OPINI OPINI 2020

Hikmah Terbesar Virus Akhir Zaman Ditinjau Kaca Mata Islam

PADA suatu saat ini dimana disekeliling kamu akan bersatu mengerubuti mu, seperti bersatunya orang-orang berebut makanan dimeja hidangan. Akan datang suatu saat nanti dimana kondisimu akan dikepung sedemikian rupa, yang barat mau menerkam, yang timur mau menghantam, yang selatan mau menginjak – injak dan yang Utara mau mencengkram, Sehingga keadaan mu saat ini seperti bui dilautan banyak tetapi tak punya daya dan kekuatan, banyak tetapi bak dipermainkan gelombang lautan dihempaskan ditepian pantai tanpa punya makna dan arti.

Kondisi mu saat itu kuantitas yang tanpa Kualitas, Sehingga orang lain mudah saja menyerang, Akidah didangkalkan, dibanjiri peradaban dan kebudayaan yang menjauhkan kita dari sisi Agama, dari segi maksiat dan mungkarat mengepung nilai-nilai Islam.

Dalam sejarah Islam wabah virus seperti ini juga pernah muncul pada zaman Nabi MUHAMMAD SAW. walaupun bukan virus Corona atau covid-19. Namun Nabi punya cara yang sangat efektif dan relevan dengan zaman modern saat itu, seperti Sabda Rasulullah SAW ” Jika kamu mendengar wabah disuatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya, tapi jika terjadi wabah ditempat kamu berada, maka jangan tinggalkan daerah itu..”
Saat ini Indonesia bahkan dunia sedang diuji, diperingati dan mungkin juga bisa dikatakan Hukuman dari ALLAH SWT untuk direnungkan bersama-sama.
Miris sekali kita menyaksikanya menurut data terupdate rabu 27/05/2020. Menunjukkan bahwa kasus Covid-19 sebesar : 23.851 kasus, yang dinyatakan sembuh kurang lebih : 6.507 dan yang paling sedih terdapat 1.473 meninggal dunia bukan angka yang sedikit. Saya teringat Firman ALLAH SWT dalam Al’quran (Surah Al-Baqarah 156-157) yang berbunyi ” Dan berikan kabar gembira kepada mereka yang sabar yaitu mereka yang apabila ditimpah musibah, mereka mengucapkan Innalilahi Wainnailaihi Raji’un (“Sesungguhnya kami adalah milik ALLAH dan kepadaNYA lah kami kembali “) Hadits qudsi.

Mari Kita renungankan sejenak betapa hinanya, lemahnya diri manusia dihadapkan pencipta NYA. Negara terkuat dan terhebat seperti, Amerika ,Negara Eropa dan Negara terkaya China dibikin tak berdaya, luluh lantah hanya dengan makhluk kecil, mungil atau kita kenal dengan makhluk ghaib yang ALLAH SWT turunkan dari langit untuk apa..?. Kalo bukan sebagai sinyal peringatan, sebagai ibroh dan Hikmah renungan kolbu, agar sebagai hamba sahaya sadar bahwa kita sangat lemah,hina ,dina dan tidak bisa berbuat apa-apa serta melakukan apapun kalo bukan izin dan Kehendak NYA.
Hikmah Virus Akhir zaman yang bisa kita petik saat ini adalah :
1. Menyadari bahwasanya apa yang terjadi dan akan terjadi semata-mata atas Kehendak dan izin ALLAH SWT.
2. Kita dituntut untuk lebih mendekatkan diri kepada sang khaliq.
3. Selalu ingin berbuat baik dan Berakhlak terbaik
4. Senantiasa selalu bersyukur.
5. Selalu panjatkan Doa agar musibah ini segera berakhir dan mendapat RidhoNya..
Hikmah terbesar adalah kita sadar diera digital, informasi dan kemajuan teknologi yang berkembang, ternyata ditahun 2020 ini.

ALLAH SWT hanya mengajarkan kita betapa pentingnya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.”
Hikmah selanjutnya adalah , Manusia menyadari bahwa Materialisme dan Hedonisme betapa tidak berharga ditengah Pandemik ini, dan manusia di paksa untuk tunduk dan mengakui kebesaran-NYA. Aamiin..!!

Wassalam mualaikum..
Oleh : Syawaludin (Universitas Pamulang)

Sumber : rakyatmerdekanews.com