OPINI OPINI 2020

Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi Covid-19

Tidak bisa dipungkiri, penyebaran virus COVID-19 yang kian masif mengubah gaya kehidupan semua orang dari beragam aspek. Tak terkecuali keuangan.Tinggal dirumah saja untuk batas waktu yang tidak ditentukan memunculkan persoalan baru, dari mulai pengeluaran ekstra rumah tangga, hinggga kondisi mental yang dipicu rasa bosan karena tidak bisa kemana-mana. Sehingga membuat pengelolaan keuangan mengalami masalah, hal yang sebelumnya tidak ada dalam list pengeluaran tiap bulan semenjak adanya pandemic COVID-19 mau tidak mau harus dibeli. Hal yang wajib harus dibeli seperti masker yang saat ini harganya melambung tinggi, selain itu handsanitizer.

Oleh karena itu, sebagai langkah pertama untk menyiasati permasalahan yang terjadi akibat kondisi tersebut adalah persiapan mental dan mengurangi rasa panic. Selain itu, kita harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan rumah tangga. Kebanyakan dari kita karena adanya pandemi ini membuat kekhawatiran yang berlebihan sehingga menyetok berlebihan kebutuhan rumah tangga. Bahkan saking khawatirnya rela membeli masker yang harganya sebox 300.000, tanpa berpikir panjang. Padahal kita tidak perlu sampai membeli masker tersebut, bisa kita siasati dengan masker kain.

Dari hal kecil inilah, tanpa kita sadari keuangan kita bisa berdampak. Mungkin untuk beberapa bulan kita tidak akan terasa tapi kalau dari sekarang kita tidak bisa memanage dengan baik pengelolaan keuangan rumah tangga akan mengalami minus berkepanjangan. Dalam mengelola keuangan rumah tangga hal yang harus dilakukan yaitu : kita hitung ulang anggaran rumah tangga. Mulailah menglist kebutuhan yang prioritas untuk kita beli dalam pandemi COVID-19. Dan belilah barang sesuai kebutuhan serta hindari memanfaatkan situasi. Intinya jangan berbelanja saat sedang lapar dan panic karena kedua kondisi tersebut cenderung membuat seseorang kalap dan membeli sesuatu secara berlebihan.

Selain itu,jangan lupa untuk menahan diri melakukan belanja yang sifatnya besar-besaran karena hampir  saya lihat di mall ataupun supermarket mereka sejak adanya pandemi ini banyak menjual barang-barang dengan berbagai macam diskon besar-besaran sehingga membuat kita kalap untuk membelinya. Bahkan sampai adanya cicilan sehingga tanpa kita dasari menambah lagi hutang.

Jadi, untuk menjaga ataupun mengelola keuangan rumah tangga saat kondisi pandemi ini yang harus kita lakukan adalah :

Kebutuhan vs pengeluaran

Karena seperti kondisi saat ini yang tidak bisa diprediksi akan lebih baik jika kita menyesuaikan life style kita. Saat ini kita harus mengurangi atau menghentikan pengeluaran yang kita anggap tidak terlalu urgent, mulailah saat ini logika kita yang bermain apa yang harus kita identifikasikan antara rasa keinginan atau kebutuhan. Sehingga kita bisa memutuskan mana yang menjadi prioritas utama kita saat ini, terutama bagi para wanita untuk saatnya ini mengurangi kebiasaan belanja online yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan pada saat kondisi seperti ini. Selain itu, yang terbiasa dengan selalu membeli makan mulailah saat ini masak dirumah. Karena selain ekonomis kita juga bisa menjaga kebersihannya makanan itu sendiri.

Menganalisa kondisi keuangan saat ini

Saatnya kita harus mebuat perhitungan kondisi keuangan saat ini, yaitu dengan cara melihat pengasilan kita dan pengeluaran keuangan kita. Jangan sampai penghasilan lebih kecil dari pengeluaran,karena kalau kondisi seperti ini yang ada selalu minus alhasil untuk menutupi kekurangan itu yang kita ambil langkah adalah menambah cicilan hutang. Jika dari awal kita tidak bisa memanange keuangan rumah tangga, yang ada kedepannya selalu menjadi permasalahan ditambah dengan kondisi seperti ini yang makin sulit. Sebagai contoh, ada sebuah keluarga yang memutuskan untuk berpisah dengan alasan keuangan rumah tangga yang selalu kekurangan (hutang dimana-mana). Dan saling menyalahkan satu sama lain,padahal masalah intinya hanya mereka tidak dapat memanage penghasilan yang didapat dengan pengeluaran yang mereka lakukan. Maka dari itu melacak kondisi keuangan secara detail sangat penting sekali dilakukan agar kita mendapat gambaran yang nyata terhadap kondisi kita saat ini dan membuat strategi agar dapat mengatur keuangan yang bisa lebih baik lagi.

Memiliki dana tabungan

Memiliki dana tabungan di kondisi saat ini yang penuh ketidak pastian karena pandemic covid 19 ini sangatlah penting. Kita akan membutuhkan tabungan ini jika kita dalam kondisi dihadapkan dengan situasi tidak terduga seperti kena PHK, pemotongan gaji dan lainnya. Oleh karena itu, beruntunglah orang yang selalu membiasakan menyisihkan sebagian gajiannya untuk ditabung guna untuk keperluan yang tidak terduga seperti pandemic saat ini.

Maka mulai saat ini bijaklah dalam mengelola keuangan anda, jadikan situasi pandemi covid 19 ini menjadi pelajaran buat kita semua. Agar kedepannya kita lebih pandai memanajemen keuangan kita saat ini. Bukan saatnya lagi kita memprioritaskan keinginan yang sebenarnya bukan sebuah kebutuhan kita.

Penulis : Nina Shabrina, S.E.I., M.M Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Sumber : visione.co.id