah jualan buku kuliah, buka usaha fotokopi, serta jualan kaus. Momen itu terjadi saat dia masih kuliah. Dalam perjalanan karirnya, ia membentuk perusahaan berkelompok dan akhirnya mampu mengambil-alih Bank Mega. Perusahaan milik Chairul Tanjung yang bernama Para Group ini bukan main besarnya sekarang. Bahkan mampu membawahi Para Investindo untuk bisnis keuangan, Para Inti Investindo untuk investasi dan media, Para Inti Propetindo untuk properti, dan lain-lain. Alhasil, ia pun mampu menguasai pasar Indonesia di berbagai bidang. Salut!.

 

Bapak Sirajuddin, S.Pd., M.Pd. saat Memberikan Materi

 

Selanjutnya Pak Sirajudin S.Pd., M.Pd. juga menambahkan tokoh pengusaha muda yang fenomenal yang menajdi idola pegiat wirausaha siapalagi kalo bukan Sandiaga Uno. Beberapa fakta seperti berpendidikan tinggi, pernah menjadi pengangguran, berhasil bangkit dari keterpurukan, berani mendirikan PT. Recapital Advisors, berhasil masuk jajaran orang terkaya di indonesia.

 

Bapak Jakariah, S.E., M.M. saat Memberikan Materi

 

Sebagai penutup kegiatan PKM, Bapak Dr. Thamrin, S.T., M.Pd. memberikan nasehat untuk tetap fokus belajar dirumah meski sedang mewabahnya Covid-19. Corona ini jangan sampai menghambat proses belajar dirumah, dan sebisa mungkin harus tetap produktif selama dirumah. Dan diakhir acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Bapak Jakariah, S.E., M.M. semoga kita semua selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: Jamaludin, S.E.I., M.Ec. Dev. (Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang)