KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pengenalan Dan Pengembangan Kompetensi Karyawan Agar Mencapai Sasaran Organisasi Di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan

TUGAS seorang dosen atau pendidik begitu mulia, dosen bisa kita sebut dengan mahaguru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca. Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan,mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti : Mengajar, Meneliti dan Mengabdi kepada masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. Menurut jadwal yang Sebenarnya kegiatan PKM tersebut seharusnya sesuai acuan proposal dilaksanakan pada tanggal 20- 22 April 2020. Oleh karena bulan April tersebut diberlakukan (Pembatasan Sosial Berskala Besar) PSBB yang sesuai Pergub No : 3 Tahun 2020, maka aktivitas dan kegiatan yang melebihi lima orang ditiadakan acara apapun yang mengundang massa untuk berkumpul.

Namun setelah adanya masa Transis PSBB bulan Juni maka dari pada itu, kami selaku tim PKM kemudian melakukan negosiasi kembali dengan Bapak M. Yasin selaku Lurah Kelurahan Rempoa,  sehingga pada akhirnya diizinkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka Pada Hari Kamis, 25 Juni 2020, pukul 10’00 wib, tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM pada Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Jublina Oktora, S.E., M.M. beserta anggotanya Bapak Syawaludin, S.E., M.M., Bapak Ir. Muhammad Arief, M.M. Bapak Muhammad Gandung, S.E., M.M. dan Bapak Drs. Gatut D Purwoko, M.M. PKM ini mengangkat sebuah tema “Pengabdian Kepada Masyarakat “Pengenalan dan Pengembangan Kompetensi Karyawan Agar Mencapai Sasaran Organisasi Di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan”.

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang disambut baik oleh Bapak Drs. Syahroni selaku Sekretraris Lurah Kelurahan Rempoa, dan beberapa staf kelurahan lainnya. Beliau berharap jika keadaan sudah kembali normal maka PKM harus dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, namun jika keadaan belum normal beliau tetap berharap kedepan kegiatan ini tetap dilaksanakan di Kelurahan Rempoa meskipun dengan menggunakan via Zoom, tentunya dengan harapan dapat memberikan ilmu baru bagi para pegawai Kantor Kelurahan Rempoa agar menjadi lebih baik lagi.

 

Foto saat Penyerahan Plakat dengan Bapak Drs.Syahroni Selaku Sekretaris Lurah, Kelurahan Rempoa Bersama Ibu Jublina Oktora Selaku Ketua PKM

 

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan tentang pelatihan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia harus dilakukan oleh setiap organisasi karena memiliki tujuan yang dapat menguntungkan organisasi ke depannya, dan dapat mengidentifikasi apa yang diinginkan suatu organisasi agar para karyawan Kelurahan mengerti apa yang harus diketahui dan dilakukan. Selanjutnya memperbaiki kekurangan keterampilan setiap karyawan dan menguji apakah pelatihan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (Karyawan Kelurahan) sudah efektif dalam mencapai sasaran-sasaran organisasi di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat.

Kota Tangerang Selatan. Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat timur terbentuk berdasarkan peraturan bupati Kabupaten Tangerang No.05 Tanggal 19 September 2005 tentang perubahan 77 desa menjadi kelurahan. Kemudian berdasarkan UU No.51 Tahun 2008 Tanggal 26 November 2008 tentang pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Kantor Kelurahan Rempoa Luas wilayahnya 219.50 Ha yang terdiri dari 73 RT, 12 RW, 4 Dusun.

 

Foto Bersama Anggota Tim PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang dan Staf Kantor Kelurahan Rempoa.

 

Batas Wilayah: Utara Kelurahan Bintaro (DKI JakartaTimur: Kelurahan Cirendeu Selatan: Kelurahan CempakaPutih; Barat: Kelurahan   Rengas. Berikut dijelaskan 10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong. Pangan. Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. Dengan melihat 10 program diatas, kami TIM PKM dari Prodi Manajemen Unpam mengambil peran Pada Pengenalan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia agar mencapai sasaran organisasi yang efektif dan efisien, Sehingga manfaat dari pelatihan dan pengembangan kompetensi yang dilakukan kepada organisasi Kelurahan Rempoa bisa dirasakan manfaatnya untuk kemajuan dan potensi yang ada saat ini. Karena semua potensi yang ada di organisasi  kelurahan semaksimal mungkin harus dikembangkan agar mampu menghidupkan ekonomi desa/kelurahan kearah yang lebih baik lagi.

 

Foto Bersama Anggota Tim PKM di Kantor Kelurahan Rempoa

 

Segenap Tim PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang sangat berharap apa yang telah kami perbuat baik perjuangan, ilmu, pengetahuan dan wawasan yang didapat  pada Pengabdian Masyarakat kali ini mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan  materi dan motivasi serta mampu berkontribusi bagi generasi muda, khususnya para mahasiswa/i agar yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kalangan dosen serta masyarakat pada umumnya.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: 
*SYAWALUDIN, S.E., M.M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)