KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan

Salah satu kewajiban Dosen adalah melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), selain mengajar dan meneliti. Sesuai dengan bunyi Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM ini memang harus dilaksanakan tiap semester dalam melengkapi pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinngi. Sebenarnya kegiatan PKM ini jika dilihat dari proposal yang diajukan terlaksana pada tanggal 6- 8 April 2020 bulan sebelumnya. Akan tetapi karena pada tanggal tersebut sedang diterapkan PSBB dengan ketat, sehinggal aktivitas yang mengakibatkan perkumpulan massa dalam jumlah yang besar tidak boleh dilakukan. Namun setelah adanya pelonggaran PSBB baru kemudian melakukan negosiasi kembali dengan pihak kelurahan sehingga pada akhirnya diperbolehkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan dengan baik. Maka dari itu Pada Hari Rabu, 24 Juni 2020 Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM Di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat. PKM ini diketuai oleh Bapak Andri Priadi.,S.E.,M.M. beserta anggotanya Ibu Veta Lidya Delimah Pasaribu.S.E.M.M, Ibu Shelby Virby.,S.E.,M.M., Bapak Sairin.,S.E.,M.Ak., dan Ibu Windy Gustia Wardani.S.K.M.,M.M. PKM ini mengangkat sebuah tema “Pengabdian Kepada Masyarakat “Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan”.

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Unpam disambut baik oleh Bapak Drs. Syahroni selaku Sekretraris Lurah Kelurahan Rempoa. Beliau berharap jika keadaan sudah normal maka PKM harus dilakukan dengan sebaik mungkin, namun jika keadaan belum normal beliau berharap kedepan kegiatan ini akan terus dilaksanakan meskipun via Zoom, tentunya dengan harapan memberikan ilmu baru bagi para pegawai Kantor Kelurahan Rempoa itu sendiri.

 

Gambar 2. Foto saat Penyerahan Plakat dengan Bapak Drs. Syahroni Selaku Sekretaris Lurah, Kelurahan Rempoa Bersama Dengan Ketua Pengabdi Bapak Andri Priadi.S.E.M.M.

 

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meberikan edukasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) Dikelurahan Rempoa dalam Meningkatkan Kesejahtaeraan sumber daya manusia di Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan terutama pada masa era covid-19 sekarang ini. Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat timur terbentuk berdasarkan peraturan bupati Kabupaten Tangerang No.05 Tanggal 19 September 2005 tentang perubahan 77 desa menajdi kelurahan. Kemudian berdasarkan UU No.51 Tahun 2008 Tanggal 26 November 2008 tentang pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Kantor Kelurahan Rempoa Luas wilayahnya 219.50 Ha yang terdiri dari 73 RT, 12 RW, 4 Dusun.

 

Gambar 3. Foto Bersama Sekretaris Lurah Dan Karyawan Dengan Anggota Tim PKM di Kantor Kelurahan Rempoa

 

Batas Wilayah Utara: Kelurahan  Bintaro ( DKI  Jakarta ); Timur: Kelurahan Cirendeu; Selatan: Kelurahan CempakaPutih; Barat: Kelurahan   Rengas. Berikut dijelaskan 10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong. Pangan. Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. Dengan melihat 10 program diatas, kami TIM PKM dari Prodi Manajemen Unpam mengambil peran pada penguatan ekonomi kreatif berbasis sumber daya desa. Dengan demikian dari kedua program itu PKM ini penting dilaksanakan mengingat dari masalah ekonomi kreatif berbasis desa masih belum dipahami betul oleh Sumber daya manusia dikelurahan Rempoa. Karena semua potensi yang adal di tiap desa kelurahan semaksimalmungkin harus digali potensinya, supaya bisa menghidpkan ekonomi desa/kelurahan tersebut. Dengan demikian akan terwujud kemandirian desa lama memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan adanya kerja sama  awal yang baik maka pihak kelurahan rempoa menginginkan pelatihan lanjutan setelah ini.

 

Gambar 4. Persiapan Acara DiRuang Aula Serba Guna Kelurahan Rempoa

 

Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan  materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda, baik dilingkungan sekolah, kampus dan keluarga.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis : Veta Lidya Delimah Pasaribu. S.E., M.M. (Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang)