KEGIATAN SEMINAR KEGIATAN WORKSHOP

LPPM Universitas Pamulang Selenggarakan Seminar dan Workshop Pendampingan Pelaksanaan dan Pelaporan Penelitian Hibah Ristek atau BRIN Tahun 2020

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan laporan kegiatan penelitian bagi dosen yang memperoleh  dana hibah penelitian dari Ristek/BRIN, LPPM Universitas Pamulang  selenggarakan Workshop online dengan tema “Workshop Pendampingan Pelaksanaan dan Pelaporan Penelitian Hibah Ristek/BRIN Tahun 2020”. Meskipun di tengah meluasnya wabah covid 19, LPPM tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para dosen. Acara ini pun mendapatkan respon positif dari para dosen Universitas Pamulang, khususnya dosen yang penelitiannya berhasil lolos hibah Ristekdikti.

Adapun acara workshop diselenggarakan pada hari Rabu, 15 April 2020 mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings dan diikuti oleh 360 peserta. Turut bergabung dalam kegiatan ini Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup Dr. (Hc). Darsono, Rektor Universtas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M serta Para Warek dan para jajaran struktural serta kepala LLDIKTI IV Wilayah Jawa Barat dan Banten.  Dalam acara ini diawali dengan pembacaan doa oleh Ustad Imam Sofi’i, sambutan pertama Ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M, dilanjutkan sambutan dan arahan ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr. H.C. Drs. H. Darsono.  sambutan oleh Rektor Dr. H. Dayat Hidayat, M.M sekaligus pembukaan, dan acara tersebut dipandu oleh bapak, Ibnu Sina, S.P, M.Sc selaku MC dan bapak Ariyawan Sunardi, M.T sebagai moderator.

Ibnu Sina, S.P, Msi selaku MC pada acara ini.

Pada kesempatan ini, ketua LPPM UNPAM, Dr. Ali Maddinsyah, MM, dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dari workshop ini adalah agar para dosen yang mendapat pendanaan dana penelitian dari ristek dapat melaporkan hasil penelitiannya dengan baik ke ristek/BRIN sehingga tidak ada temuan-temuan diakhir penelitian. Juga berterima kasih kepada bapak ketua Yayasan Sasmita Jaya atas semua support dan  pemberian insentif untuk para dosen yang telah menghasilkan karya ilmiah,  ini sangat memotivasi dosen dalam melaksanakan dan mengembangkan penelitian.

Beliau juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah dicapai oleh UNPAM dalam bidang penelitian. Salah satu prestasi tersebut yaitu keberhasilan UNPAM dalam memperoleh 103 judul penelitian dari hibah Ristek Dikti dan 2 judul Skema PPTI dari risbang dengan total dana Rp. 2.937.421.000 pada Tahun 2019. Pada tahun 2020, UNPAM memperoleh 188 judul penelitian hibah Ristek/BRIN dengan total dana  Rp. 3.793.000.00.  Pada tahun 2019 ini UNPAM dalam bidang penelitian masuk peringkat ke 143 secara nasional dengan klaster UTAMA. Peringkat Sinta Ristek/BRIN saat ini dalam 3 tahun terakhir  juga  mencapai posisi 113 secara nasional. Sedangkan pada bidang Pengabdian Masyarakat Unpat pada tahun 2019 masuk klaster Memuaskan.  

Disamping itu juga masih banyak kinerja UNPAM dalam bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang mengalami peningkatan. LPPM berharap dapat berkontribusi dan mendukung UNPAM dalam mencapai Visi di tahun 2024. Selain itu, LPPM juga terus berusaha mewujudkan target bidang penelitian UNPAM agar mampu masuk ke klaster mandiri.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup Dr. (HC) Drs. H. Darsono, turut hadir untuk memberikan Sambutan

Bapak Dr. (HC). H. Darsono selaku Ketua Yayasan Sasmita Jaya dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat kepada LPPM UNPAM dengan segala prestasi yang telah dicapai. Yayasan juga menjamin akan selalu memfasilitasi segala kebutuhan UNPAM untuk terus dapat melayani masyarakat. Hal ini sesuai dengan tujuan kehadiran UNPAM yaitu untuk memberikan layanan kepada semua lapisan masyarakat khususnya dalam mendapatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Ketua Yayasan juga berharap penelitian dosen nantinya dapat diimplementasikan di masyarakat.

