KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

D3 Akuntansi Sosialisasikan SAK EMKM

D3 Akuntansi – Kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dosen-dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) tergolong bervariatif dan produktif. Ada yang melakukan pelatihan, pendampingan, hingga sosialisasi seperti halnya yang dilakukan PKM kelompok 6 yang mensosialisasikan implementasi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM) bagi koperasi Mts Yayasan Pondok Pesantren Depok, 20 Mei 2020 secara virtual.

Kaprodi D3 Akuntansi, Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si mengatakan, tujuan utama dilaksanakannya PKM adalah untuk memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat. Baik itu yang termasuk dunia usaha (perusahaan), lembaga pendidikan, maupun UMKM. Atas dasar itu, setiap kegiatan PKM yang diselenggarakan, harus benar-benar menghasilkan output yang baik. Jangan sekedar datang lalu pergi lagi.

“Jadi perlu didampingi terus. Tidak sekali dua kali saja, tetapi harus sampai menghasilkan sesuatu,”ucapnya.

Sementara, Ketua Kelompok PKM, Dani Rahman Hakim, M.Pd mengatakan, tema yang dipilih dalam PKM kali ini adalah ‘Pendampingan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK UMKM Bagi Koperasi’. Dalam hal ini, koperasi juga termasuk dalam UMKM yang apabila penyusunan laporan keuangannya sesuai standar, maka beragam manfaat akan didapatkan.

“Jika menggunakan SAK EMKM, keuntungannya antara lain mencegah fraud, laporan keuangan lebih kredibel, terbukanya akses permodalan, terpantaunya perkembangan usaha, dan masih banyak lagi yang lain,”tuturnya.

Menurut Dani, dalam SAK EMKM terdapat 3 laporan keuangan yang wajib disusun yakni laporan posisi keuangan, laba rugi, dan catatan atas laporan keuangan. Dimana, SAK EMKM ini tergolong merupakan standar akuntansi yang paling sederhana ketimbang yang lain, meskipun pada kenyataannya baru sedikit sekali UMKM yang menggunakannya.

“Berdasarkan berbagai penelitian, SAK EMKM ini masih rendah sekali tingkat implementasinya. Atas dasar itu, kita berupaya untuk ikut mensosialisasikan,”ungkapnya.

Sumber : akuntansid3.unpam.ac.id