KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Motivasi Membangun Entrepreuner Bagi Karyawan PT. Persada di Kantor Cabangnya di Jl.RS. Fatmawati No. 9 RT 01/RW 5 Kel. Cipete Selatan, Cilandak Kota Jakarta Selatan

Sebagai  wujud pelaksanaan aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen Program Studi Manajemen S1 Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) bertepat di PT. PERSONAL ALIH DAYA (PT. PERSADA), dengan subyek pengabdian yakni para Karyawan PT. PERSADA adalah sebuah perusahaan dibidang jasa outosurcing yang membidangi technical service, contact centre service, scurity service, office service, dan training & consultin. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema “Motivasi Membangun Entrepreuner Bagi Karyawan PT. Persada di Kantor Cabangnya di Jl.RS. Fatmawati No. 9 RT 01/RW 5 Kel. Cipete Selatan, Cilandak Kota Jakarta Selatan”.

PKM ini diketuai oleh Bapak Styo Budi Utomo, S. Pd.I.,M.M., berserta anggota nya Ibu Dra. Suharni Rahayu, M.M., Ibu Fauziah Septiani, S.E., M.M., Bapak Jamaludin, S.E., M.M., dan Ibu Nani Mulyani, S.Kom., M.M. Tujuan kegiatan PKM tersebut ialah kegiatan penyuluhan tersebut diharapkan karyawan, staff, dan pegawai mampu menciptakan peluang usaha setelah mereka purna tugas baik sesuai masa pension ataupun terkenda dampak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

PT Personal Alih Daya (PT. PERSADA) mempunyai usaha yang sesuai pada masa sekarang dimana karyawan perusahaan dibuatsistem outsourcing. tetapi dibalik it, khusus untuk karyawan baik sebagai karyawan tetap atau karyawan yang dioutsourcingkan juga harus menghadapi dimana masa pensiun. Keberadaan semua organisasi mengharapkan semua sumber daya harus dapat berisnergi dan berjalan dengan seimbang.pengembangan sumber daya manusia yang ada dalam lingkungan organisasi merupakan suatu proses peningkatan kualitas atau kemampuan manusia dalam rangka mencapai tujuan oragnisasi. Namun, dalam keterikatan sebagai karyawan/staf/pegawai mempunyai batas waktu untuk berkontribui dalam organisasi/perusahaan. mereka akan dituntut untuk melepas status, gaji, karir, tunjangan, dsb yang mereka terima harus rela dilepaskan/copot.

Persaingan dan kompetisi dalam kehidupan ini semakin ketat saja dan oleh karena itu maka kita harus bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi semua bentuk persaingan itu dan cara yang paling tepat adalah mencoba memikirkan cara untuk beriwirausaha. Hampir sebagian kita terlena dengan status,posisi, jabatan, gaji dan tunjangan bahkan inventaris dari kantor.sehingga kita lupa tidak memikirkan usaha yang akan kita jalani pada waktu yang akan datang. dan tidak sedikit para pegawai, staf, karyawan, masih memikirkan pekerjaan yang akan mereka lanjutkan ketika merka sudah pensiun. Berwirausaha mempunyai keuntungan baik keuntungan berwrausaha bagi negara ataupun diri sendiri. dsisni kita tidak menetahui adanpeluang untuk usaha. kita sudha terlena dengan pekerjaan kita. Dengan keadaan seprti itu kita akan lupa akan betapa terasa kita tidak punya tambahan pendapatan untuk kebutuhan seahri hari kita kelak. oleh karena seacara umum kita merasakan susahnya mencari kerja atau tidak adapleuang bahkan tidak bisa menggunakan peluang dan membuat peluang untu usaha.

Dalam perusahaan kita sebagai karayawan kita tidak tahu kapan akan berhenti atau diberhentikan. oleh karena itu kita perisapkan diri kita untuk berwirausaha karena dalam berwirausaha akan lebih menguntungkan bagi karaywan dan diri kita dalam berwirausaha. dapaunkeuntunan ayang akan dirasakan baik secara periode ataupun temporary. Berdampak jangka panjang dalam hidup, para wirausahawan tidak perlu khawatir bahwa sebagian besar waktu hidup mereka dihabiskan untuk bekerja pada orang lain. Ketika menjalankan bisnis pribadi, mereka merasakan dampak yang lebih besar bagi hidup mereka dalam jangka waktu yang panjang. Berwirausaha membuat hidup mereka tidak sia-sia. Alasannya, mereka menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya untuk bekerja demi diri dan keluarganya, bukan demi orang lain.

