OPINI OPINI 2020

Jurus Jitu Lulus Interview

Bagi sebagian orang yang masih fresh graduate kesempatan untuk interview adalah kesempatan yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan.

Mengapa menyenangkan karena interview merupakan gerbang menuju dunia kerja, jika anda lulus interview maka anda akan mendapatkan kesempatan bekerja di perusahan tersebut.

Mendapatkan pekerjaan adalah hal yang diimpikan oleh setiap orang yang sudah memasuki usia produktif atau sudah menyelesaikan pendidikannya, karena dengan bekerja seseorang akan mempunyai penghasilan sendiri, mempunyai kemampuan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, menafkahi keluarganya, status sosialnya meningkat, mendapat penghargaan dan hormat dari orang-orang sekitarnya.

Mengapa menegangkan karena pada saat melakukan interview anda akan diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan oleh HR yang melakukan interview sebagai upaya menggali informasi dari dalam diri anda apakah anda adalah orang yang tepat yang dibutuhkan oleh perusahaan karena anda memiliki kompetensi yang sesuai.

Salah satu prinsip HR (Human Resource) dalam melakukan interview adalah “the right man on the right place at the right time” yang artinya HR yang melakukan interview harus dapat menemukan orang yang tepat di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Bagi anda yang pertama kali melakukan interview, pertanyaan yang mudah saja akan terasa sulit untuk dijawab karena anda berada dalam situasi yang menegangkan, bukan karena anda tidak tahu jawaban dari apa-apa yang dipertanyakan melaikan semua yang diketahui, semua yang dipahami, semua yang ada di dalam pikiran sulit sekali untuk disampaikan karena perasaan menegangkan tersebut.

Jurus yang Dilihat HR ketika Interview

Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya akan berbagi “Jurus Jitu Lulus Interview” namun sebelum anda diberikan jurus-jurus jitu anda harus mengetahui sebenarnya apa sih yang dilihat oleh HR ketika melakukan interview ? sampai akhirnya HR memutuskan menerima atau tidak menerima anda, yang dilihat oleh HR ketika melakukan interview dari seorang anda adalah kompetensinya.

Apa itu kompetensi ? kompetensi adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya,

Kemampuan atau kecakapan yang dimaksud terdiri dari 3 unsur yang biasa disebut KSA (Knowladge, Skill, Attitude) unsur ini dibagi menjadi 2 yaitu kompetensi utama dan kompetensi pembeda, yang dimaksud dengan kompetensi utama adalah Knowladge & Skill bobotnya 20%, kemudian kompetensi pembeda adalah Attitude bobotnya 80%. Kompetensi juga diibaratkan seperti fenomena iceberg (gunung es).

 

 

Jika kita lihat gunung es tersebut di atas, maka gunung es di bawah permukaan laut nampak lebih besar dari pada gunung es yang nampak di atas permukaan es. Hal ini dapat diumpamakan bahwa ada yang nampak di permukaan yang biasa disebut dengan kompetensi utama terdiri dari unsur Knowladge & Skill, unsur ini adalah yang paling Nampak, bisa dilihat dan dirasakan secara langsung ketika melakukan interview.

Namun juga ada yang tidak nampak di permukaan yaitu kompetensi pembeda terdiri dari Attitude, mengapa dikatakan kompetensi pembeda karena kompetensi inilah yang membedakan antara peserta interview satu dengan peserta interview lainnya, kompetensi ini berasal dari dalam diri manusia diantaranya adalah gaya berfikir (thinking style), sifat prilaku  (behavioral traits), minat terhadap pekerjaan (occupational interests), & kesesuaian dengan pekerjaan (job fit).

Setelah anda mengetahui apa sih yang dilihat oleh HR ketika melakukan interview dari diri seorang anda ?, maka inilah “Jurus Jitu Lulus Interview” yang ingin saya bagikan :

Jurus yang pertama adalah “Melakukan Persiapan Interview”

Persiapan interview yang dimaksud adalah sebelum anda mendatangi undangan interview baiknya anda melakukan beberapa persiapan interview, seperti berikut :

Cari Tahu Tentang Perusahaan

Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang akan menginterview anda dan informasi terkait posisi yang anda lamar, seperti tugas dan tanggung jawabnya, sehingga anda mempunyai gambaran baik tentang perusahaan maupun tentang posisi yang anda lamar.

Latihan Interview

Membuat list pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh HR perusahaan ketika interview, cobalah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas, tegas dan lugas, perhatikan intonasi suara anda ketika anda menjawab perhatikan juga waktu menjawab jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lama, pastikan ketika anda menjawab pertanyaan anda selalu menjaga eye contact dan gerak tubuh yang meyakinkan.

