PKM 2020

Dosen Manajemen Universitas Pamulang Lakukan Pembinaan Usaha Secara Online Untuk Meningkatkan Pemasaran Di Masa Pandemic Covid-19 dan Berbagi untuk Warga yang Kurang Mampu di Desa Kabasiran

Merujuk pada peraturan pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Jawa Barat di masa Pandemi Covid-19 bahwa warga dilarang keluar rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah sekitarnya. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang semakin meningkat kasus Pandeminya, sehingga dikeluarkan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Penyebaran virus ini berdampak pada warga yang kesehariannya sebagai pedagang atau yang membuka usaha. Wirausaha merupakan pelayanan yang penghasilannya didapatkan dengan cara bertemu langsung dengan para konsumen atau kliennya. Dari hasil survey dan wawancara dengan warga bahwa permasalahan yang ada sekarang ini dan masih berlanjut salah satunya dikarenakan tidak dapat membuka usaha dan tidak dapat melayani pembeli secara langsung. Selain itu, mereka belum memiliki keahlian khusus untuk melakukan pemasaran melalui online.

Permasalahan masih berlanjut,diantaranya:warga yang kurang mampu serta guru ngaji yang berdomisili didaerah perkampungan Parung Panjang tidak mendapatkan penghasilan, dikarenakan mereka tidak bisa keluar rumah. Terutama guru ngaji yang tidak dapat memberikan ilmunya secara langsung kepada murid-muridnya. Kemendikbud menyarankan untuk memberikan pembelajaran secara online/daring, hal ini tidak bisa dilakukan oleh guru ngaji dan murid yang tidak memiliki alat komunikasi yang bisa mendukung pembelajaran tersebut. Selain itu, mereka juga tidak memiliki kuota yang besar untuk melakukan pembelajaran secara online.

Melihat persoalan, Tim Dosen dari Universitas Pamulang khususnya Program Studi Manajemen S-1 yang terdiri dari Denok Sunarsi, S.Pd., M.M., CHt, Drs. Heri Priyanto, M.M., Munarsih, S.S., M.M., Ninik Anggraini S.E., M.Si., dan Rissa Hanny, S.Psi., S.Pd., M.M. melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bekerjasama dengan perangkat desa serta warga masyarakat yang bertempat tinggal di Jalan Raya Kabasiran Km.2 Kecamatan Parung Panjang Kab. Bogor. Kegiatan PKM ini bertajuk “Pembinaan Usaha Secara Online Untuk Meningkatkan Pemasaran Di Masa Pandemic Covid-19” serta kegiatan Berbagi untuk Warga yang  Kurang  Mampu di Desa Kabasiran. Kegiatan PKM ini mendapat dukungan penuh dari Dr. Kasmad, S.E, M.M. selaku Ketua Program Studi Manajemen S-1 Universitas Pamulang beserta jajarannnya.

Kegiatan ini antara lain Pembinaan usaha secara online untuk meningkatkan pemasaran kepada para wirausahawan yang terkena dampak pandemi covid 19  dengan cara mengumpulkan para wirausaha dan pedagang dalam satu tempat pada aula yang telah disediakan. Tentunya, kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan PSBB yang berlaku. Peserta diwajibkan menggunakan masker serta disediakan fasilitas untuk mencuci tangan. Kemudian, kegiatan akan diakhiri dengan memberikan bantuan berupoa sembako kepada warga yang kurang mampu serta guru ngaji. Bantuan dibagikan dari rumah ke rumah (door to door) oleh dosen dan dibantu  para mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan agar dapat mencegah penyebaran virus dan pembagian donasi agar tepat sasaran.

Pembukaan pelaksanaan PKM dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua PKM Munarsih, MM Dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) merupakan salah satu Tri Dharma dosen perguruan tinggi yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu semester. Tri Dharma dosen perguruan tinggi selain mengajar adalah penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Adapun kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada hari ini diantaranya, pembinaan usaha secara online untuk meningkatkan pemasaran kepada para wirausaha yang terkena dampak pandemic covid-19 serta memberikan bantuan berupa pangan (sembako) untukwarga yang kurang mampu dan guru ngaji yang tidak mendapatkan penghasilan karena adanya virus corona.” Ujarnya.

Pelaksanaan PKM lalu dilanjutkan dengan Pembinaan usaha secara online untuk meningkatkan pemasaran dimasa pandemi covid 19 kepada para wirausahawan yang terkena dampak pandemi covid 19. Kegiatan ini dipandu oleh para dosen yang berperan sebagai narasumber. Kegiatan bertujuan agar masyarakat khususnya wirausaha dan para pedagang kecil dapat melakukan pemasaran melalui online dengan keahlian yang diberikan melalui pembinaan. Selain itu, dengan adanya keahlian ini, mereka dapat menghemat waktu serta dapat menghemat biaya pengeluaran untuk membuka usaha. Karena parawirausaha maupun pedagang kecil tidak perlu keluar rumah untuk menawarkan dagangan mereka. Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah agar mereka  mampu dan mandiri dengan membuka peluang usaha melalui jaringan online. Sehingga, dengan pemasaran secara online produk akan laku dipasaran serta dapat membantu perekonomian mereka, khususnya bagi warga Parung panjang Kab Bogor.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama tiga hari mulai pada hari Sabtu 16 Mei 2020 sampai dengan hari Senin 18 Mei 2020.

Sumber : visione.co.id