LPPM UNPAM Gelar Workshop Webinar dengan Tema “Starategi Penulisan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Ristek/Brin”

Pamulang, 9 Mei 2020 Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi. Pendanaan kegiatan pengabdian dapat diperoleh dari beberapa sumber pendanaan baik dari internal maupun eksternal, pendanaan dari eksternal bisa diperoleh dari Ristek/Brin maupun dari perusahaa-perusahan negeri maupun swsta. Dalam rangka meningkatkan kinerja pengabdian kepada masyarakat, hari ini Sabtu, 09 Mei 2020 melalui seminar Webianar, LPPM Unpamselenggarakan “Workshop Strategi Penulisan Proposal Pengabdian Hibah DRPM Kemenristek/Brin dan hibah eksternal”

Dalam acara ini diawali dengan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan, sambutan pertama diawali oleh Ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M, Dilanjutkan sambutan dan arahan ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr. H.C. Drs. H. Darsono, dilanjutkan  sambutan oleh Rektor Dr. H. Dayat Hidayat, M.M sekaligus pembukaan. Kegiatan diikuti lebih dari 500 peserta dari para dosen Universitas Pamulang, STMIK ERESA, STIKES WDH, STIKES MASDA dan beberapa dosen dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya Dr. Ali Maddinsyah, selaku Selaku ketua LPPM Universitas Pamulang (Unpam) mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi LPPM Unpam yang berhasil meningkatkan jumlah proposal penelitian yang didanai oleh ristekdikti tahun ini, namun di sisi lain proposal pengabdian kepada masyarakat belum ada yang lolos dibiayai oleh ristek. LPPM Unpampada kinerja pengabdian kepada masyarakat pada tahun ini berhasil naik ke peringkat menjadi memuaskan dari yang sebelumnya tidak memuaskan, Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh LPPM dalam rangka memberikan motivasi dosen Unpam untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat hibah DRPM”. Dengan diselenggarakannya workshop pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan ke depan  banyak dosen yang mengajukan proposal dan lolos,” ujarnya.

Dalam sambutannya Dr. HC. Drs. H. Darsono selaku ketua Yayasan Sasmita Jaya menyampaikan bahwa “saat ini kita semua  sedang menghadapi musibah nasional yaitu mewabahnya Virus Corona 19 namun kita masih tetap bisa menyelengarakan kegiatan akademik yaitu workshop pengabdian walaupun melalui daring, beliau sampaikan juga bahwa untuk meningkatkan kinerja lembaga agar bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainya dan juga bisa mengikuti ketentuan-ketentuan pemerintah Yayasan Sasmita Jaya sangat mendukung penuh  kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh jajaran rektorat. Biaya kuliah di kita memang sangat murah karena memang visi kita adalah memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa kuliah di perguruan tinggi, namun kita tetap mengedapankan kualitas, karena jika tidak berkualitas tentu masyarakat akan tidak mau kuliah ke Unpam walaupun biaya murah, ungkapnya.   

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Dr. H. Dayat Hidayat selaku rektor Unpam, dalam sambutanya beliau menyampaikan “bahwa berjalannya kegiatan pengabdian masyarakat ini nantinya  dapat memberi dampak yang berguna dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar yaitu untuk menyelesaikan masalah yang ada, memberikan ide dan bagaimana hasil-hasil riset diperguruan tinggi dapat dimplementasikan kepada masyarakat. Unpam adalah perguruan tinggi tergolong baru yang masih harus banyak belajar dari perguruan tinggi yang sudah senior, terutama dalam pemenangan hibah pengabdian dari ristek, maka ketika kita mau belajar beliau optimis kita pasti bisa,  karena dosen-dosen kita banyak dan masih semangat-semangat. Dalam kesempatan ini beliau juga mengucapkan terimakasih kepada para narasumber yang telah berkenan hadir memenuhi undangan Unpam, dan berharap agar para narasumber menyampaiakan ilmunya dan trik-triknya dalam menyusun proposal pengabdian”.

Jalanannya acara ini dipandu oleh MC Silviana Simbolon, M.Sc dan moderator Listya Sugiyarti, S.E, M.M, Pada Workshop kali ini menghadirkan narasumber-narasuber yang kompeten pada bidang pengabdian kepada masyarakat diantaranya adalah:

 

  1. Narasumber pertama Dr. Dra. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si (Reviewer Nasional Ristekdikti) pemberikan strategis proses kegiatan-kegiatan PkM, dapat berkolaborasi beberapa bidang ilmu dengan perguruan tinggi lain. Beberapa contoh hasil riset di implementasikan kepada masyarakat, berbagai skema. Diakhiri dengan tanya jawab.
  2. Pemateri kedua disampaikan oleh narasumber Ersa Tri Wahyuni, SE, M.Acc, Ph.D, CA, CPMA, CPSAK. (Manager Riset, PkM, Inovasi, FEB UNPAD)  dalam paparannya bagaimana mendapatan projek, menekankan pada strategi menyajikan proposal yang terbaik untuk memdapatakan pmbiayan dari ekternal.

Penutup dari ketua LPPM menyampaikan “bahwa setelah diadakan kegiatan workshop ini diharapakan dosen-dosen langsung membentuk tim dan berkaloborasi dengan dosen-dosen dari berbagai multidisiplin untuk menyusun proposal pengabdian, dan setelah proposal terbentuk segera dilakukan klinik proposal pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Ristek/Brin”. Paparnya. (AM-SGT)

Foto Kegiatan:


Video Workshop dapat diakses pada link youtube berikut: https://youtu.be/NhAZaGZ5Gh4

4 thoughts on “LPPM UNPAM Gelar Workshop Webinar dengan Tema “Starategi Penulisan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Ristek/Brin”

  • May 12, 2020 at 4:06 AM
    Permalink

    Mohon maaf, terkait sertifikat acara ini, apakah akan dikirim melalui email?

    Reply
    • May 13, 2020 at 2:47 PM
      Permalink

      Sertifikat akan di publish di web ini bu.

      Reply
      • May 14, 2020 at 9:45 AM
        Permalink

        tapi belum ada kan ya Min?

        Reply
        • May 14, 2020 at 11:10 PM
          Permalink

          Iya belum bu

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *