KEGIATAN SEMINAR KEGIATAN WORKSHOP

Seminar dan Workshop Online dengan Tema “Submit Paper on Open Journal System” Universitas Pamulang

Sabtu, 11 April 2019. Ditengah maraknya Pandemi Covid-19 ini, LPPM Univeristas Pamulang (UNPAM) menyelenggarakan menggelar Seminar dan Workshop online menggunakan aplikasi ZOOM dengan tema Submit Paper on Open Journal System (OJS)”. Kegiatan ini diikuti 100 peserta dosen UNPAM dan dibuka langsung oleh Ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM UNPAM mengatakan pada masa Pandemi Covid-19 ini tentu sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan program pendidikan, beliau tetap mengajak  para dosen untuk tetap semangat dalam meningkatkan kinerja terutama dalam menulis karya tulis ilmiah (KTI) baik pada jurnal internasional yang terindeks scopus, WoS maupun pada Jurnal nasional yang terindeks SINTA. Selain itu dalam penyampaiannya beliau menghimbau para dosen untuk lebih teliti dalam melakukan submit KTI ke jurnal – jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional. Hal ini bertujuan agar para  dosen tidak memasukkan KTI pada jurnal – jurnal predator. Beliau juga selalu mengingatkan bahwa salah satu indikator dalam penilaian evaluasi kerja lembaga ataupun perguruan tinggi didominasi oleh nilai dari banyaknya artikel yang terindeks scopus, pemeringkatan Sinta, dan nilai Sitasi KTI (H-Indeks) para dosen. Penulisan KTI di jurnal – jurnal terindeks ini tidak hanya berkontribusi untuk nilai perguruan tinggi tetapi juga sangat bermanfaat bagi dosen dalam meningkatkan jabatan fungsional akademik sebagai seorang dosen.

Dr. Ali Maddinsyah  menyampaikan dengan adanya kegiatan Workshop online ini, selain dapat menambah ilmu dan wawasan  para dosen dalam melakukan submit jurnal baik Nasional maupun internasional,  juga dapat tetap terjaga silaturahmi antar dosen.    

Pada kegiatan Seminar ini, diisi oleh dua narasumber diantaranya (1)  bapak Ibnu Sina, S.P, M. Sc. (Ketua Pusat Penelitian UNPAM), (2) Ibu Silviana Simbolon, S.Si, M.Sc (Ketua Pusat Publikasi UNPAM). Dalam Pemateri pertama  bapak Ibnu Sina, S.P, M. Sc, menyampaikan hal – hal terkait strategis, dan  tatacara dan teknik dalam men-submit KTI ke jurnal – jurnal Internasional terindeks global. Pemateri kedua Ibu Silviana Simbolon, S.Si, M.Sc, beliau menyampaikan startegi dan tatacara terkait teknik dalam mensubmit KTI ke jurnal – jurnal Nasional terindeks Sinta.

Peserta seminar sangat antusias dalam mengikuti acara seminar online  yang diselenggarakan oleh panitia LPPM yang dibantu jalannya acara dipandu oleh Dr. Sugiyanto sekaligus MC dan Moderator. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi panjang yang terjadi dari para peserta dan narasumber terkait. Acara seminar ini ditutup oleh Dr. Ali Maddinsyah ketua LPPM Universitas Pamulang  (SS-AM)