Latihan interview hal ini wajib dilakukan baik bagi anda yang fresh graduate maupun bagi yang sudah mempunyai pengalaman interview, latihan interview dapat dilakukan secara mandiri dengan cara anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut didepan cermin atau bahkan anda juga bisa berlatih didepan video supaya anda bisa menonton ulang bagaimana ekspresi, suara dan kualitas jawaban anda, lakukan terus latihan sampai anda benar-benar merasakan yakin dan percaya diri.

Siapkan Keperluan Esok Hari

Persiapkan peralatan/perlengkapan yang dibutuhkan seperti baju, celana, sepatu, tas, alat tulis dan CV yang akan anda gunakan/bawa untuk interview, pastikan semua dalam keadaan baik dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Bangunlah lebih awal, setting alarm atau minta bantuan pada keluarga untuk membangunkan anda agar anda bisa bangun lebih awal untuk interview.

Jurus yang kedua “Berdoalah Kepada Tuhan”

Anda harus ingat bahwa manusia hanya bisa merencanakan, yang menentuka hasilnya adalah Tuhan yang maka kuasa, sebaik dan sesempurna apapun perencanaan dan persiapan yang sudah dibuat, anda tetap harus melibatkan Tuhan yang maha kuasa, oleh karena itu berdoalah kepada Tuhan dengan sungguh-sunggu sampaikan semua maksud dan hajat yang anda inginkan.

Bagi yang beragam muslim hendaknya bangun di sepertiga malam untuk melakukan salat tahajud, bermunajat dan berserah dirilah pada Tuhan yang maha kuasa agar dimudahkan interviewnya.

Bagi yang beragama lain berdoalah sesuai dengan doa, ritual dan keyakinannya masing-masing.

Jika anda sudah melibatkan Tunhan yang maha kuasa apapun hasilnya anda termasuk orang-orang yang beruntung.

Jurus yang ketiga “Mintalah Dukungan Keluarga”

Bagi anda yang masih memiliki orang tua, sebelum anda berangkat untuk melakukan interview baiknya anda meminta dukungan dari orang tua anda, budaya orang timur biasanya cium tangan orang tuanya, tetapi kali ini lakukan itu dengan sungguh-sungguh, cium tangan orang tua anda sembari meminta maaf jika anda telah banyak berbuat salah pada orang tua dan meminta didoakan agar dilancarkan interviewnya.

Jika anda adalah perantau, orang tua jauh di kampung, tidak bisa mencium tangan orang tua, maka usahakan anda meneleponnya, berkomunikasilah dengan orang tua melalui telepon, meminta maaf dan meminta doanya.

Jika saat ini orang tua anda sudah tidak ada, maka doakanlah mereka, mohon ampunan dari Tuhan yang maha kuasa untuk orang tua anda maka Tuhanlah yang akan langsung memberikan dukungannya untuk anda.

Bagi anda yang sudah berkeluarga mintalah doa dari istri/suami anda agar dilancarkan interviewnya.

Jurus yang ke empat “Yakin”

Keyakinan dalam diri anda akan menghadirkan rasa percaya diri, rasa pecaya diri akan memudahkan setiap proses yang anda lalui dalam interview, proses yang biasanya terjadi ketika interview adalah:

Mengisi soal-soal tes, isilah soal-soal tes dengan hati yang tenang, karena hati yang tenang akan meningkatkan fokus anda dalam mengerjakan soal tes tersebut.

Masuk ke dalam ruangan interview, ketika anda diminta masuk kedalam rungan interview pastikan tangan kiri anda yang memegang tas, jika anda membawa tas, karena tangan kanan harus anda gunakan untuk menjabat tangan HR yang akan menginterview.

Berikan senyuman termanis yang anda miliki dari lubuk hati yang paling dalam untuk menunjukan kesan ramah dan pribadi yang baik.

Duduklah ketika anda sudah dipersilahkan untuk duduk, dan meminta ijin untuk duduk jika anda belum dipersilahkan duduk.

Perkenalkanlah diri anda dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan yang sebenarnya, sampai HR yang melakukan interview mendapatkan informasi yang cukup tentang anda dan tertarik.

Jawablah pertanyaan dengan tepat, jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu lambat, jawab pertanyan dengan jawaban yang anda ketahui, jangan mencoba untuk sok tahu, katakan bisa jika bisa dan katakana tidak bisa jika anda tidak bisa.

Berikan jawaban bijaksana, ketika anda ditanya “Berapa gaji yang anda harapkan ? jawaban bijaksana yang dimaksud adalah “saya berharap mendapatkan gaji sesuai dengan kebijakan perusahaan”.

Bertanyalah jika ada hal-hal yang kurang anda pahami.

Demikianlah “Jurus Jitu Lulus Interview” yang bisa saya bagikan dalam kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda untuk lulus interview di perusahaan yang anda impikan.

Oleh: Muhamad Abid, S.E., M.M. Ia adalah dosen Program Studi Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang yang juga sebagai Praktisi HR.

Sumber: duniadosen.com