OPINI OPINI 2020

Kapankah Corona Akan Berakhir?

Saat pandemic Covid-19 melanda Indonesia di awal bulan maret kemudian virus ini mewabah menjadi 153 orang. Waktu terus berjalan, sehingga total akumulatif pasien sembuh dari banyaknya korban terjangkit virus corona serta ribuan orang meninggal.

Selain ratusan orang terjangkit virus Corona, tidak sedikit orang pasien dalam pengawasan (PDP) orang dalam pengawasan (ODP) totalnya menjadi 22.271 orang.

Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19 di Indonesia mencapai 5.402 orang. Berdasarkan data terkini jumlah pasien covid-19 (24/05).

Pandemik Covid-19 banyak melumpuhkan sektor perekonomian rakyat Indonesia terlebih dunia property. Seperti industry perhotelan dan pariwisata yang paling terkena dampak virus ini.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani menerima laporan sebanyak 1.266 hotel telah tutup karena terdampak COVID-19. Kata Hotel mulai dipakai sejak abad ke 18 di London, Inggris. Pada saat itu kata hotel adalah “ garni “, sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewaan secara harian, mingguan atau bulanan.

Menurut pihak hotel sendiri ini merupakan perkembangan dari bahasa Perancis. Hotel berasal dari kata latin: “ hostel” dan mulai dikenal di masyarakat pada tahun 1797.
Ada beberapa definisi hotel berdasarkan berbagai pendapat, di antaranya : Hotel adalah : Bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan ( Rumekso, 2002 : 2 ).

Industri hotel disamping memiliki ciri-ciri khas sebagai industri pariwisata pada umumnya, juga memiliki karakteristik yang membedakan dengan industri lain. Karakteristik itu antara lain industri hotel tergolong industri yang padat modal dan padat karya, industri hotel dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi di berbagai sektor, industri hotel menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana produk itu dihasilkan, industri hotel bekerja selama dua puluh empat jam tanpa mengenal libur dalam melayani tamu, industry hotel menganggap dan memperlakukan tamu sebagai raja.

Banyaknya para tamu manca negara yang datang kehotel hal ini yanag menjadi pertimbangan pemerintah untuk menutup kegiatan aktivitas perhotelan baik yang akan berlibur ke Indonesia terutama bali tempat wisata yang menjadi tujuan para wisatawan asing yang akan datang ke Indonesia virus corona berdampak ke beberapa hotel di daerah-daerah wisata seperti bali dan tempat wisata yang lainnya. Hal ini juga yang menjadi bahan pertimbangan para pengusaha hotel untuk menutup hotelnya hal ini tentunya akan berdampak bagi karyawan hotel saat ini dirumahkan oleh pengelola hotel. Bila masa pandemic covid-19 ini terus berlanjut akan mempengaruhi kinerja keuangan hotel yang berakibat meruginya industry perhotelan.

Pertanyaanya kapan pendemi ini akan berakhir ? sampai kapan kita akan berhadapan dengan pandemi yang telah merampas kebebasan kita ini? Jawaban pastinya, tidak ada yang tahu sampai kapan wabah global ini akan berakhir. Tapi para peneliti bisa memberikan perspektif akan hal itu, meskipun mereka juga tidak bisa memberikan jawaban pasti. Sambil menunggu para ahli menemukan vaksinasi untuk mematikan virus ini mau tidak mau suka tidak suka rela tidak rela kita harus jalani dan nikmati keadaan ini dengan tetap mengikuti arahan pemerintah untuk social distancing,mencuci tangan dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diangkatnya virus mematikan ini.

Penulis : Ade Yusuf Dosen Universitas Pamulang

Sumber : rakyatmerdekanews.com