Sumber penghasilan sampingan, berwirausaha bukan berarti kita harus meninggalkan pekerjaan anda di kantor. Kedua profesi ini bisa dijalankan bersamaan, apalagi jika Anda berencana berwirausaha dengan modal dari kas pribadi. Gaji pokok sebagai karyawan bisa dijadikan sumber dana sebagai modal awal. Hobi yang menghasilkan uang, sebagian besar wirausahawan membuka bisnis di bidang yang mereka minati. Wirausahawan di bidang makanan biasanya gemar memasak. Pengusaha jual-beli onderdil fixie biasanya gemar bersepeda. Hobi, minat, atau kegemaran bisa Anda jadikan motivasi awal untuk berbisnis. Memulai usaha sesuai minat membuat Anda merasa seperti tidak sedang bekerja sebab disaat yang bersamaan, Anda juga melakukan hobi Anda.

Keberanian untuk terjun menjadi wirausahawan merupakan tantangan tersendiri, terutama untuk karyawan yang telah merasakan pendapatan rutin bulanan serta adanya fasilitas maupun tunjangan lainnya. Selain itu, kondisi ekonomi yang melambat juga menjadi tantangan untuk memulai bisnis karena daya beli yang melemah serta tingkat persaingan yang tinggi. Kondisi pasar yang ketat inilah yang perlu disiasati dengan strategi pemasaran yang cocok bagi pemula dengan adanya berbagai keterbatasan baik pengalaman maupun keuangan.

Secara teoritis, PKM ini diharapkan dapat mendukung teori-teori yang telah ada dan dapat mengembangkannya menjadi ilmu yang lebih berguna bagi karyawan PT Persada khususnya dan dapat dijadikan uji kemampuan serta wawasan pada pengembangan ilmu. PKM ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan referensi untuk mengembangkan PKM selanjutnya. Selain itu dapat menambah wawasan tentang pentingnya berwirausaha, Dapat dijadikan referensi atau masukan bagi PKM selanjutnya yang tertarik melakukan PKM yang sama di tempat yang berbeda dan dengan sasaran yang berbeda. dan Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat menjadikan sumber informasi yang positif dan digunakan sebagai masukkan, sumbangan pikiran, serta saran yang dapat memberikan ide usaha untuk menambah penghasilan tambahan atau menjadi usaha permanen setelah tidak bekerja atau kena PHK

Pelaksanaan kegiatan masyarakat berlangsung selama 3 hari, yakni 6 – 8 April 2020. Acara di awali dengan Pembacaan Doa oleh Bapak Styo Budi Utomo, S. Pd.I.,M.M.. Berikutnya, acara sambutan dari PT Persada yang mengungkapkan rasa syukur beliau dengan adanya kegiatan PKM tersebut dan diharapkan dapat menambah wawasan para karyawan PT Persada. Kegiatan ini diyakini akan membawa energi positif bagi karyawan, baik Universitas Pamulang sebagai institusi pendidikan, maupun masyarakat sekitar yang diharapkan dapat merasakan langsung output dari kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Sambutan PT Persada juga menekankan kepada rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan maupun acara tersebut

Pemaparan materi disampaikan oleh Dra. Suharni Rahayu, M.M. dengan fokus materi kepada motivasi membangun entrepreuner bagi karyawan PT. Persada. Beberapa contoh dipaparkan Bagiamana kita menambah motivasi semangat dalam bekerja pada peusahaan ditempat kita kerja, Bagiamana kita memunculkan rasa ingin berwirausaha pada diri kita, Bagiamana cara menambah penghasilan kita saat masih menjadi karyawan padaperusahaan dan bagaimana mendapatkan penghasilan saat kita sudah tidak bekerja pada perusahanan karenan pension atau kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Dengan adanya kolaborasi, diharapakan dapat menambah wawasan dan berbagi pengalaman serta mencari solusi bersama.

Sumber: manajemen.unpam.ac.id
Penulis: *Styo Budi Utomo, S. Pd.I.,M.M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)