LPPM Universitas Pamulang Selenggarakan Workshop Trik dan Strategi Penulisan Proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (Desentralisasi)

Dimasa Pandemi Covid-19 ini, LPPM Universitas Pamulang kembali selenggarakan Workshop Penelitian. Pada kesempatakan kali ini, tema workshop adalah tentang “Trik dan Strategi Penulisan Proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (Desentralisasi)”. Acara workshop diselenggarakan pada hari Rabu, 22 April 2020 mulai pukul 09.00 – 15.35 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings dengan dan dihadiri oleh 332 peserta. Turut bergabung dalam kegiatan ini Koordinator LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Uman Suherman, Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup Dr. (Hc). Darsono, Rektor Universtas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M serta Para Warek dan para pimpinan lainnya.

Adapun acara dalam kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, pembacaan doa oleh Ustad Imam Sofi’i, sambutan Ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M, sambutan dan arahan Koordinator LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Uman Suherman, sambutan dan arahan ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr. H.C. Drs. H. Darsono, sambutan dan arahan rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat, M.M sekaligus membuka cara, Workshop I tentang Strategi penulisan proposal Hibah Ristek/BRIN Skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, oleh Dr. Sri Fadilah, S.E., M.Si., Ak.CA (Reviewer Nasional Ristekdikti dan Reviwer LPDP), Break (ISOMA), Workshop II tentang Trik dan strategi penulisan proposal Hibah Ristek/BRIN Skema INSINAS, PPTI  oleh  Kiswanta, S.Si., M.Si (Reseacher BATAN), Workshop III tentang Trik dan Strategi penulisan proposal Hibah Ristek/BRIN Skema INSINAS oleh  Joni Prasetyo, M.T., Ph.D (Reseacher BPPT) dan Penutup.

Dr. Ali Maddinsyah, Selaku Ketua LPPM Universitas Memberikan Sambutan

Pada kesempatan ini, ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Sasmita Jaya Grup dan segenap civitas Unpam yang banyak mendukung atas meningkatnya peringkat kluster penelitian.

“Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Sasmita Jaya yang mendukung dan mensupport kegiatan ini. Juga kepada Rektor dan jajarannya yang selalu memberikan arahan, dan juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya  kepada bapak/Ibu dosen yang memberikan kontribusi terhadap lembaga, hal ini sangat berarti bagi  lembaga yang kita cintai ini, tanpa kontribusi dan kerjasama dari para dosen kami tidak mungkin dapat mewujudkan visi yang telah kita tetapkan.  Unpam saat ini sudah di klaster utama dan sudah setara dengan Perguruan Tinggi  Swasta favorit lainya dan pada klaster ini kita diberikan kesempatan oleh Ristek untuk bisa menyerap dana 7 hingga 15 milyar. Beliau berharap penyerapan dana hibah penelitian tahun ini harus naik  dari tahun sebelumnya.  Mulai saat ini, PDP sudah tidak bisa lagi kita gunakan.  Oleh karena itu, bagi dosen dengan kualifikasi S3, ,memiliki JAD Lektor Kepala dan Lektor, nanti akan kita adakan coaching clinik. Kita harus lebih semangat lagi dalam menghadapi klaster utama ini, karena kita bersaing dengan Perguruan Tinggi yang sudah senior. Bakhan, kita punya cita-cita bisa meningkatkan naik klister penelitian menjadi  mandiri.” Paparnya.

Prof. Umam Suherman, Selaku Koordinator LLDIKTI Wilayah 4 Memberikan Sambutan

Acara Workshop ini juga dihadiri oleh Bapak Ketua LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Sasmita Jaya yang selalu mendukung kegiatan – kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas Unpam khususnya dalam bidang penelitian dosen. Dalam penyampaiannya, beliau berharap  meskipun skema PDP bagi Unpam telah dihapuskan namun para dosen khususnya yang telah S3 dan memiliki JAD Lektor tetap semangat dalam meningkatkan mutu dan spesifik dalam bidang penelitiannya. Sehingga semakin tinggi JAD dosen akan semakin memiliki klasifikasi yang jelas. Diharapkan Unpam mampu menyerap dana penelitian lebih besar ditahun – tahun kedepannya sehingga mampu naik menjadi klaster mandiri. Beliau menyampaikan harapan besar agar kedepannya kita tidak lengah dan puas dengan kata “Katagori Utama“ yang telah dicapai sehingga prestasi ini tidak hanya bertahan atau bahkan turun namun semakin meningkat kedepannya.  Beliau ingin dosen Unpam harus bisa dan mampu melaksanakan berbagai penelitian kolaborasi baik nasional hingga internasional, sehingga menghasilkan penelitian yang kuat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dr. (HC) Drs. H. Darsono, Selaku Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup Memberikan Sambutan

Ucapan terima kasih kepada ketua LLDIKTI IV dan LPPM Unpam disampaikan oleh ketua Yayasan Samita Jaya, Dr. H.C. Drs. H. Darsono pada sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa mimpi kita membawa Unpam ke peringkat 40 Nasional adalah mimpi yang besar dan berat. Niat yang ditujukan kepada masyarakat harus mampu mendorong kita untuk tetap  berkarya dan menulis sebagai kontribusi kita terhadap bangsa dan Negara. Beliau berharap semoga kita bisa masuk ke dalam klaster mandiri. Ada atau tidaknya dana hibah dikti, harus tetap semangat dalam melaksanakan penelitian yang berguna bagi masyarakat nantinya.

