OPINI OPINI 2020

Sikapi Kebijakan Work From Home di Masa Pandemi Covid-19

MUNGKIN sebagian kita tidak menyangka akan mengalami situasi seperti ini, pola hidup yang berubah 180 derajat membuat kita harus beradaptasi dengan lingkungan dimana kita berada. Perilaku ke arah yang lebih baik yaitu memaksa kita untuk selalu hidup bersih dan menggunakan protokol kesehatan yang harus kita taati bila ingin terhindar dari mahkluk kecil si corona atau covid-19.

Meski awalnya kita merasa berat dengan aturan tersebut, lambat laun kita pasti akan merasakan manfaat kedepannya bila kondisi sudah normal, akan tercipta generasi yang selalu menjaga kebersihan dan kesehatan yang bermanfaat untuk diri sendiri juga orang lain di sekitarnya.

Pandemi Corona memaksa penduduk dunia berdiam di rumah dan membatasi aktivitas sosial, bahkan untuk pergi ke tempat kerja. Tagar yang trending di media sosial seperti #WorkfromHome, #WFH, #StayatHome, dan #Dirumahaja menjadi new normal bagi perusahaan akibat kebijakan lockdown dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam menyikapi kebijakan perusahaan tersebut sebagian orang pasti akan merasakan perbedaan pola kerja melalui tatap muka dengan melalui media online. Ada kelebihan dan kekurangan yang dirasakan ketika harus dipaksa mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah. Kelebihannya antara lain :
1. Efisiensi biaya, tenaga dan waktu
Salah satu keuntungan work from home adalah kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ongkos transportasi atau biaya bensin, juga bisa menghemat waktu di perjalanan apalagi bagi kita yang sering terjebak kemacetan di jalan menuju kantor, bisa memanfaatkan kelebihan work from home ini sebaik mungkin. Selain itu dengan bekerja dari rumah, akan meminimalisir tingkat stres yang dialami dengan tekanan pekerjaan saat di kantor.

2. Lebih Fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan kantor
Bagaimana tidak dikatakan fleksibel, terutama bagi seorang yang pekerjaannya harus selalu duduk di depan laptop di sebuah ruangan khusus setiap harinya, pastinya akan merasakan kejenuhan dan menginginkan suasana yang berbeda, nah dengan bekerja di rumah kita bisa pilih tempat yang menurut kita nyaman, bisa diteras rumah dengan pemandangan yang lebih fresh karena bisa sambil menikmati kicauan burung atau gemericik kolam ikan, atau di kamar tidur ketika lelah bisa sambil tiduran untuk relaksasi. Yang penting semua pekerjaan bisa diselesaikan pada waktunya.

3. Memperoleh keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi
Beberapa orang ada yang mengalami kehidupan sehari-harinya dihabiskan di kantor, dengan berangkat pagi dan pulang malam, bahkan di rumahpun masih berlanjut lembur, bila ada deadline, Namun, dengan adanya kebijakan work from home, seseorang dapat lebih mudah membagi perannya. Ada kalanya ia fokus pada jam kerja kantor dan ada kalanya juga ia bisa menjalankan kehidupan pribadinya tanpa beban, masih bisa bercengkerama dengan keluarga dengan suasana yang lebih nyaman.

Adapun kelemahan dari work from home (WFH) antara lain:
1. Kurangnya motivasi kerja
Hal ini bisa dialami bagi seorang yang bekerja dengan team, bisa saja menghadapi kendala karena tidak bisa komunikasi secara langsung sehinggga menghambat kinerja, ditambah suasana rumah yang tidak mendukung karena jauh berbeda dengan suasana kantor.

2. Biaya Listrik dan Internet di rumah akan lebih besar
Bila pekerjaan kantor dibawa ke rumah, otomatis pemakaian listrik dan internet di rumahpun akan meningkat, berbeda bila dikerjakan di kantor biaya tersebut kantor yang akan menanggung, maka perlu adanya antisipasi pemakaian yang lebih hemat lagi untuk meminimalisir biaya tersebut.

3. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukann dengan konsep Work from Home (WFH)
Ada beberapa perusahaan yang tidak memungkinkan pekerjaannya dilakukan secara WFH, misalnya bagian produksi yang mesin dan perlengkapannya tidak mungkin dibawa ke rumah, sementara bila produksi dihentikan akan merugikan perusahaan, maka perusahaan tersebut juga harus memfasilitasi karyawannya dengan protokol kesehatan agar karyawan terhindar dari wabah covid-19.

Nah dengan adnya kekurangan work from Home (WFH) tidak serta merta menjadikan kita kurang produktif dan tidak maksimal dalam bekerja, namun kita bisa memanfaatkan kelebihan dari Work from Home, untuk lebih bisa memberikan hal yang terbaik untuk perusahaan sekaligus untuk keluarga kita sendiri, dengan memanfaatkan media komunikasi yang ada agar kerja sama antara karyawan dan perusahaan berjalan dengan baik, dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Work from Home(WFH) bisa dilakukan secara efektif dan efisien apabila ada rasa tanggungjawab yang sama antara karyawan dan perusahaan, dimana masing-masing harus saling memahami mengenai kondisi saat ini dengan memberikan performa terbaik meskipun bekerja ditempat yang berbeda.

Mari kita jalani Work from Home (WFH) ini dengan penuh semangat, lakukan yang terbaik untuk perusahaan dimana kita bekerja, karena pada akhirnya kita sendiri yang akan menuai hasilnya, dan kita bersama-sama berdoa agar Covid-19 ini cepat berlalu, sehingga kondisi normal kembali dan kita bisa beraktivitas seperti biasa.

Oleh : Purwanti
Dosen Universitas Pamulang

Sumber : rakyatmerdekanews.com