Ibu Dr. Mustangimah Kepala selaku Sub Direktorat Peningkatan Kapasitas Riset DRPM Ristek/BRIN yang sekaligus sebagai narasumber dalam sambutanya mengatakan bahwa “Ristek memberikan apresiasi karena Unpam termasuk paling tinggi yang mendapatkan hibah Penelitian dan mengucapkan selamat atas Unpam telah masuk klaster Utama”.

Rektor Universtas Pamulang  Dr. H. Dayat Hidayat, M.M juga memberikan sambutan

Acara worksop ini dibuka oleh Bapak Dr. H. Dayat Hidayat, MM, Selaku Rektor UNPAM. Sebelum membuka acara, beliau berpesan agar dosen meyakini prestasi yang telah dicapai LPPM UNPAM saat ini merupakan kerjasama dari semua pihak. Beliau berharap agar dosen harus tetap semangat dalam usaha mencapai tujuan besar UNPAM. Selain itu, Beliau juga berharap agar dosen lebih meningkatkan publikasi internasional sehingga membawa UNPAM ke peringkat lebih tinggi secara nasional.

 

Ariyawan Sunardi, M.T, Selaku Moderator pada acara ini

 

Prof. Umam Suherman dari LLDIKTI 4 ikut menyapa dan memberikan beberapa nasihat kepada para Dosen Universitas Pamulang

Dalam sambutan Kepala LLTDIKTI IV, Bapak Prof. Uman suherman, M.Pd mengucapkan selamat kepada UNPAM karena berhasil mendapatkan hibah terbanyak pada tahun 2020 di LLDIKTI 4 wilayah Jawa Barat dan Baten. Beliau berharap masalah pandemi cepat berlalu sehingga para dosen dapat menjalakan penelitiannya tanpa ada hambatan. Jika kedepannya penelitian-penelitian tersebut tidak berjalan ideal dalam memperoleh data primer, Beliau berharap data sekunder tetap bisa dilaporkan. Meskipun demikian, beliau berharap agar target luaran dapat tercapai dan dapat dijadikan referensi untuk penelitan selanjutnya. Kepala LLDIKTI IV  juga menyampaikan bahwa di tengah pandemic Covid-19 ini, UNPAM harus mampu meng-upgrade dan memonitoring pelaksanaan kegiatan kampus khususnya proses belajar dan mengajar melalui daring. Kepala LLDIKTI IV juga berharap dosen mampu menunjukkan keseriusan dalam mengajar sehingga mampu memotivasi mahasiswa untuk tetap semangat belajar meskipun melalui daring di rumah masing – masing.

Pada workshop ini disi oleh dua narasumber yaitu  Dr. Ali Maddinsyah sebagai narasumber pertama dengan tema Teknis penyusunan pelaporan penelitian Hibah Ristek/BRIN serta laporan pertanggungjawaban SPTB penelitian. Narasumber kedua disampaikan oleh ibu Dr. Ir. Mustangimah, M.Si  sebagai Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset di Kementrian Ristek/BRIN. Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber kedua adalah “Pendampingan dan tata raca Pelaporan Pelaksanaan penelitian Hibah Ristek/BRIN”. (SS/AM)

Dr. Ali Maddinsyah, MM saat sedang memaparkan materi penyusunan laporan pertanggungjawaban SPTB Penelitian dan PKM

 

Dr. Mustangimah Kepala Sub Direktorat Peningkatan Kapasitas Riset DRPM Ristek/BRIN

“Ristek memberikan apresiasi kepada  Unpam  mendapatkan hibah ristek Dikti Penelitian. termasuk paling tinggi. Dan ucapam selamat atas Unpam telah masuk klaster Utama”