KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Perencanaan Waktu Dan Keuangan Pada Pkk Desa Di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan

Bahwasanya sebagai seorang dosen wajib untuk selalu melaksanakan kegiatan Tri Darma perguruan tinggi dalam kurun waktu satu semester, didalam kegiatan Tri Darma terdapat unsur penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat. Pada kali ini kami akan membahas tentang kegitan pegabdian masyarakat di PKK Kelurahan Rempoa, Tangerang Selatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini harus tetap berjalan ditengah pandemic virus Covid 19 dengan tetap menerapkan protokol kesahatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada  hari senin dan selasa tanggal 13 -14 April 2020 dengan peserta PKK kelurahan Rempoa. Kegiatan ini mewakili Prodi Manajemen Universitas Pamulang yang tentunya kami dari Tim PKM mengajukan ijin proposal ke Prodi Manajemen Universitas Pamulang untuk melakukan PKM di PKK Kelurahan Rempoa, Tangerang Selatan. Tim PKM ini tediri dari satu ketua dengan empat anggota. Tim ini diketuai oleh  Bapak Aria Aji Priyanto, S.E,M.M. dan beranggotakan  Ibu Derita Qurbani S.Psi, M.M. Bapak Dr.Ali Zaenal Abidin, S.T. Ibu Sinta Sulistiani S.E, M.M dan Bapak Hendri Prasetyo S.E,M.M. Tim ini mengambil tema Perencanaan Waktu dan Perencanaan Keuangan pada PKK Kelurahan Rempoa, Tangerang Selatan.

Persiapan PKM ini direncanakan dengan matang karena harus menyesuaikan kondisi yang baru dengan protokol kesahatan, kami disambut baik oleh Bapak Drs. Syahroni selaku Sekretraris Lurah Kelurahan Rempoa. Beliau menyampaikan sambutan kepada seluruh peserta dan Tim PKM, beliau berharap kegiatan ini selalu ada sebagai pelatihan untuk menambah kualitas diri dan penambah wawasan  PKK kelurahan rempoa.

 

Gambar 2: Foto Saat Tim PKM Melakukan Sesi Presentasi Materi di PKK Kelurahan Rempoa

 

Materi yang disampaikan berfokus pada perencanaan waktu dan perencanaan keuangan pada PKK kelurahan rempoa. Dalam materi disampaikan bahwa fungsi perencanaan dilakukan melalui tahapan-tahapan tertentu. Untuk menetapkan suatu rencana diperlukan waktu tertentu. Cepat atau lambat waktu yang diperlukan bergantung pada faktor-faktor   yang dalam proses perencanaan tersebut, baik dari dalam maupun dari luar diri para perencana. Walaupun waktu dalam perencanaan hanyalah digunakan sebagai batasan untuk mencapai tujuan organisasi, namun faktor waktu tersebut sangat berpengaruh dan penting untuk diperhatikan dalam membuat dan menetapkan suatu perencanaan. Besarnya pengaruh waktu dalam perencanaan terutama dapat dirasakan dalam hal Waktu sangat diperlukan untuk melaksanakan perencanaan efektif, Waktu sering dilakukan untuk melanjutkan setiap langkah perencanaan tanpa informasi lengkap tentang variabel-veriabel dan alternatif-alternatif, karena waktu diperlukan untuk mendapatkan data dan memperhitungkan semua kemungkinan. Jumlah atau rentang waktu yang akan dicakup dalam rencana harus dipertimbangkan.

 

Gambar 3: Foto Bersama Sekretaris Lurah Dan KaryawanDenganAnggota Tim PKM di Kantor Kelurahan Rempoa

 

Dalam hal  Perencanaan keuangan ditekankan materi yang disampaikan berfokus pada suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana. Tujuan-tujuan hidup yang ingin dicapai oleh seseorang tersebut antara lain dapat berupa : menikah, memiliki rumah sendiri, memiliki kendaraan pribadi, menunaikan ibadah haji, kesiapan biaya pendidikan anak, serta tersedianya dana pensiun di hari tua. perencanaan keuangan membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya. Manfaat dari perencanaan keuangan bisa dirasakan dengan adanya “arah dan arti” keputusan finansial seseorang. Melalui pengelolaan keuangan, seseorang bisa mengerti bagaimana setiap keputusan keuangan yang dibuat berdampak ke area lain dari keseluruhan situasi keuangan dirinya. Dengan melihat setiap keputusan finansial sebagai bagian dari suatu keseluruhan, seseorang dapat mempertimbangkan efek jangka pendek dan jangka panjang atas tujuan-tujuan hidupnya. Dia dapat lebih mudah beradaptasi atas perubahan hidup dan merasa lebih aman karena tujuan-tujuannya berada di jalur yang tepat.Perencanaan keuangan dapat dijadikan sebagai alat untuk bisa memenuhi kebutuhan- kebutuhan keuangan di masa kini dan masa depan.Dengan merencanakan keuangan dengan baik setidaknya kita dapat merencanakan kehidupan dan tujuan yang jelas dimasa depan. Bayangkan jika Anda tak membuat perencanaan keuangan, di tengah kepenatan kerja dan jadwal yang ketat, Anda bisa terjebak pada gaya pengeluaran yang sangat berlebihan.Anda bergantung pada kartu kredit untuk membiayai gaya hidup Anda bahkan hingga overlimit, lalu Anda harus membayar

 

Gambar 4: Persiapan Acara oleh Peserta dan TIM PKM di Ruang Aula Serba Guna Kelurahan Rempoa

 

Pada akhirnya bahwa TIM PKM sangat  berterimakasih bahwa sudah diberi kesempatan dan berbagi Ilmu tentang perencanaan waktu dan perencanaan keuangan, bahwasanya keinginan setiap orang adalah memiliki kebebasan waktu dan kebebasan keuangan. Setiap orang masih harus berjuang untuk mewujudkan itu. Semoga kami dari TIM PKM bisa memberi lagi materi –  materi yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan yang ada dimasyarakat.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: *Aria Aji Priyanto, .S.E.M.M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)