OPINI OPINI 2020

Kunci Hadapi Covid-19, Berdoa dan Bersabar!

Grahanusantara.co.id, Tangerang Selatan – Banyak hal yang terjadi ketika diberlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya sektor perekonomian bagi kelompok menengah ke bawah.

Seperti pedagang “kecil-kecilan,” orang yang bekerja serabutan, serta pelaku ojek transportasi online tak luput terkena dampak dari Covid-19 ini, sulitnya mendapatkan order menjadi faktor utama, karena kebijakan PSBB yang ada, tentunya mempengaruhi pendapatan dan kelangsungan hidup mereka.

Begitu juga dengan dunia akademis, sekolah dan kampus yang sementara waktu belajar di rumah (Elearning) yang banyak dikeluhkan karena tidak sedikit sekolah atau kampus yang tidak memiliki kapasitas untuk menopang media belajar online.

Metode belajar dari rumah pun memiliki dampak negatif pada perekonomian yang cukup besar, karena pada dasarnya tidak sedikit orang yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan dan bekerja di sekolah atau kampus.

Angkutan umum dengan kondisi order yang merosot tajam, yang harusnya setiap hari bisa mengantar, murid, mahasiswa, guru dan pegawai sekolah atau kampus saat ini tidak ada.

Mungkin tidak ada yang menyangka Allah SWT memberikan cobaan melalui pandemi Covid-19 ini, yang merambah seluruh dunia. Sebagai seorang Muslim dan Mukmin kita bisa lihat dalam QS Al-Baqarah (2): 155 yang artinya:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Melihat pada ayat tersebut, sudah seharusnya kita sebagai manusia tidak terlalu banyak mengeluh dan lebih banyak bersabar, serta bersyukur atas nikmat yang sangat banyak telah Allah berikan pada kita. Hal inipun telah tertuang firman Allah QS Al-Baqarah ayat 153,

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Maka dari itu, sebagai manusia beriman hal yang utama sebagai umat Muslim dalam menghadapi Covid-19 ini dengan mengingat Allah SWT. Serta, berikhtiar dengan mengikuti arahan pemerintah untuk banyak tinggal di rumah (WFH), menjaga jarak (social distancing), tingkatkan hidup sehat namun tetap hemat.

Allah SWT berfirman di dalam QS Ghafir (40): 60: “Berdoalah kamu kepada-Ku, niscaya aku perkenankan doa permohonan kamu.”

Sumber: grahanusantara.co.id
Penulis: Asep Suherman, S.E,. M.M, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.