KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pengenalan Manajemen Pemasaran Berbasis Online Untuk Usaha Kecil Dan Mikro Di LPM Kelurahan Rempoa

Profesi dosen sebagai pendidik identik dengan kemampuan untuk mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas. Namun saat ini dosen diharuskan tidak hanya mampu mengajar di ruang kelas saja, tetapi harus mampu mengaplikasikan ilmunya tersebut dalam bentuk penelitian dan hasilnya harus di aplikasikan kepada masyarakat melalui bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM). Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, pasal 1 ayat 9 mengenai Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga kegiatan tersebut (pendidikan, penelitian, dan pengabdian) harus berkesinambungan terus-menerus tiap semester.

Untuk tahun ini semua tahu pandemi Covid-19 menyerang hampir ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, sehingga pertemuan yang mengakibatkan berkumpulnya banyak orang harus dibatasi, untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Salah satu kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu dengan mengeluarkan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam rangka percepatan penanganan virus corona pada 31 Maret 2020 lalu. Berdasarkan PP tersebut dijelaskan bahwa PSBB merupakan pembatasan kegiatan tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dikarenakan adanya PSBB, PKM yang berjudul “Pengenalan Manajemen Pemasaran Berbasis Online Untuk Usaha Kecil dan Mikro di LPM Kelurahan Rempoa” yang dijadwalkan semula tanggal 15 April 2020 – 17 April 2020 diundur menjadi tanggal 25 Juni 2020 setelah adanya edaran mengenai PSBB Transisi. PSBB kali ini adalah periode transisi dari masa pembatasan menuju kembalinya kegiatan sosial ekonomi yang memberi manfaat bagi masyarakat luas. Pada masa transisi ini, beberapa kegiatan sosial ekonomi mulai dibuka secara bertahap dengan batasan dan protokol kesehatan Covid-19. Dalam fase ini, diharapkan juga menjadi periode baru untuk pembiasaan terhadap pola hidup sehat dan aman sesuai protokol kesehatan.

 

Foto saat PKM sedang berlangsung di LPM Kelurahan Rempoa dengan mematuhi protokol kesehatan

 

PKM kali mengenai pemasaran online untuk Usaha Kecil dan Mikro (UKM) yang diketuai oleh saya sendiri Eko Sudarso, S.T., M.M. beserta anggota lainnya yaitu Heri Saputra, S.E., M.M., Asridah Warni Tanjung, S.S., M.M., Maghfiroh Yanuarti, S.Pd., M.Pd., Drs. Sulaiman, M.M. Dalam pelaksanaan PKM ini sambutan hangat dan baik diberikan oleh Drs. Syahroni selaku Sekretaris Lurah Kecamatan Rempoa, serta Pimpinan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Rempoa yaitu M. Yasin. Harapan kami dengan PKM ini dapat membuka wawasan para UKM mengenai pemasaran online yang akan meningkatkan penjualan mereka. Materi  yang kami berikan yaitu pembelajaran dan praktek dalam bidang digital marketing khususnya e-commerse dan media sosial yang baik sekaligus bahan kajian dan masukan bagi para pelaku UKM tersebut untuk dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membantu dan meningkatkan tingkat keilmuan yang akan sangat bermanfaat dalam kehidupan mereka pada masa yang akan datang.

 

Foto penyerahan plakat kepada Sekretaris Lurah Rempoa Drs. Syahroni bersama Ketua tim PKM, Eko Sudarso, S.T., M.M.

 

Di akhir PKM ini kami sangat berterimakasih kepada Drs. Syahroni beserta jajaran staf kelurahan Rempoa serta M. Yasin selaku pimpinan LPM Rempoa beserta jajaran pengurusnya atas kesempatan yang diberikan sehingga dapat terselenggara kegiatan ini dengan baik. Kami selaku tim PKM dosen Universitas Pamulang Program Studi Manajemen S1 semoga atas niat baik, tulus, dan ikhlas dalam memberikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran online akan sangat berguna bagi pelaku UKM dalam meningkatkan penjualan produk mereka.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: *Eko Sudarso, S.T., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)