PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Strategi Menumbuhkan Ekonomi Warga di Masa Pandemi

Grahanusantara.co.id – Guna membantu program Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dosen Universitas Pamulang (Unpam) yang dipelopori oleh Ibrahim Bali Pamungkas, Agung Tri Putranto, Angga Pratama, Arman Syah dan Anisa Nurdina, berikan pengabdian dalam bentuk bantuan kepada masyarakat dengan maksud menumbuhkan kembali perekonomian di lingkungan sekitar.

Berlokasi di RT 05/02 kelurahan Pondok Jaya, Tangerang Selatan. Para Dosen Unpam memberikan bantuan dalam bentuk sembako dan gas dengan target sasaran masyarakat terdampak Covid-19.

“Kemarin sebelum pandemi COVID-19 ketika ekonomi masih berjalan normal warga dapat beraktifitas untuk mendapatkan penghasilan, begitu pandemi situasi bertambah sulit maka banyak warga kekurangan penghasilan bahkan sampai kehilangan mata pencaharian,” ungkap Ketua RT setempat Fery Ismail, (01/06).

Dosen Unpam Agung Tri Putranto menuturkan, bantuan kepada masyarakat dalam situasi COVID-19 ini akan dibagikan kepada beberapa UMKM yang berada di lingkungan RT 05/02 kelurahan Pondok Jaya untuk menumbuhkan ekonomi lingkungan sekitar dengan cara pemanfaatan pelaku UMKM.

“Strategi para tim pengabdi melakukan sosialisasi kepada pihak pengurus RT 05/02 kelurahan Pondok Jaya untuk dibantu melakukan kerjasama kepada pihak UMKM yang ada di sekitar lingkungan dengan maksud agar dapat membantu kegiatan ini dalam penyaluran gas beserta beras kepada warga jadi kegiatan ini dimaksudkan agar ekonomi UMKM dapat tetap berjalan dan warga sekitar tetap mendapatkan manfaat dari bantuan sosial dari tim pengabdi yang di berikan langsung kepada pelaku UMKM di lingkungan tersebut,” imbuhnya.

Senada dengan Agung Tri Putranto, Angga Pratama melihat pembagian gas kepada warga ini sebagai bentuk solusi untuk warga yang mendapatkan bantuan sosial dalam bentuk sembako tetapi, belum tentu bisa memasak bantuan sosial tersebut.

“Kami melihat banyaknya bantuan dari para relawan terfokus kepada pembagian sembako, kami coba bertindak sebagai pelengkap dalam bantuan sosial tersebut jadi kami coba berikan bantuan gas dan beras,” tuturnya.

Penyaluran bantuan warga tersebut diberikan dengan cara memberikan kupon yang dimana didalam kupon tersebut akan mendapatkan gas dan beras.

“Bantuan yang sekarang tim pengabdi berikan dalam bentuk kupon yang nantinya kupon tersebut dapat di gantikan dengan gas dan beras oleh UMKM yang bekerja sama dengan tim pengabdi dan pengurus RT 05 / 002,” sambungnya.

Sejauh ini, kata Angga Pratama, bantuan yang tim pengabdi berikan di harapkan dapat sedikit meringankan beban ekonomi bagi warga asli ataupun ‘ngontrak’ di lingkungan RT 05/02 kelurahan Pondok Jaya.

“Harapan kami setelah terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan di RT 005 / 002 kelurahan Pondok Jaya dapat di ikuti oleh para ketua RT sekitar lingkungan tersebut,” tutup Angga Pratama

Sumber : grahanusantara.co.id