KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Penerapan Manajemen Berbasis Aktivitas Dalam Usaha Kecil Dan Menengah Di Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug Kota Tangerang

Kebijakan pemberdayaan UKM dalam secara umum diarahkan untuk mendukung upaya-upaya penanggulangan kemiskinan dan kesenjangan, penciptaan kesempatan kerja dan peningkatan ekspor, serta revitalisasi pertanian dan perdesaan, Dalam kerangka itu, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) diarahkan agar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan kesempatan kerja, peningkatan ekspor dan peningkatan daya saing, sementara itu pengembangan usaha skala mikro diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan masyarakat berpendapatan rendah, Kinerja nyata yang dihadapi oleh sebagian besar usaha terutama mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia yang paling menonjol adalah rendahnya tingkat produktivitas, rendahnya nilai tambah, dan rendahnya kualitas produk. Atas dasar itulah tim pengabdian kepada masyarakat ingin memberikan sedikit materi yang diharapkan dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman untuk selanjutnya dapat diterapkan oleh warga dalam kegiatan usaha.

Tempat pengabdian masyarakat ini dilakukan di Gg. H. Djum 1 RT 001/013 Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Dimana pada pengabdian masyarakat ini dikhususkan pada pelaku UKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung pada tanggal 05 – 07 Juni 2020 dengan dihadiri 20 (dua puluh) warga RT 001/013 Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug.

Pelaksanaan pemaparan materi berupa seminar yang disampaikan oleh empat pemateri atau nara sumber. Empat narasumber berasal dari tim dosen PKM UNPAM. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ketua PKM, Bapak Abdul Rahman Safiih, S.E., M.M., menyampaikan kata sambutan sekaligus pembukaan acara PKM yang diadakan di RT 001/013 Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Selanjutnya pemaparan materi inti disampaikan oleh empat orang dosen dari tim PKM UNPAM. Pertama Bapak Achmad ludvy, S.E., M.M., menyampaikan materi bagaimana cara memilih jenis-jenis usaha yang dapat digeluti dalam masa pandemi. Kedua Bapak Agus Suhartono, S.E., M.M., menyampaikan materi mencari lokasi yang strategis bagi pelaku usaha, ketiga Bapak Indra Januar Rukmana S.E., M.M., memberikan pelatihan materi dasar wirausaha(UKM) meliputi penguasaan manajemen waktu, variasa usaha, dan bahan baku yang mudah/terjangkau dan keempat materi disampaikan oleh Aan Purnama, S.E., M.M., yang memberikan evaluasi materi hal ini bertujuan untuk menakar keefektifan metode manajemen berbasis aktivitas usaha kecil dan menengah untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari- hari.

Di sela-sela penyampaian materi, pemateri mengadakan interaksi secara langsung dengan peserta, yakni menanyakan usaha apakah yang kira-kira akan mereka jalani secara efektif dan di masa pandemi jika akan membuka usaha. Peserta terlihat antusias. Setelah materi selesai disampaikan, diadakan selingan untuk menghibur para peserta sebelum melanjutkan materi berikutnya. Tim menampilkan tayangan berupa video yang berhubungan dengan materi perencanaan usaha untuk melihat respon peserta. Kemudian dilanjutkan dengan permainan yang menggiring peserta kepada pemikiran tentang bisnis apa yang akan mereka lakukan nanti.

 

Foto Penyerahan Bantuan Sembako Kepada RT 001/013 Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug Pengabdian

 

Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang yang dilakukan oleh dosen-dosen program studi Manajemen berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari tempat pelaksanaan kegiatan ini di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Harapan kami dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat membuka wawasan dari masyarakat khususnya pelaku UKM di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug untuk dapat menerapkan manajemen waktu, variasi usaha, dan mendapatkan bahan baku yang mudah dan terjangkau sehingga membiasakan warga menggali potensi dan dapat mengaplikasikan manajemen berbasis aktivitas usaha kecil dan menengah dalam kegiatan sehari-hari.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: *ABDUL RAHMAN SAFIIH, S.E., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)