OPINI OPINI 2020

Semangat Pancasila dan New Normal di Tengah Pandemi Covid-16

Akhir-akhir ini sedang ramai mengenai “New Normal” penyesuaian baru kehidupan ditengah-tengah pandemi covid-19. Aktivitas perekonomian akan berjalan New Normal dan PSBB dilonggarkan, dimana supermarket, toko-toko penjual, perkantoran & industri akan berjalan meski PSBB. Ini dirasa sebagai bentuk relaksasi PSBB. New Normal diberlakukan untuk menggerakan roda perekonomian yang selama masa pandemi ini tertahan.
Dengan adanya pernyataan resmi Bpk Presiden Joko Widodo mengenai New Normal, di kutip dari TEMPO.CO, Sabtu, 16 Mei 2020 06.37 WIB “ Sekali lagi kita harus berdampingan hidup dengan Covid. Sekali lagi yang penting masyarakat produktif dan aman dari Covid,” kata Bpk Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jum’at , 15 Mei 2020.
Dikutip dari Tribunnews.com, kamis, 28 Mei 2020 07:13 WIB, “Dokter Tirta Mandira Hudhi menegaskan bahwa New Normal memang bukan berarti pasrah menerima Covid-19”.
New Normal bukan berarti kita membiarkan virus itu tetap berkembang di tengah-tengah kita, tapi mengontrol agar kehidupan terus berjalan dengan penyesuaian baru, kita harus menyiapkan diri untuk New Normal dan dan bersama peduli terhadap sekitar,. kalau kita merasa memiliki Indonesia pelihara dan jaga untuk Indonesia dan yakin Indonesia dapat melewati pandemi Covid-19 ini. Bukan hanya peran pemerintah tapi peran semua warga Indonesia berperan besar atas penanganan pandemi ini.
Sesuai dengan Sila ke-3 dalam Pancasila sebagai ideologi negara yaitu persatuan Indonesia, dengan semangat gotong royong yang telah lama dibangga-banggakan Indonesia, ini saatnya bergerak dalam karya nyata bukan hanya ucapan. Dengan saling menyalahkan salah satu pihak, pandemi ini tidak akan selesai, tapi dengan bersatu kita yakin ini bisa terlewati masa pandemi covid-19 ini. Gotong- royong saling membantu yang membutuhkan dan peduli sesama, tetap produktif namun tetap menjaga protokol kesehatan dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Lakukan dengan menjaga bersama-sama :
1. Persiapkan imunitas tubuh, bergaya hidup sehat dengan makanan bergizi dan khususnya minum vitamin C dan olah raga.
2. Gunakan masker ketika diluar rumah, jaga jarak jauhi kerumunan.
3. Jaga kebersihan, rutin cuci tangan atau menggunaan hand sanitizer ketika di luar rumah, membersihkan tubuh dan pakaian saat kembali ke rumah.
Kepedulian harus dilakukan secara bersama-sama, New Normal ditujukan agar negara tetap menjalankan fungsi-fungsinya dan pencegahan perekonomian yang semakin memburuk dan mengatur kehiduan berangsur-angsur agar dapat berjalan kembali. Untuk itu aktivitas ekonomi maupun publik diperbolehkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Oleh : Sari Karmiyati.
Dosen Universitas Pamulang

Sumber : rakyatmerdekanews.com