PKM 2020 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen D3 Akuntansi-Penerapan Dan Strategi pelaporan Serta Pendampingan Analisa Laporan Keuangan di PT. Jembatan Komunika Indonesia

D3 Akuntansi – Dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di PT Jembatan Komunika Indonesia, 19 Mei 2020. Kegiatan utama PKM kali ini adalah untuk membantu perusahaan dalam menyusun laporan keuangan serta menganalisis kondisi keuangannya.

Panitia pelaksana, Rahman Faisal, M.M mengatakan, pihaknya menghaturkan terimakasih kepada Bapak Kokok Herdhianto Dirgantoro selaku direktur PT Jembatan Komunika Indonesia yang telah merespon positif kegiatan ini. Pihaknya ingin memberi sumbangsih nyata kepada masyarakat, termasuk kepada perusahaan.

“Sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bahwa perusahaan mendapatkan kendala-kendala terkait dengan penyusunan laporan keuangan. Utamanya terkait dengan waktu pembayaran PPn perusahaan serta analisis kondisi keuangan yang sesungguhnya,”ucapnya.

Sementara, narasumber dalam kegiatan ini, Ganefo Sudirman, M.Ak yang juga merupakan dosen D3 Akuntansi mengatakan, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kondisi keuangan perusahaan. Diantarannya yakni menggunakan analisis rasio laporan keuangan. Dengan menganalisis laporan keuangan, terdapat banyak manfaat dari analisis ini, salah satu yang paling penting adalah dapat mengetahui perkembangan profitabilitas, likuiditas, hingga solvabilitas perusahaan.

“Laporan keuangan juga harus dapat menggambarkan kondisi keuangan secara umum agar perusahaan bisa menyusun kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan kinerja keuangannya ke depan,”ucapnya.

Sumber : akuntansid3.unpam.ac.id