Dr. H. Dayat Hidayat, M.M, Selaku Rektor Universtas Pamulang  Memberikan Sambutan

Acara seminar online ini dibuka langsung oleh Rektor Unpam, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M . Beliau mengingatkan bahwa semakin besar cakupan dana penelitian yang disediakan untuk kita, maka harus semakin optimal dalam memanfaatkan kesempatan tersebut. Melalui seminar ini diharapkan menambah wawasan terkait tips dan trik dalam mendapatkan dana penelitian sehingga mampu menunjang kualitas profesi dan lembaga kita.

Acara ini diisi oleh 3 orang narasumber yang berpengalam dalam meraih berbagai hibah penelitian. Narasumber pertama adalah Ibu  Dr. Sri Fadilah, S.E., M.Si., Ak.CA yang merupakan Reviewer Nasional Ristekdikti dan Reviwer LPDP. Narasumber kedua adalah  Bapak Kiswanta, S.T., M.T (Reseacher BATAN)  yang mampu meraih dana hibah hingga 700 dan 200 juta pada tahun 2018 dan 2019. Serta Narasumber Ketiga oleh Bapak  Joni Prasetyo, M.T., Ph.D (Reseacher BPPT) peraih hibah Insinas.

Dr. Sri Fadilah, S.E., M.Si., Ak.CA Sebagai Narasumber Pertama pada Acara ini

 

Dr. Sri Fadilah, S.E., M.Si., Ak.CA saat sedang memaparkan materi “Strategi Penyusunan Proposal Penelitian dan PKM Kemenristekdikti”

 

Kiswanta, S.T., M.T (Reseacher BATAN) Sebagai Narasumber kedua pada Acara Ini

 

Kiswanta, S.T., M.T Saat Memberikan Materi “Kiat & Strategi Penulisan Proposal Penelitian  Agar Lolos Hibah Ristek/BRIN

 

Joni Prasetyo, M.T., Ph.D (Reseacher BPPT), Sebagai Narasumber Ketiga pada Acara Ini

 

Joni Prasetyo, M.T., Ph.D saat Memberikan Materi “Kiat dan Strategi Penulisan Proposal Penelitian Agar Lolos Hibah Ristek / BRIN

 

Adapun rangkuman tips dan trik dari ketiga narasumber yang harus menjadi perhatian dosen dalam menulis proposal penelitian hibah Ristek/BRIN ini adalah sebagai berikut :

  1. Setiap dosen wajib up to date dengan segala deadline pada siklus pengajuan proposal
  2. Harus memahami bahwa bidang fokus, tema dan topik harus sejalur dan sesuai dengan Ristek/BRIN, Renstra dan Penelitian kampus.
  3. Harus mengetahui tema tiap penelitian Desentralisasi (PDUPT, PTUPT, PPUPT) PPTI, Insinas, CPPBT dan lainnya.
  4. Memetakan terlebih dahalu topik– topik yang memungkinkan untuk diloloskan hibah
  5. Pilih topik prioritas yang sesuai dan pastikan luaran yang akan dicapai secara tegas dan jelas.
  6. Harus mampu melihat peluang topik yang tidak memiliki banyak competitor.
  7. Luaran Wajib usahakan lebih dari 2.
  8. Tidak boleh sampai salah masuk tahap TKT.
  9. Pada penulisan ringkasan tidak mengulang latar belakang.
  10. Menggunakan referensi 5 tahun terakhir.
  11. Harus mampu memisahkan metode penelitian dan teknik penelitian
  12. Metode Penelitian harus jelas karena akan dikaitkan dengan RAB dan Job Deks tim penelitian
  13. Roadmap berisikan penelitian yang telah dan akan kita lakukan nantinya.
  14. Tugas tim penelitian tidak boleh sama
  15. Tidak boleh salah dalam menggunakan SBM dan SBK pada RAB penelitian.
  16. Susun anggaran secara wajar dan rasional serta perhatikan anjuran dan larangan.
  17. Harus mampu meng-upgrade CV
  18. Membangun Networking seluas mungkin
  19. Setelah mendapatkan dana harus mampu melaksanakan penelitian sebaik mungkin agar dapat membut track record yang baik di tahun – tahun kedepannya.

Peserta seminar sangat antusias dalam mengikuti acara workshop online  yang diselenggarakan oleh LPPM, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi panjang yang terjadi dari para peserta dan narasumber terkait. Tepat pukul 15.30 Acara workshop berakhir dan ditutup oleh ketua LPPM Universitas PAMULANG. (SS-AM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *