KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Penguatan Usaha pada Usaha UKM Minuman Kekinian dengan Menggunakan Sistem Aplikasi By Data di Kota Tangerang Selatan

Tangerang Selatan, 31 Mei – 6 Juni 2020, Universitas Pamulang Prodi Manajemen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan mengusung tema “Penguatan Usaha dengan Menggunakan Sistem Aplikasi By Data pada Usaha UKM Minuman Kekinian di Kota Tangerang Selatan” dengan menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerja sama beberapa orang Dosen dan melibatkan beberapa orang Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang, dengn susunan Team PKM sebagai berikut: Rahmayanti Tumanggor S.Ag., M.M., Wiyanto, S.Pd.,M.M,  Derizka Inva Jaswita, S.Ikom, M.M. Sedangkan yang menjadi  peserta kegiatan PKM ini adalah para Dosen dan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang.

Seiring dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan aplikasi IT, juga dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran dan promosi bidang usaha. Salah satu yang menjadi incaran dan daya tarik para pelaku usaha UMKM adalah bidang usaha minuman kekinian; sebagai salah satu minuman kegemaran kaum milenial yang sangat menyukai hal-hal yang bersifat praktis, kreatif, dan inovatif. Situasi dan kondisi serta permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Minuman Kekininian “NGOMBE” dan banyaknya usaha minuman kekinian lain dalam mempertahankan usahanya bersaing dengan usaha-usaha minuman kekinian yang lebih besar dan sudah punya BRAND.

Fenomena inilah yang menarik perhatian kami sebagai pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Pamulang  untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan manfaat penggunaan dan penerapan sistem aplikasi by data terhadap peningkatan penjualan minuman kekinian. dalam mengembangkan usahanya sehingga tercapai penjualan yang cukup signifikan dan memberi keuntungan secara ekonomis.

Dalam konteks Universitas Pamulang, sebagaimana yang diarahkan oleh Pimpinan agar Mahasiswa tidak hanya menerima dan mendapatkan ilmu berupa Teori “Kewirausahaan”, namun juga dapat menberapkan dan mengembamgkannya dalam wujud usaha apakah memproduksi produk baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada ada, disebut dengan Inovasi Usaha.

Metode yang digunakan dalam Pengabdian Kepada masyarakat ini adalah Ceramah dan Tanya Jawab terfokus melalui Zoom Meeting. Menjangkau yang semula belum diungkap. Sebuah Tajuk. Peserta Pengabdian kepada Masyarakat dijaring secara online yang memungkinkan semua masyarakat baik produktif ekonomi, mengarah produktif maupun tidak produktif sama sekali juga masuk di dalamnya.

Oleh karena itu metode yang dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat meliputi kegiatan: Menjalin hubungan kemitraan secara online dan offline, Meeting via Zoom, Mentorship.

Pelaksanaan Meeting via Zoom berlangsung pada hari Minggu, 31 Mei 2020 dengan menampilkan 3 (tiga) materi :

  • Materi 1 :    Wawasan dan penguasaan 3 digital skill di Era Digital
  • Materi 2 :    Penerapan Aplikasi “by data” dalam Inovasi Produk
  • Materi 3 : Meneropong Masa Depan UKM Minuman Kekinian (Hasil Analisa  SWOT) 

 

 

Tujuan diadakannya kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi para peserta yakni untuk bekal pengetahuan (knowledge/kognitif) dan keterampilan (digital skill); yang dapat diterapkan dalam mewujudkan kegiatan berwirausaha. Juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai seberapa besar pengaruh dan manfaat penerapan sistem aplikasi “by data” terhadap peningkatan penjualan minuman kekinian; terutama sangat berguna bagi para pelaku usaha dalam menunjang pengontrolan penjualan yang berdampak kepada peningkatan penjualan dan kemudahan dalam pelayanan kepada  konsumen.

Kegiatan setelah Meeting Zoom adalah  Mentoring, dilakukan dalam rangka memberikan pendampingan kepada para peserta Workshop. Tim Pengabdian kepada Masyarakat mendampingi peserta selama kegiatan Workshop berlangsung sampai setelah selesai kegiatan Workshop. 

Harapan setelah mengikuti kegiatan workshop ini dapat memicu motivasi para peserta dalam berwirausaha. Mendalami bagaimana sistem aplikasi ‘by data” dapat membantu para pelaku usaha minuman kekinian dalam mengembangkan usahanya sehingga tercapai peningkatan penjualan yang  cukup signifikan dan memberi keuntungan secara ekonomis.

Mengikuti pengembangan mulai dari merk (brand), varian rasa, pengemasan, dan  pemasaran; produk minuman   akan mampu bersaing dengan kompetitor minuman sejenis. Apalagi didukung dengan penggunaan sistem aplikasi “by data” dalam menunjang pengontrolan penjualan yang berdampak kepada peningkatan penjualan dan kemudahan dalam pelayanan kepada  konsumen.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Pengabdian kepada Masyarakat adalah merupakan salah satu wujud  dari Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan demikian sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai salah satu bagian dari civitas akademika yakni Dosen untuk dapat memberikan manfaat kepada masayarakat dan menjawab tantangan dalam membeantu mencarikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi.

Berikut ini ada langkah sederhana yang dapat dilakukan dalam memberikan penguatan  kepada UKM minuman kekinian berupa:

  1. Memberikan pemahaman tentang 3 digital skill ditengah mewabahnya Covid-19.
  2. Melakukan sharing session antara pelaku usaha dengan konsumen dan stake holder dengan keterbukaan hati dan pikiran untuk menciptakan Win-Win.
  3. Melakukan SWOT analisis secara bersama untuk menentukan langkah strategis bagi usaha UKM minuman kekinian agar tetap eksis di semua kondisi atau keadaan.

Tugas kami sebagai Tim Pengabdian kepada Masyarakat belumlah selesai sampai disini, kami berharap dapat menjaring lebih luas lagi mitra usaha yang bisa dijadikan mitra sharing session; sehingga harapan dan tujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan minat berwirausaha semakin luas menjangkau semua lapisan masyarakat. Selanjutnya juga menjalin kerjasama yang lebih luas lagi baik dengan mitra usaha lain maupun juga dengan pemegang kekuasaan (pemerintah) setempat dalam kegiatan mentoring yang dilakukan dalam rangka memberikan masukan dan pendampingan kepada masyarakat dalam menunjang kegiatan berwirausaha.

Dengan demikina, kami Tim Pengabdian kepada Masyarakat; akan lebih bersemangat lagi dalam mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi; yakni memberikan manfaat dan dampak  positif yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat luas.

Penulis : Rahmayanti Tumanggor