KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa dalam Pandemi Covid-19

Brosur Undangan Workshop

Kamis, 7 Mei 2020 Dosen Prodi S1 Akuntansi melakukan sosialisasi secara online untuk melaksanakan kewajiban sebagai dosen.

Generasi millenial sangat erat kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0 atau Revolusi Industri Generasi ke empat. Dimana revolusi ini menitikberatkan pola digitalisasi dan otomasi disemua aspek kehidupan manusia. Banyak pihak yang belum menyadari akan adanya perubahan tersebut terutama di kalangan pendidik, padahal semua itu adalah tantangan generasi muda atau generasi millenial saat ini.

Sebagai seorang pendidik kita harus memiliki tanggung jawab untuk membawa mereka bertahan dengan kehidupan yang akan datang dan mempersiapkan peserta didik kita dengan skill masa depan (future skill), dimana Revolusi Industri 4.0 muncul dengan menekankan pembaharuan serba teknologi di antaranya lewat pola digital economy (digitalisasi ekonomi), artificial intelligence (kecerdasan buatan), big data (data dalam skala besar), robotic (pemakaian robot sebagai tenaga kerja).

SMK Yadika 5 banyak terdapat kaum millinneal yang sangat aktif menggunakan internet. Hal itu sangat mudah untuk siswa SMK Yadika 5 mempelajari perpajakan di revolusi industry 4.0. sebagai pendidik para guru di harapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan lebih tentang perkembangan perpajakan. Hal tersebut akan memudahkan siswa SMK Yadika untuk bersaing dalam dunia pekerja. Dengan membekali ilmu pengetahuan yang cukup diharapkan siswa dapat bersaing dengan dunia luar.

 

 

Kegiatan ini diketuai oleh Bapak Agus Afandi  S.E.,M.Ak., Ibu Neneng Hasanah S.E.,M.Ak sebagai nara sumber, Ibu Dian Widiati,S.E.,MAk., sebagai operator dan dokumentasi selama acara berlangsung , Ibu Fitriyah,S.E.,M.Ak., sebagai fasilitator, dan Bapak Andry Sugeng S.E.M.Ak., sebagai fasilitator.

Sasaran kegiatan ini adalah Siswa/Siswi SMK Yadika 5, Pondok Aren, Tangerang Selatan yang sudah mempelajari perpajakan di kelas mereka, sehingga kegiatan ini adalah pengembangan dari pembelajaran mereka yang sudah mereka dapati di dalam kelas. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan Google Meet, yang dihadiri oleh 10 orang siswa. Dalam masa pandemi ini tentu kita tidak dapat bertatap muka secara langsung, tapi tidak memadamkan api semangat kita sebagai dosen melaksanakan kegiatan tersebut meskipun dilakukan secara online. Ibu Sunarmi S.Pd., MM selaku Wali kelas dan Ketua Program Akuntansi di sekolah Yadika 5, Pondok Aren, Tangsel, sangat antusias terhadap kegiatan ini, karena kegiatan ini dapat membantu siswa kelas XII untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Ibu Sunarmi berharap kedepannya akan diadakan lagi kegiatan seperti ini secara tatap muka langsung, agar siswa kelas XII lebih semangat dan dapat menambah ilmu pengetahuan mereka kelak dalam dunia kerja.