KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pelatihan Menggunakan Sak Etap Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Wiraswasta Muda Pada Anggota Koperasi Di LPM Kelurahan Rempoa

Sebagai pendidik professional yaitu dosen mempunyai tugas mulia yang di emban dalam menyampaikan ilmu pengetahuan, bukan hanya kepada para akademisi yaitu mahasiswa/i di lingkungan perguruan tinggi tapi juga harus ikhlas dan tulus  mengabdi pada masyarakat demi  kemajuan Nusa Bangsa  yaitu Bangsa yang besar Bangsa Indonesia .Sekaligus memenuhi kegiatan rutin tiap semester seorang dosen melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi  dimana dosen harus mengajar,meneliti dan mengabdi kepada masyarakat. Sehingga kegiatan mengabdi kepada masyarakat atau biasa di sebut dengan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) para pengabdi yaitu dosen harus berlangsungkan yang di jadwalkan setiap semester. Sesuai rencana awal pembuatan proposal  PKM ini  ditentukan pada tanggal 7- 9 April 2020 Namun bulan April tersebut diberlakukan (Pembatasan Sosial Berskala Besar) PSBB yang sesuai Pergub No : 3 Tahun 2020, maka aktivitas dan kegiatan yang melebihi lima orang ditiadakan acara apapun yang mengundang massa untuk berkumpul.

Saat Transisi PSBB bulan Juni ini, kami selaku tim pengabdi  kemudian meminta izin kembali  untuk melakukan kegiatan PKM   kepada  Bapak M. Yasin selaku Lurah Kelurahan Rempoa,  sehingga pada akhirnya diizinkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka Pada Hari Kamis, Tanggal 25 Juni 2020, pukul 10’00 wib, tim Pengabdi kepada masyarakat  dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan kegiatan  di LPM  Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan  Mengabdi   Kepada Masyarakat atau PKM ini diketuai oleh saya sendiri Nurwita, S.E., M.M. beserta anggota PKM lainnya yaitu  Bapak Ahmad Syukri, S.Sos., M.Si., Bapak Wahadi Siamto, S.E., M.M. Bapak Gos Ishak, S.E., M.Ba. dan Ibu Gina Fauziah S.Sos.,M.I.Kom PKM ini berupa latihan dengan tema “Pelatihan Menggunakan SAK ETAP Dalam Penyusunan Laporan Keuangan  Wiraswasta Muda Pada Anggota Koperasi di LPM Kelurahan Rempoa”

Sambutan hangat dan baik yang di berikan oleh Bapak Drs.Syahroni selaku Sekretaris Lurah dari Kelurahan Rempoa akan kedatangan kami selaku tim PKM dari para dosen Manajemen dari Universitas Pamulang  Beliau berharap untuk nantinya saat new normal bisa di lakukan sebaik dan semaksimal mungkin,  walaupun menggunakan beberapa aplikasi untuk berkomunikasi via online dan tatap muka seperti via Google Meet, Zoom, Webex dan lainnya dalam keterbatasan tempat agar para wiraswasta muda pada anggota koperasi yaitu khususnya di kelurahan Rempoa lebih banyak lagi yang ikut dalam menerima ilmu yang bermanfaat dalam pelatihan ini.

 

Foto Kehadiran saat PKM berlangsung di LPM Kelurahan Rempoa dengan mematuhi protocol kesehatan

 

Tujuan pelaksanaan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Sebagai Warga Indonesia kita wajib memahami bahwa koperasi sebagai soko guru perekonomian rakyat Indonesia yang berasaskan kekeluargaan dalam mengelola koperasi keberhasilan untuk menentukan lamanya keberlangsungan koperasi tersebut maka memerlukan manajemen yang baik ,khususnya dalam manajemen keuangan yaitu dalam pembuatan laporan keuangan, memberikan teori akan unsur- unsur dari laporan keuangan dan,memberi pelatihan serta keterampilan bagaimana menyusun laporan keuangan SAK ETAP. Sehingga kami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu pelatihan menggunakan SAK ETAP dalam penyusunan laporan keuangan  Wiraswasta muda pada anggota koperasi di kelurahan Rempoa kota Tangerang Selatan .

 

Foto saat Penyerahan Plakat dengan Bapak Drs. Syahroni Selaku Sekretaris Lurah, Kelurahan Rempoa Bersama Ibu Nurwita, S.E., M.M. Selaku Ketua PKM

 

Di  Akhir pelatihan ini kami sangat berterima kasih atas kesempatan dan tempat yang di berikan oleh Bapak Drs.Syahroni sehingga kami selaku tim pengabdi memberikan plakat kepada beliau karena tanpa beliau dan rekan-rekan staff kelurahan rempoa tidak mungkin kegiatan PKM ini berlangsung dengan baik . Mengingat pentingnya akan penyusunan laporan keuangan dalam pembukuan koperasi di kalangan wiraswasta muda pada anggota koperasi sehingga para peserta menginginkan akan kegiatan lanjutan yang  yang lebih mendalam pemahaman SAK ETAP dalam laporan keuangan koperasi di kegiatan PKM semester depan . Kami selaku tim Pengabdi dosen Universitas Pamulang Prodi Manajemen atas niat baik, tulus serta ikhlas dalam mentransfer ilmu pengetahuan  yaitu berupa  pelatihan ini menjadi penguatan akan keahlian dalam menyusun Laporan Keuangan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan juga mensukseskan koperasi sebagai soko guru perekonomian rakyat Indonesia yang berasaskan kekeluargaan.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: *NURWITA, S.E., M.M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)