Kegiatan Kemanusiaan PKM Penyemprotan Cairan Desinfektan di Yayasan Yatim Piatu Hidayatullah, Pondok Petir, Bojongsari, Depok

Penambahan jumlah kasus COVID-19 berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran ke luar wilayah Wuhan dan negara lain salah satunya adalah di Indonesia. Sampai dengan 10 april 2020, secara global dilaporkan jumlahnya telah mencapai 3.512 kasus. Data tersebut terhitung sejak 9 April 2020 pukul 12.00 WIB hingga 10 April 2020 pukul 12.00 WIB. Ada 26 yang meninggal, sehingga total 306 kasus, sedangkan pasien sembuh yaitu sebanyak 30 kasus. Sehingga, total pasien positif virus corona yang telah berhasil sembuh yaitu 282 kasus. Total penyebaran virus corona tersebut terdapat di 34 provinsi. DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penyumbang terbanyak kasus virus corona yaitu 1.753 kasus. Lalu peringkat kedua diduduki oleh Jawa Barat dengan 388 kasus, dan dilanjutkan oleh Jawa Timur 256 kasus.

Salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk meminimalkan penularannya adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan. Salah satu tempat yang menjadi perhatian kami adalah Masjid Hanifah Hidayatullah di daerah Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok karena di yayasan ini banyak terdapat santri dan santriwati yatim piatu sehingga kemungkinan penularan virus COVID-19 bisa terjadi lebih cepat.   Yayasan Yatim Piatu Hidayatullah yang terdapat masjid Hanifah Hidayatullah didalamnya  mempunyai banyak anak asuh, baik laki-laki maupun perempuan yang masih bersekolah mulai dari SD/MI 14, SMP/MTS 26 hingga SMA/ALIYAH 17, ada juga yang sudah lulus SMA dan yang belum bersekolah. Anak-anak tersebut berasal dari wilayah Depok, Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bandung, Jakarta, Padang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16-18 April 2020 dan dipimpin oleh Budhi Indrawijaya, S.T, M.Si serta didukung oleh para dosen yang lain yaitu Ir. Suwoto, M.T, Agus Salim Afrozi, S.T, M.T, Dr. Ir. Ahmad Wibisana, M.T, dan Dicky Tri Jatmiko, S.T, M.T. Harapan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya yang bisa kami lakukan dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah tersebut serta memelihara tali silaturrahim antara kami dengan pihak yayasan.

Foto Kegiatan: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *